BMW G 310 Classic GS Rancangan Oberdan Bezzi Begitu Memukau


BMW Motorrad baru-baru ini telah meluncurkan dua motor dengan kapasitas paling kecil, yaitu BMW G 310 R (naked sport) dan BMW G 310 GS (adventure). Khusus untuk G 310 R justru sudah hadir di pasar Indonesia dengan harga Rp 99 juta off the road Jakarta. Kedua motor itu memang diposisikan sebagai motor entry level BMW Motorrad dengan mengusung mesin 313 cc satu silinder, DOHC, 4-stroke, dan berpendingin udara yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 34 HP dan torsi 28 Nm. Versi naked G 310 R misalnya, bisa diposisikan untuk memberikan persaingan kepada KTM 390 Duke, Honda CB300F, Yamaha MT-03, Kawasaki Z300, dan lain-lain, sedangkan varian adventure G 310 GS akan memberikan perlawanan kepada Kawasaki Versys-X 300, Suzuki V-Strom 250, Royal Enfield Himalayan, hingga KTM 390 Adventure (belum rilis).

Menariknya, desainer independen asal Italia yang pernah bekerja di sejumlah pabrikan motor ternama Eropa, Oberdan Bezzi, sepertinya nggak pernah puas dengan desain-desain motor yang dikeluarkan oleh pabrikan. Obiboi, begitu dia akrab disapa, baru saja mengeluarkan desain motor yang diberi nama BMW G 310 Classic GS Concept yang dibangun dari basis mesin G 310 R. Konsep yang diusung Obiboi pada G 310 Classic GS ini boleh dibilang sangat menarik bro… Dia menggabungkan unsur engine dan frame modern yang dimiliki oleh G 310 R dengan desain bernuansa adventure classic layaknya R NineT Urban G/S!

Hasil karya G 310 Classic GS dari Oberdan Bezzi bisa bro lihat sendiri dalam foto di atas ya… Nuansa adventure pada motor konsep itu sangat terasa dengan pemasangan ban tahu khas motor adventure lengkap dengan front fender tinggi dan knalpot yang juga menjulang tinggi di sisi kiri. Udah mirip kayak motor trail lah… Kemudian unsur classic bisa terlihat dari tangki bahan bakar yang menggembung besar, jok tebal, headlamp bulat, dan warna grafis yang mirip seperti R 80 GS di masa lalu. IMHO desain seperti ini benar-benar ciamik sih…

Nah… Desain yang dikeluarkan oleh Oberdan Bezzi hanyalah konsep semata yang belum tentu direalisasikan oleh BMW Motorrad. Tapi kalau BMW Motorrad bersedia membangun motor seperti apa yang ditawarkan pada konsep buatan Oberdan Bezzi, maka G 310 Classic GS bisa memberikan persaingan kepada Husqvarna 401 Svartpilen hingga Ducati Scrambler Sixty2. Bagaimana kalau nggak direalisasikan oleh BMW Motorrad? Buat bro yang tertarik ya tinggal beli G 310 R di showroom BMW Motorrad Indonesia seharga Rp 99 juta off the road, kemudian bawa aja ke bengkel custom biar dibikin seperti G 310 Classic GS karya Oberdan Bezzi!!

Sumber: Oberdan Bezzi


Advertisements