• Home »
  • Article »
  • Suzuki SV650 Trail Yellow Weapon Series – Trail dengan Mesin Super!

Suzuki SV650 Trail Yellow Weapon Series – Trail dengan Mesin Super!



Umumnya motor trail itu menggunakan mesin satu silinder dengan kapasitas antara 125-500 cc (untuk rider dewasa). Agak nggak lazim sebuah motor trail menggunakan mesin dua silinder, apalagi dengan kapasitas mesin yang sangat besar. Umumnya motor dengan mesin dua silinder atau lebih dengan kapasitas besar sudah masuk ke genre motor adventure, bukan lagi motor trail. Tapi yang namanya imajinasi seorang desainer nggak bisa dibatasi. Salah satunya adalah Suzuki SV650 Trail Yellow Weapon Series yang dirancang oleh desainer motor kenamaan asal Italia, Oberdan Bezzi.

Konsep yang ditawarkan oleh Oberdan Bezzi pada Suzuki SV650 Trail Yellow Weapon Series boleh dibilang amat menarik dan begitu memikat. Dari segi penampilan, motor ini mengusung gaya classic yang tampak sederhana, bersahaja, dan low profile. Sekilas bentuknya agak mirip dengan Suzuki TS 250 atau Suzuki TS 125J Duster di masa lampau. Tangki bahan bakar lonjong dan agak panjang yang dipadu dengan jok tebal, lampu-lampu serba bulat, konsol speedometer bulat minimalis, suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang stereo, serta front fender tinggi dan knalpot yang menjulang tinggi khas motor trail! Itu belum termasuk ban dual purpose ring 18-21 inch dan grafis warna kuning khas motor trail Suzuki yang membuat konsep ini benar-benar ciamik…

Untuk basis mesin, Oberdan Bezzi mencangkokkan mesin motor naked sport Suzuki SV650 pada Suzuki SV650 Trail Yellow Weapon Series rancangannya. Mesin itu berkapasitas 645 cc, v-twin 90 derajat, DOHC, 4-stroke, dan berpendingin radiator. Mesin Suzuki SV650 sanggup memuntahkan tenaga sebesar 75 HP dan torsi 64 Nm. Jelas spesifikasi itu sangat bengis untuk ukuran motor trail. Cuma ya nggak bisa dipungkiri, dengan menggunakan basis mesin Suzuki SV650, maka bobot Suzuki SV650 Trail Yellow Weapon Series karya Oberdan Bezzi dipastikan lumayan berat. Buat main off road jelas merepotkan. Tapi lumayan seru buat mejeng atau jalan-jalan santai di perkotaan.

Oh ya, Suzuki SV650 Trail Yellow Weapon Series ini hanya sebuah desain atau konsep yang dibuat oleh desainer independen, bukan desainer yang bekerja untuk pabrikan. Belum tentu desain atau konsep itu bakal direalisasikan oleh pabrikan. Tapi kalau bro punya bahannya, bisa tuh ditiru rancangan Oberdan Bezzi untuk membangun motor custom Suzuki SV650 Trail Yellow Weapon Series dari bahan Suzuki SV650. Cuma kalau benar-benar dibikin sama dengan rancangan Oberdan Bezzi, dijamin duit yang dihabiskan bakal sangat banyak! Apalagi frame yang dipakai pada Suzuki SV650 Trail Yellow Weapon Series benar-benar beda dengan Suzuki SV650. Jadi cuma mesinnya aja nih yang sama persis!


Advertisements