• Home »
  • Article »
  • Menelisik Cara Kerja Sistem Injeksi Pada KTM 250/300 TPI Versi 2018

Menelisik Cara Kerja Sistem Injeksi Pada KTM 250/300 TPI Versi 2018

Bro sekalian… KTM boleh dibilang sudah sukses menjadi pabrikan motor pertama di dunia yang mengeluarkan motor enduro/off road 2-stroke dengan sistem pembakaran injeksi. Setidaknya ada tiga model motor enduro 2-stroke KTM yang menggunakan sistem pembakaran injeksi, yaitu KTM 250 EXC TPI, KTM 300 EXC TPI, dan KTM 250 XC-W TPI. Motor-motor itu diracik sedemikian rupa agar comply dengan standar emisi Euro 4 yang diberlakukan di Eropa sejak awal Januari 2017. Memang seperti apa sih cara kerja sistem pembakaran injeksi pada motor enduro 2-stroke KTM?

Nah… Sistem pembakaran injeksi pada motor mesin 2-stroke KTM diberi nama Transfer Port Protocol (TPI). Sistem itu dikembangkan oleh KTM bersama dengan Synerject, salah satu produsen electronic fuel injection (EFI) ternama di dunia. Dikutip dari Australasian Dirt Bike Magazine, KTM tidak menerapkan sistem direct-injection pada mesin 2-stroke miliknya. Kenapa? Karena sistem direct-injection dianggap terlalu kompleks, menurunkan performa mesin dibandingkan dengan sistem karbu, dan membuat mesin kekurangan asupan oli samping. Namun pada sistem TPI yang dipakai oleh KTM, oli samping dipompa menuju throttle body untuk memberikan pelumasan pada crankshaft, barrel, cylinder bore, dan ring. Selanjutnya, bahan bakar disemprotkan ke dalam cylinder dua injector yang ada di dalam transfer port, bukan ke inlet port atau head cylinder.

Agar semua sistem yang dirancang itu berjalan mulus, KTM memutuskan membangun frame baru pada KTM 250/300 EXC TPI, cylinder baru, menggunakan engine management system (EMS) buatan Synerject, throttle body 39 mm dari Dellorto, air box baru, dipasangi tabung penampung oli samping lengkap dengan pompanya, tangki bahan bakar dan fuel pump baru, serta generator yang lebih bertenaga untuk menghidupkan semua komponen yang terpasang pada motor.

Dengan menggunakan sistem pembakaran injeksi, secara otomatis semakin banyak komponen yang terpasang pada KTM 250/300 EXC TPI dan semakin banyak pula peluang komponen yang mengalami kerusakan. Di sana ada fuel pump, oil pump, injector dan berbagai macam sensor (sebelumnya tidak ada di versi karbu), namun bro nggak perlu khawatir karena KTM menjamin komponen-komponen itu bakal awet dan tahan terhadap kondisi medan yang berat sekalipun. Apalagi KTM sudah melakukan uji coba KTM 250/300 EXC TPI di ajang kompetisi extreme enduro Roof of Africa 2016 dan motor ini berhasil finish tanpa ada kendala mekanis sama sekali. Jadi bisa dibilang sistem yang ada pada KTM 250/300 EXC TPI sudah battle proven dan reliable. Lebih menarik lagi, banyak komponen baru yang terpasang pada KTM 250/300 EXC TPI itu sama dengan yang terpasang pada motor enduro 4-stroke injeksi dari KTM yang sudah terkenal reliable. Gimana, tertarik meminang KTM 250/300 EXC TPI? Tunggu aja kehadirannya di Indonesia menjelang akhir tahun 2017 nanti!

Advertisements