• Home »
  • Article »
  • Perbedaan Mencolok Antara Calon Trail 150 cc Honda vs Kawasaki KLX150

Perbedaan Mencolok Antara Calon Trail 150 cc Honda vs Kawasaki KLX150

Bocoran mengenai motor trail 150 cc lokal buatan Astra Honda Motor (AHM) udah banyak banget bro… Mulai dari kode project Honda K84A, kemungkinan mengusung nama CRF150L, garis desain mirip dengan CRF150F/CRF230F, menggunakan suspensi depan model upside down, suspensi belakang mono shock dengan mekanisme Pro-Link, pakai velg aluminium dengan ring 18-21 inch, sprocket belakang ukuran 49T, hingga penggunaan rem cakram depan-belakang. Ya jelas-jelas Honda K84A akan menjadi penantang serius buat Kawasaki KLX150 yang sekarang menjadi raja di segmen motor trail entry level 150 cc… Memang apa sih perbedaan yang paling mencolok antara Honda K84A dan Kawasaki KLX150??

Dari bocoran yang ada, Honda K84A bakal menggunakan basis mesin yang identik dengan milik MegaPro FI, berupa mesin SOHC dengan dua klep dan berpendingin udara, serta pastinya pakai sistem pembakaran electronic fuel injection khas Honda, yaitu PGM-FI. Namun antara mesin yang dipasang pada CRF150L (nama sementara) dan MegaPro FI memiliki perbedaan di settingan piston, kompresi, dan pengapian. Sebagai motor trail, CRF150L tentu butuh torsi yang lebih nampol, jadi cukup wajar kalau settingan keduanya berbeda. Terus agak mustahil juga kalau AHM mundur ke belakang dengan menerapkan sistem pembakaran karburator pada motor trailnya ini.

Nah… Kalau dikomparasikan dengan Kawasaki KLX150, motor trail andalan Geng Ijo ini mengusung tipe mesin yang mirip-mirip. Mesinnya juga masih model SOHC dua klep dan berpendingin udara. Perbedaan yang sangat mencolok adalah mesin Kawasaki KLX150 masih mengandalkan sistem pembakaran karburator. Bisa dibilang ini nanti jadi pertempuran antara motor trail dengan teknologi baru dan teknologi lawas. Masing-masing punya plus dan minus, sehingga konsumen bisa memilih dengan leluasa teknologi mana yang mereka inginkan, apakah sistem pembakaran injeksi atau malah karburator konvensional…

Perbedaan kedua yang cukup kelihatan adalah kabarnya CRF150L bakal mengaplikasikan konsol speedometer full digital, sedangkan konsol speedometer yang dimiliki oleh Kawasaki KLX150 sekarang masih model analog yang sangat sederhana dan kuno. Sementara itu, sektor-sektor lainnya mirip-mirip. Kalau CRF150L pakai suspensi depan upside down dan suspensi belakang mono shock dengan Pro-Link, Kawasaki KLX150 BF juga pakai suspensi depan upside down dan suspensi belakang mono shock dengan Uni-Trak. CRF150L pakai rem cakram depan-belakang dan velg aluminium dengan ring 18-21 inch, di Kawasaki KLX150 BF juga demikian. So, perbedaan yang sangat mencolok ada di sistem pembakaran dan konsol speedometer. Dengan cukup banyaknya fitur yang ada, bukan mustahil CRF150L bisa menggeser tahta si raja motor trail entry level, asal harganya nggak kemahalan!

Advertisements