Wah… Power KTM 250 EXC TPI Tembus 51 HP, KTM 300 EXC TPI 55 HP!


Bro sekalian… Pada bulan Mei lalu KTM secara resmi meluncurkan motor enduro 2-stroke dengan sistem pembakaran injeksi. Sistem injeksi yang dipasang pada motor enduro 2-stroke KTM itu diberi nama Transfer Port Injection (TPI). Setidaknya ada tiga varian motor enduro 2-stroke yang pakai sistem TPI, yaitu KTM 250 EXC TPI, KTM 300 EXC TPI, dan KTM 250 XC-W TPI. KTM mengklaim bahwa performa motor enduro 2-stroke injeksi nggak berbeda kalau dibandingkan dengan motor enduro 2-stroke dengan sistem pembakaran karburator. Malah dengan sistem injeksi bisa memberikan sejumlah keuntungan, mulai dari bahan bakar yang lebih irit, pengguna nggak perlu melakukan premix oli samping dan bensin ketika mengisi bahan bakar, power delivery lebih smooth, dan yang nggak kalah penting motor itu memiliki emisi gas buang yang rendah sehingga lolos homologasi Euro 4! Tapi benarkah performa mesin injeksi nggak berbeda dengan mesin karbu??

Selama ini KTM memang sangat jarang menuliskan besaran power motornya, terutama pada motor enduro dan motocross. Informasi mengenai besaran power motor off road KTM bisa dibilang nihil kalau mencari di website-nya. Meskipun demikian, KTM nggak sepenuhnya menutup-nutupi angka power. Ketika melakukan sesi test ride KTM 250 EXC TPI, KTM 300 EXC TPI, dan KTM 250 XC-W TPI di Erzberg yang dihadiri oleh sejumlah media internasional, KTM memberikan bocoran power KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI. Nah, seperti dilansir oleh Enduro Illustrated, KTM 250 EXC TPI memiliki power sebesar 51 HP. Angka itu jelas tergolong sangat tinggi. Apalagi bobot KTM 250 EXC TPI cuma 103 kg, membuat power-to-weight ratio motor ini benar-benar nggilani!! Kalau dibandingkan dengan KTM 250 EXC karbu gimana mas? Angka powernya mirip-mirip kok bro… KTM 250 EXC karbu memiliki power dengan kisaran angka 51-52 HP.

Terus bagaimana dengan KTM 300 EXC TPI? Rupanya motor enduro 2-stroke dengan kapasitas mesin 300 cc itu memiliki power yang bedanya nggak terlalu jauh kalau dibandingkan dengan KTM 250 EXC TPI. Menurut klaim KTM kepada media, KTM 300 EXC TPI sanggup memuntahkan tenaga maksimal sebesar 55 HP. Artinya cuma beda 4 HP aja nih dari KTM 250 EXC TPI. Dibandingkan dengan KTM 300 EXC karbu pun bedanya nggak signifikan. Dulu kalau nggak salah KTM pernah mengklaim KTM 300 EXC karbu memiliki power sebesar 54 HP. Jadi boleh dibilang KTM sukses membuat sistem injeksi yang tidak menggebiri performa mesin. Tapi yakin deh, kalau cuma dipakai buat fun off road oleh rider-rider amatir (penghobi), power 51-55 HP itu amat sangat sulit dipakai dengan maksimal. Kecuali bro punya skill sekelas dewa-dewa extreme enduro dunia macam Alfredo Gomez (KTM), Jonny Walker (KTM), Cody Webb (KTM), Graham Jarvis (Husky), Billy Bolt (Husky), Wade Young (Sherco), Mario Roman (Sherco), dan lain-lain. So, mau beli 250 cc atau 300 cc? Ternyata selisih powernya nggak beda jauh dan harganya juga beda tipis aja. Walaupun mungkin secara impresi bedanya bakal lumayan terasa.

Advertisements