Penta Jaya Sebut Prototipe Motor Trail Murah dari KTM Sudah Ada!




Bro sekalian… Pada Agustus tahun lalu di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) memberikan pengumuman bahwa mereka telah menjadi distributor resmi street bike KTM dengan kapasitas mesin di bawah 400 cc di Indonesia. Saat itu Penta Jaya merilis KTM 200/250 Duke dan KTM RC 200/250/390 dengan harga yang amat menggiurkan. Nggak tanggung-tanggung, Penta Jaya menurunkan harga sekitar 40 persen lebih murah dibandingkan dengan saat deretan motor itu dijual oleh distributor sebelumnya. Jadi nggak mengherankan kalau banyak konsumen yang antusias dengan harga baru KTM Duke/RC series di bawah naungan Penta Jaya. Maklum, KTM adalah brand motor kelas internasional, merek asal Eropa, desain oke punya, serta memiliki motor dengan spesifikasi yahud dan komponen-komponen dari vendor-vendor mentereng di dunia. Banyak konsumen Indonesia yang kepincut dan mendambakan produk KTM, namun terhalang oleh harga yang mahal. Ketika harga diturunkan sebesar 40 persen, maka street bike KTM under 400 cc benar-benar menggiurkan.

Selain meluncurkan motor-motor dari klan Duke dan RC di bawah 400 cc, saat itu Presiden Direktur Penta Jaya Laju Motor Pak Kristianto Goenadi sempat berbincang-bincang dengan para media dan blogger, termasuk Adventuriderz.com, bahwa KTM bakal mengeluarkan motor trail entry level dengan harga murah. Produk ini bisa menjadi pesaing bagi Kawasaki KLX150 series dan calon Honda CRF150 di Indonesia. Pastinya nggak sedikit pula konsumen di Tanah Air yang menginginkan motor trail KTM versi murah. Hal itu sangat lumrah bro, soalnya motor trail KTM yang ada sekarang adalah motor high end dengan harga selangit. Sebagai contoh varian motor enduro paling kecil yang dijual di Indonesia, KTM 150 XC-W (2-stroke), itu aja harganya tembus Rp 133 juta off the road. Kemudian KTM 250 EXC-F (4-stroke) harganya mencapai Rp 150 jutaan off the road. Dengan harga yang amat sangat tinggi itu motor trail KTM cuma bisa dijangkau oleh segelintir orang. Jelas varian yang lebih murah dengan harga puluhan juta sangat ditunggu. Sayangnya, waktu itu Pak Kris masih belum bisa memberikan kepastian kapan motor trail murah dari KTM bakal dikeluarkan. Terus gimana kelanjutan motor trail murah KTM? Apakah sudah ada progres?

Nah… Seperti dilansir oleh Dapurpacu.com (12/6/2017), Pak Kristianto Goenadi kembali menegaskan kalau KTM masih memiliki rencana menjual motor trail dengan harga murah. Malah prototipe motor trail murah itu sudah ada di Austria dan terus menjalani tahap pengetesan. Sayangnya, lagi-lagi belum ada kabar yang pasti kapan motor trail itu keluar. Namun, kemungkinan besar motor trail murah KTM menggunakan kapasitas mesin 150-250 cc. IMHO aja nih bro, cukup masuk akal kalau KTM membangun motor trail dengan harga murah dari basis mesin Duke series.



“Trail tetap menjadi planing kami, karena kami inline dengan yang ada di beberapa negara juga, memang waktunya belum tahu kapan. Saat ini masih tahapan tes, jadi kapan mulai diproduksinya semua tergantung hasil riset dan tes mereka di sana,” ungkap Pak Kris.

Last… Masih belum begitu jelas juga seperti apa bentuk motor trail murah buatan KTM. Apakah benar-benar berwujud trail seperti Kawasaki KLX150 atau malah motor trail dengan gaya adventure ala Honda CRF250RALLY. Setahu Adventuriderz.com saat ini KTM memang sedang intensif melakukan pengujian terhadap prototipe KTM 390 Adventure yang menggunakan basis mesin dari KTM 390 Duke. Bukan nggak mungkin dalam waktu yang sama KTM juga ikut mengembangkan varian yang lebih kecil, yaitu KTM 250 Adventure atau malah KTM 125/200 Adventure. Feeling Adventuriderz.com sih motor adventure inilah yang disebut-sebut oleh Pak Kris sebagai motor trail murah dari KTM. Dengan mengambil basis mesin Duke, harganya memang bisa murah, semurah Duke/RC series yang ada sekarang. Gimana menurutmu bro?

Advertisements