Jogoan-Jagoan Enduro Dunia Siap Bertarung di Erzberg Rodeo 2017!


Bro sekalian… Kompetisi extreme enduro paling iconic sejagad, Erzberg Rodeo 2017 atau dikenal pula dengan sebutan Red Bull Hare Scramble 2017, akan dimulai pada 15 Juni 2017 sampai dengan 18 Juni 2017. Kenapa kok dibilang paling iconic? Soalnya kompetisi ini berlangsung di area pertambangan Erzberg, kurang lebih 260 km dari Vienna yang menjadi ibukota Austria. Saat bendera start dikibarkan, para rider sudah harus menghadapi track yang amat sulit berupa pendakian bukit-bukit yang amat curam dan tinggi. Malah dari ratusan starter yang ikut kompetisi, kemungkinan hanya beberapa saja yang bisa finish karena saking sulitnya track yang mesti dilibas para rider. Mengingat ini adalah kompetisi yang sangat bergengsi, maka rider-rider enduro top dunia dipastikan bakal turun gunung. Apalagi Austria merupakan kandang bagi pabrikan motor off road ternama di dunia, KTM, bersama dengan anak usahanya, Husqvarna. Tentu saja KTM dan Husky akan mengerahkan rider-rider terbaik agar mereka mendapatkan hasil maksimal di kandang. Lantas siapa kira-kira yang bakal menjadi juara Erzberg Rodeo 2017?

Sejumlah rider enduro top dunia yang dipastikan turun di kompetisi Erzberg Rodeo 2017 antara lain Graham Jarvis (Husky), Billy Bolt (Husky), Alfredo Gomez (KTM), Jonny Walker (KTM), Cody Webb (KTM), Paul Bolton (KTM), Philipp Scholz (KTM), Wade Young (Sherco), Mario Roman (Sherco). Menjelang dimulainya kompetisi Erzberg Rodeo 2017, mereka semua berlatih dengan amat sangat keras. Maklum aja deh bro… Mereka berupaya menjadi rider yang finish paling cepat di kompetisi itu sehingga bisa mendapatkan supremasi sebagai The King of Extreme Enduro.¬†Meskipun demikian, dalam sebuah kompetisi kalah atau menang itu adalah hal yang biasa…

Akan tetapi, perlu di-highlight juga kalau di Erzberg Rodeo ada beberapa rider yang sangat kuat dan berpotensi menjadi juara di tahun 2017. Siapa saja mereka? Pertama jelas Graham Jarvis. Kemampuan rider gaek yang kaya pengalaman ini nggak perlu diragukan lagi. Musim 2017 ini saja dia udah sering meraih podium pertama di berbagai kompetisi extreme enduro dunia. Apalagi Graham Jarvis adalah pemegang gelar juara Erzberg Rodeo 2016. Tentu dia ingin mempertahankan raihan gelar juaranya itu. Kemudian rider lain yang nggak kalah menarik untuk diperhatikan adalah Jonny Walker. Maklum, penunggang KTM 300 EXC ini sudah mengantongi empat kali juara Erzberg Rodeo. Pada tahun 2016 dia absen karena dibekap cidera dan sekarang kondisinya sudah fit dan siap kembali bersaing memperebutkan gelar juara. Rider berikutnya yang sangat mungkin mendapatkan gelar juara tentu saja Alfredo Gomez. Sepanjang musim 2017 ini Alfredo Gomez beberapa kali menjuarai kompetisi extreme enduro dan terus bersaing ketat dengan Graham Jarvis. Rider lainnya yang sedang sangat moncer antara lain Wade Young, Mario Roman, Cody Webb. Memang sangat sulit memprediksi siapa yang akan menjadi juara. Namun paling tidak deretan rider-rider itu akan mengisi urutan teratas kalau mereka nggak mendapatkan permasalahan teknis.

Satu hal lagi yang menarik di Erzberg Rodeo 2017… Umumnya para rider akan menggunakan motor enduro 250/300 cc 2-stroke. Motor tipe itulah yang dianggap paling mumpuni untuk melibas track extreme di Erzberg lantaran power yang sangat besar dan bobot super ringan. Imbasnya power-to-weight ratio motor sangat besar, jauh lebih besar ketimbang motor enduro 4-stroke manapun. Bahkan ada gurauan, rider yang menggunakan motor enduro 4-stroke bisa mencapai garis finish saja udah jadi prestasi yang bagus, sehingga jangan berharap mendapatkan gelar juara menggunakan motor 4-stroke. Oke… Kita lihat aja deh aksi-aksi para jawara enduro dunia di Erzberg Rodeo 2017 akhir pekan nanti!

Advertisements