• Home »
  • Article »
  • Hot News: Komponen Trail Lokal Honda K84A Masuk Tahap Produksi Massal!

Hot News: Komponen Trail Lokal Honda K84A Masuk Tahap Produksi Massal!


Sepertinya kelahiran motor trail 150 cc buatan Astra Honda Motor (AHM) dengan kode project Honda K84A sudah semakin dekat nih bro… Dalam waktu satu sampai dua bulan terakhir bocoran mengenai motor itu semakin deras mengalir. Mulai dari mesin yang mengambil basis MegaPro FI dengan ubahan di bagian piston, kompresi, dan pengapian agar mendapatkan torsi yang lebih baik; suspensi depan menggunakan model upside down (USD); suspensi belakang mono shock dengan mekanisme Pro-Link khas Honda; desain mirip seperti CRF230 series; menggunakan velg aluminium ring 18-21 inch lengkap dengan ban dual purpose; pakai rem cakram depan-belakang; dan speedometer full digital yang identik dengan milik BeAT Street! Jangan begitu merisaukan foto-foto di artikel ini yang berbeda dengan berbagai bocoran yang ada karena itu adalah sosok motor off road tulen CRF150F. Cuma dipakai ilustrasi buat pemanis artikel aja. Lha wong sosok Honda K84A belum pernah nongol sama sekali!!!

Pada Mei 2017 lalu motor yang disebut-sebut bakal menyandang nama CRF150 ini sudah masuk ke fase Pra-Produksi 1 (PP1), kemudian awal Juni 2017 sudah masuk ke fase Pra-Produksi 2 (PP2). Satu lagi informasi terbaru, dikabarkan pada pertengahan Juni 2017 ini para vendor yang menyuplai komponen CRF150 lokal buatan AHM sudah mulai memproduksi komponen secara massal. Artinya, komponen yang diproduksi nggak cuma berjumlah puluhan, tapi sudah mencapai ratusan hingga ribuan unit. Jumlah itu jelas sangat masif dan mengindikasikan kalau kelahiran CRF150 ke publik semakin dekat.

So, kapan CRF150 lokal nongol? AHM memang masih bungkam nggak mau memberikan bocoran mengenai timeline keluarkan CRF150. Di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) yang sudah dimulai sejak 8 Juni 2017 lalu motor ini juga belum menampakkan batang stangnya. Kalau prediksi Adventuriderz.com sih kemungkinan CRF150 diperkenalkan ke publik setelah Lebaran. Kenapa? Karena menjelang Lebaran ini rasanya sudah tidak lagi memungkinkan walaupun bertepatan dengan Jakarta Fair Kemayoran 2017. Banyak yang sibuk, banyak yang mempersiapkan mudik Lebaran, dan banyak juga hari libur dalam rangka Lebaran bro! Paling realistis memang setelah Lebaran. Cuma nggak tahu launching-nya masih di Jakarta Fair Kemayoran 2017 atau di luar itu. Soalnya Jakarta Fair masih berlangsung sampai 16 Juli 2017 mendatang.

Last… CRF150 lokal buatan AHM bakal memberikan tantangan yang sangat serius kepada Kawasaki KLX150. Sekarang KLX150 BF series harganya ada di rentang Rp 32-35 juta. Memang sangat mahal untuk ukuran motor trail dengan spesifikasi mesin pas-pasan dan nggak pernah mendapatkan update sejak pertama kali diluncurkan. Tapi mau bagaimana lagi, konsumen nggak punya pilihan. Jadi jangan heran kalau KLX150 series tetap laris-manis sehingga menjadi tulang punggung penjualan Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Mudah-mudahan ketika CRF150 nongol nanti, KMI bisa berbenah memberikan update performa kepada trail jagoannya itu. Soalnya ada selentingan kabar CRF150 bakal dibandrol mepet dengan KLX150 BF series, sekitar Rp 32-33 juta on the road. Tunggu aja kelahirannya bro!


Advertisements