• Home »
  • Article »
  • Menanti Jagoan Trial HRC “Toni Bou” Terjun di Kompetisi Hard Enduro

Menanti Jagoan Trial HRC “Toni Bou” Terjun di Kompetisi Hard Enduro


Bro sekalian… Pada akhir tahun 2016 lalu ada rumor yang menyebutkan bahwa jagoan Honda Racing Corporation (HRC) di kompetisi trial Toni Bou ingin mengembangkan karirnya dengan terjun di kompetisi Hard Enduro 2017, bersaing dengan rider-rider papan atas Hard Enduro seperti Graham Jarvis (Husky), Billy Bolt (Husky), Alfredo Gomez (KTM), Jonny Walker (KTM), Cody Webb (KTM), Paul Bolton (KTM), Wade Young (Sherco), Mario Roman (Sherco), dan lain-lain. Hal itu sangat bisa dimaklumi karena di kompetisi trial dunia si Toni Bou amat sulit dikalahkan. Bahkan pada akhir tahun lalu saja dia berhasil merengkuh gelar juara trial indoor sebanyak 20 kali secara berturut-turut. Lalu bagi Honda, pabrikan sayap mengepak ingin membuktikan kalau salah satu motor enduronya, CRF450RX, nggak kalah kelas dibandingkan dengan motor-motor enduro buatan brand Eropa. Soalnya selama ini kompetisi Hard Enduro sangat didominasi oleh pabrikan-pabrikan Eropa macam KTM, Husqvarna, hingga Sherco… Sedangkan motor Jepang nihil prestasi!

Sayangnya, hingga pertengahan tahun 2017 ini Toni Bou belum juga menampakkan batang hidungnya di kompetisi Hard Enduro. Menjelang dimulainya kompetisi Erzberg Rodeo alias Red Bull Hare Scramble 2017 akhir pekan ini, juga belum ada tanda-tanda Toni Bou bakal terjun. Padahal Erzberg Rodeo merupakan salah satu kompetisi Hard Enduro paling bergengsi di dunia. Memang waktu itu Toni Bou disebut-sebut bakal ikut kompetisi Hard Enduro 2017 jika jadwalnya nggak bentrokan dengan kompetisi trial yang ditekuninya. Jadi nggak semua seri kompetisi Hard Enduro 2017 bisa dia ikuti. Apakah Toni Bou jadi terjun di kompetisi Hard Enduro 2017 atau tidak, itu masih belum jelas. Namun di bulan Juli 2017 nanti masih ada Red Bull Romaniacs yang nggak kalah bergengsi dari Erzberg Rodeo. Mudah-mudahan Toni Bou bisa nongol di sana dan membuktikan bahwa motor enduro 4-stroke bisa finish di Red Bull Romaniacs Gold Class.

Kenapa kok Adventuriderz.com pengen banget lihat Toni Bou di kompetisi Hard Enduro? Ya tentu biar persaingan semakin seru. Selama ini kompetisi Hard Enduro didominasi oleh muka-muka lama macam Graham Jarvis, Jonny Walker, Alfredo Gomez, dan Wade Young. Mereka didukung oleh pabrikan asal Eropa dan semuanya menggunakan motor enduro 250/300 cc 2-stroke. Tentu akan menarik kalau ada rider baru yang bisa mendobrak dominasi mereka. Terlebih Toni Bou mendapatkan dukungan dari HRC yang merupakan tim balap paling kaya di dunia, Honda sebagai pabrikan motor terbesar di dunia, dan menggunakan motor enduro 450 cc 4-stroke. Kalau berhasil juara, tentu Toni Bou bisa mematahkan banyak rekor. Satu hal lagi yang nggak kalah penting, Toni Bou punya modal besar berupa skill luar biasa dengan motor trial. Umumnya rider-rider yang sukses di Hard Enduro itu memiliki basic trial. Sebut saja Graham Jarvis, Alfredo Gomez, Jonny Walker, Mario Roman, dan Pol Tarres. Mereka semua awalnya adalah rider trial yang jago. Salah satu yang nggak punya basic trial namun berhasil mendobrak papan atas Hard Enduro paling-paling ya Wade Young. Gimana Toni, siap nongol di Romaniacs 2017?

Advertisements