• Home »
  • Article »
  • Supermoto Khusus Balap Husky FS 450 Model Year 2018 Resmi Diluncurkan

Supermoto Khusus Balap Husky FS 450 Model Year 2018 Resmi Diluncurkan



Setelah cukup heboh meluncurkan motor enduro 2-stroke dengan sistem pembakaran injeksi, pabrikan motor asal Swedia, Husqvarna, juga ikut memberikan update terhadap motor supermoto andalan mereka, Husky FS 450. Yups, Husky FS 450 merupakan supermoto khusus balap di sirkuit, nggak bisa dipakai di jalan raya, dan pada Husky FS 450 model year 2018 ini mendapatkan sejumlah update yang membuatnya performanya menjadi lebih oke sehingga semakin sulit dikalahkan di lintasan balap!

Pada dapur pacu, Husky masih tetap mempertahankan mesin berkapasitas 450 cc satu silinder, SOHC, 4-stroke, dan berpendingin cairan. Mesin ini dianggap sangat mumpuni untuk menghasilkan performa terbaik. Akan tetapi, pada Husky FS 450 model year 2018 ini sudah dilengkapi dengan sistem slipper clutch baru yang dikembangkan oleh perusahaan asal Swiss, yaitu Suter Industries. All new slipper clutch ini berfungsi untuk mencegah terjadinya ketidakstabilan dan gejala ‘hopping’ saat rider melakukan pengereman dengan keras, serta kopling memastikan memberikan kontrol yang maksimal ketika motor dipakai ‘drifting’ yang merupakan gaya khas supermoto.

Nggak cuma itu aja update yang diberikan kepada Husky FS 450 model year 2018… Kenapa? Karena Husky juga melakukan modifikasi karakteristik mesin. Caranya adalah melengkapi motor ini dengan tombol engine mapping di handlebar. Tombol itu sangat mudah dioperasikan, dan ketika sudah dioperasikan sekaligus mengaktifkan fitur launch control. Gunanya adalah untuk membatasi power yang dilontarkan ke ban belakang, membuat traksi ban ke aspal menjadi lebih baik dan menghindari rider kehilangan kontrol ketika melakukan akselerasi yang kuat. Agar performa mesin lebih maksimal, Husky melengkapinya dengan throttle body 44 mm buatan Keihin, memberikan update knalpot, dan memasang gearbox 5-percepatan yang lebih presisi.

Mengenai frame, desainnya masih sama seperti sebelumnya, menggunakan model central backbone yang terbuat dari bahan chromium-molybdenum dengan bobot yang sangat ringan dan lentur. Kemudian sub-frame terbuat dari bahan yang 30 persen kandungannya berupa serat karbon yang kuat dan ringan. Frame ini dirancang dan dibuat oleh WP Performance Systems yang merupakan anak usaha dari KTM Group! Suspensi depan-belakang juga menggunakan produk buata WP, rem Brembo, velg jari-jari 16,5 inch (depan) dan 17 inch (belakang) racikan Alpina, ban tipe slick Bridgestone 125/80 R420 (depan) dan 165/65 R420 (belakang), dan handlebar ProTaper. Jadi kalau dilihat-lihat performa Husky FS 450 terbaru memang sangat tinggi dan dilengkapi dengan komponen-komponen dari merek ternama di dunia. Nggak heran kalau Husky FS 450 tergolong dalam supermoto yang benar-benar siap dipakai balap. Rencananya Husky FS 450 model year 2018 mulai tersedia di seluruh jaringan dealer Husky di seluruh dunia pada Juli 2017. Bukan nggak mungki Husky FS 450 juga akan mampir ke Indonesia sebelum akhir tahun 2017. Minat dengan Husky FS 450 untuk balap supermoto??


Advertisements