• Home »
  • Article »
  • Penantang KLX150 dari Suzuki Bukan DR200S, Tapi Pakai Mesin 150 cc!!

Penantang KLX150 dari Suzuki Bukan DR200S, Tapi Pakai Mesin 150 cc!!



Bro sekalian… Suzuki Indomobil Sales (SIS) di bawah pimpinan Managing Director Mr. Seiji Itayama memang sedang sangat agresif di pasar roda dua Indonesia. Terbukti dua varian motor yang diluncurkan oleh SIS, yaitu GSX-R150 dan GSX-S150 cukup sukses di pasaran. Nah, seperti yang sudah sering dikatakan oleh petinggi SIS, termasuk Mr. Itayama, mereka akan lebih mudah dalam menggelontorkan motor-motor baru kalau duo GSX-150 itu bisa diterima dengan baik oleh konsumen di Tanah Air. Jadi boleh dibilang duo GSX-150 dipakai sebagai pembuka jalan. Kalau dua produk itu sukses, SIS akan lebih agresif lagi mengeluarkan produk baru, dan sepertinya langkah itu berjalan cukup mulus… Terus produk apa yang akan diluncurkan oleh SIS berikutnya?

Mr. Itayama pernah bilang kalau SIS nggak akan membiarkan Kawasaki KLX150 bermain sendirian di segmen motor trail entry level. Sehingga bukan mustahil kalau SIS nantinya akan meluncurkan motor trail entry level sebagai pesaing bagi KLX150… Belakangan mulai tercium kalau SIS sepertinya bakal benar-benar terjun ke segmen ini. Apalagi sudah banyak penggemar motor trail yang kangen dengan penerus TS 125 yang sekarang masih terus jadi idola. Banyak yang berharap SIS menjual motor trail dual sport DR200S kepada konsumen umum di Indonesia. Toh motor itu sudah diperjualbelikan kepada institusi Kepolisan, khususnya sebagai kendaraan dinas Brimob. Sayangnya bukan DR200S yang akan dipakai oleh SIS dalam menghadapi KLX150. Lalu apa mas?



Bagi SIS, untuk memasarkan DR200S di Indonesia memang nggak mudah. Setidaknya ada dua faktor yang membuat penjualan DR200S sulit terwujud. Pertama masalah homologasi bro… Yups, DR200S yang masih menggunakan sistem pembakaran karburator baru comply dengan standar regulasi emisi Euro 2, sedangkan Indonesia sudah menerapkan regulasi emisi Euro 3 sejak pertengahan tahun 2015. Alasan yang kedua, DR200S yang dijual kepada Kepolisian itu didatangkan langsung secara CBU dari Jepang. Mau dihitung bagaimanapun sulit menjual DR200S kepada konsumen umum dengan harga murah. Mau dibikin pakai sistem pembakaran injeksi dan diproduksi secara lokal di Indonesia? Itu juga bukan opsi yang gampang. Terlebih Suzuki di Indonesia nggak punya platform motor sejenis. Jadi biaya produksinya ya tetap mahal…

Nah… Sekarang justru ada indikasi kalau SIS sedang mempersiapkan motor trail pesaing KLX150 menggunakan mesin 150 cc 4-stroke. Kemungkinan besar mesin ini diambil dari GSX-R150/GSX-S150 yang memang sangat bertenaga. Langkah ini dinilai jauh lebih logis ketimbang melokalkan DR200S. Basis mesinnya udah ada, nanti tinggal merancang frame dan desain secara keseluruhan. Pasti biaya produksi lebih murah karena mesin yang sama dipakai oleh empat varian motor sekaligus, yaitu Satria F150 FI, GSX-R150, GSX-S150, dan calon motor trail 150 cc 4-stroke yang belum diketahui namanya. Namun perlu diperhatikan juga, pengembangan motor trail 150 cc dari Suzuki perlu waktu yang nggak sebentar. Sementara ini baru ada indikasi awal… Mengenai kapan produk dirilis ke pasaran, belum ada timeline yang jelas. Bisa saja tahun 2018, 2019, atau malah 2020. Nanti kalau ada info tambahan bakal Adventuriderz.com update di blog ini. So, stay tuned!

Advertisements