• Home »
  • Article »
  • Inspirasi Modifikasi – Honda CRF230 “Jewel” Hasil Desain Oberdan Bezzi

Inspirasi Modifikasi – Honda CRF230 “Jewel” Hasil Desain Oberdan Bezzi



Honda CRF230F

Honda CRF230 merupakan salah satu motor trail entry level dari Honda yang dijual dengan harga terjangkau di pasar global (nggak berlaku buat Indonesia). Makanya nggak mengherankan kalau CRF230 menjadi motor favorit buat penggemar motor trail di luar negeri, khususnya buat para pemula. Rider yang demen motor trail dual sport bisa memilih CRF230L yang sudah dipasangi dengan berbagai kelengkapan jalan raya dan bersifat street legal, sedangkan rider yang demen motor trail off road ada pilihan CRF230F yang bener-bener siap diajak bermain off road.

Soal desain, CRF230 itu nggak bisa dibilang futuristis banget, tapi juga nggak bisa disebut jadul. Nah, desainer kondang asal Italia, Oberdan Bezzi, pernah membuat rekayasa desain agar CRF230 itu memiliki tampilan lebih classic. Dia menyebut karyanya dengan Honda CRF230 “JEWEL” yang bikin siapapun pasti nggak bakal menduga kalau motor ini adalah sosok CRF230. Mungkin CRF230 JEWEL yang didesain oleh Oberdan Bezzi bisa menjadi inspirasi modifikasi buat bro sekalian yang punya CRF230 namun menginginkan motor dengan tampilan yang lebih classic, unik, sedap dipandang, dan berani tampil beda! Memang apa saja ubahan yang dilakukan?

Secara umum Oberdan Bezzi hanya mengubah baju alias penampilan CRF230 menjadi motor trail classic. Engine, frame, dan kaki-kaki masih tetap standar seperti milik CRF230. Bro bisa coba lihat di foto, frame double cradle pada CRF230 yang memang nggak terlihat modern itu tetap dipertahankan. Kemudian CRF230 JEWEL juga masih tetap menggunakan suspensi depan model teleskopik dan suspensi belakang mono shock dengan mekanisme Pro-Link, sama persis dengan versi standar. Ban off road dengan ring 18-21 pun masih terpasang dengan manis pada CRF230 JEWEL. Mungkin kalau ada yang sedikit berbeda itu terletak pada bagian swing arm, di mana penampilan swing arm CRF230 JEWEL tampak lebih modern ketimbang CRF230F atau CRF230L standar.

Honda CRF230 JEWEL

Namun kalau melihat penampakan secara utuh, penampilan CRF230 JEWEL benar-benar beda total dibandingkan dengan versi aslinya. Pada bagian tangki bahan bakar, Oberdan Bezzi memasang tangki menggembung panjang yang sangat classic. Sepintas tangki ini mirip seperti punya Honda XL series di masa lampau. Jok tebal dan lebar yang pastinya juga super nyaman dipasang agar serasi dengan tangki yang berukuran besar. Nggak lupa di bagian bawah jok ada penutup body yang juga tampak classic. Sejumlah aksesoris penunjang agar motor trail ini terlihat jadul juga dipasang dengan manis, seperti front fender jadul, rear fender khas trail classic, hingga lampu-lampu yang serba bulat. Untuk mendongkrak tenaga mesin, Oberdan Bezzi sengaja menggunakan knalpot after market buatan Akrapovic!

Nggak bisa diragukan lagi, desain-desain karya Oberdan Bezzi memang selalu memukau. Ntah itu yang bergaya modern sampai dengan gaya classic, semuanya bisa menarik perhatian, nggak terkecuali pada CRF230 JEWEL. Buat bro yang punya CRF230F mungkin bisa mencontek desain CRF230 JEWEL milik Oberdan Bezzi ini agar bisa tampil lebih classic. Bikin motor kayak gini nggak terbatas menggunakan bahan CRF230 aja sih… Bagi yang punya CRF150F atau malah MegaPro pun bisa! Tinggal datang aja ke bengkel custom terpercaya, dijamin bisa ciamik hasilnya… Semoga bisa menjadi inspirasi ya…

Honda CRF150F


Advertisements