Honda CRF150L Lokal Buatan AHM Pantasnya Dijual Harga Berapa?

Bro sekalian… Kelahiran motor trail entry level 150 cc lokal buatan Astra Honda Motor (AHM) diprediksi nggak akan lama lagi. Malah ada selentingan kabar tinggal menunggu satu sampai dua bulan lagi. Ya mungkin aja motor yang digadang-gadang punya nama CRF150L itu nongol di event Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2017 pertengahan tahun nanti. Nah, menjelang kelahiran CF150L (nama sementara), banyak yang bertanya-tanya mengenai kisaran harga si kuda besi buatan AHM. Menurutmu motor dengan kode project Honda K84A ini pantasnya dijual di harga berapa bro?

Dari bocoran yang sudah bermunculan, CRF150L mengusung mesin yang identik dengan MegaPro FI, berupa mesin SOHC dua klep dan berpendingin udara. Walaupun pakai basis mesin yang sama, namun settingan piston, kompresi, dan pengapian CRF150L berbeda kalau dibandingkan dengan MegaPro FI agar mendapatkan tonjokan torsi yang lebih melimpah. Terus karena pakai basis mesin MegaPro FI, pastinya mesin CRF150L sudah menggunakan sistem pengabutan injeksi PGM-FI. Tentu sistem pengabutan yang satu ini jauh lebih advance ketimbang sistem karburator yang terpasang pada si raja trail entry level Kawasaki KLX150.

Berikutnya mengenai suspensi… Suspensi depan CRF150L mengusung model upside down dan suspensi belakang mono shock lengkap dengan mekanisme Pro-Link khas Honda. Velg terbuat dari bahan dasar aluminium yang ringan dengan diameter 18-21 inch serta dilengkapi dengan rem cakram di bagian depan dan belakang. Nggak cuma itu, berdasarkan bocoran yang muncul di sejumlah media otomotif ternama menyebutkan bahwa CRF150L mengusung desain yang mirip seperti CRF150F/CRF230F, headlamp tipis khas motor trail, sprocket belakang ukuran 49T, dan konsol speedometer full digital.

Bocoran fitur-fitur yang ada pada CRF150L boleh dibilang banyak persamaan dengan Kawasaki KLX150. Misalnya aja suspensi upside down, suspensi belakang mono shock dengan link, velg aluminium ring 18-21 inch, dan rem cakram depan-belakang semuanya ada pada Kawasaki KLX150 BF. Keunggulan yang cukup mencolok dari CRF150L dibandingkan dengan Kawasaki KLX150 ada di sistem pembakaran yang sudah menggunakan injeksi dan konsol speedometer full digital. Dari situ sebenarnya CRF150L sangat layak dijual sedikit lebih mahal ketimbang Kawasaki KLX150 BF series yang sekarang berada di rentang Rp 32-35 juta. Prediksi Adventuriderz.com sih AHM bakal memberikan harga yang mepet dengan Kawasaki KLX150 BF. Berharap CRF150L dijual di bawah Rp 30 juta? Rasanya mustahil. Sangat realistis motor itu juga dijual di rentang angka Rp 32-35 juta! Itu sebenarnya udah killer price buat Kawasaki KLX150, karena mau bagaimanapun CRF150L menawarkan performa mesin yang lebih bagus, teknologi lebih advance, dan fitur lebih mentereng. Itu belum termasuk nama besar dan jaringan 3S Honda yang sudah sangat menggurita di Tanah Air, tentu akan menjadi pertimbangan tersendiri buat calon konsumen. Gimana menurutmu bro?

Advertisements