• Home »
  • Article »
  • Petinggi Suzuki: Mesin Motor Trail Kami Mesti Handal Seperti TS 125

Petinggi Suzuki: Mesin Motor Trail Kami Mesti Handal Seperti TS 125



Bro sekalian… Sepertinya Suzuki Indomobil Sales (SIS) benar-benar serius ingin kembali menjadi pabrikan motor yang dipertimbangkan di Indonesia. Setelah sukses meluncurkan GSX-R150 dan GSX-S150 yang punya performa bengis tapi harganya terjangkau, Suzuki dikabarkan ingin menggedor market roda dua di Tanah Air dengan meluncurkan motor trail. Trail dari Suzuki nanti tentu saja adalah motor trail entry level yang digadang-gadang menjadi pesaing kuat buat Kawasaki KLX150 yang saat ini memang sedang sangat berjaya menikmati kue sendirian.

Sebenarnya rumor mengenai kehadiran motor trail entry level dari Suzuki sudah mulai menyeruak sejak pabrikan dengan logo “S” ini menjual motor trail dual sport DR200S kepada pihak Kepolisian sebagai kendaraan dinas bagi Brimob. Namun mengenai motor trail yang dijual oleh Suzuki di Indonesia nanti masih menjadi pertimbangan perusahaan. Suzuki sekarang sedang mempertimbangkan mesin apa yang cocok dipakai untuk market motor trail di sini. Apakah itu motor trail DR200S yang diupayakan lolos homologasi emisi Euro 3 atau malah justru menggunakan mesin 150 cc DOHC milik GSX-150.

Head of Sales & Marketing Department PT Suzuki Indomobil Sales Pak Yohan Yahya mengatakan kepada Kompas Otomotif bahwa pihaknya memang tertarik mengeluarkan motor jenis trail. Hal itu sekarang sedang menjadi pertimbangan serius bagi manajemen. Namun Pak Yohan memastikan motor trail buatan Suzuki tidak akan dikeluarkan di Tanah Air pada tahun ini. Selain itu, Pak Yohan juga bilang motor trail dari Suzuki yang menjadi pesaing KLX150 mesti menggunakan mesin yang handal dan kuat untuk bermain off road seperti trail legendaris TS 125.



“Kami tertarik dengan isu itu, tapi saat ini kami masih dalam tahap mempelajari. Semoga saja bisa direalisasikan dengan mulus, tapi yang pasti tidak tahun ini. Untuk engine kami masih mempertimbangkan mana yang lebih cocok buat off road. Sesuai mandatory, jika melihat sejarah sebelumnya atau yang sudah ada, mesin motor trail Suzuki itu terkenal dengan yang paling kuat dan bandel. Jadi itu target pengembangannya,” ungkap Pak Yohan, dikutip dari Kompas Otomotif.

Last… Motor trail buatan Suzuki memang sangat dinanti-nantikan oleh penggemar motor trail, baik itu dari kalangan pecinta motor dual sport, off road, hingga supermoto. Bukan rahasia lagi, biasanya Suzuki selalu memberikan performa motor yang paling bagus ketimbang para kompetitornya. Belum lagi kualitas produk buatan Suzuki juga nggak main-main. Satu hal lagi yang nggak kalah menarik, jika Suzuki benar-benar menggunakan basis mesin GSX-150 pada motor trailnya, maka performa motor ini bakal jauh lebih superior ketimbang Kawasaki KLX150 maupun Honda CRF150 yang akan diluncurkan sebentar lagi. Gimana bro, siapa menunggu motor trail dari Suzuki? Sayangnya bukan untuk tahun ini. So, harap bersabar dulu deh!

Advertisements