KTM Rekrut Pembalap Muda Luciano Benavides untuk Perkuat Tim Rally



Bro sekalian… KTM Factory Racing baru saja merekrut pembalap muda potensial berumur 21 tahun, Luciano Benavides, untuk memperkuat tim rally. Saat ini KTM punya dua tim factory di ajang balap rally. Pertama adalah Red Bull KTM Rally Factory Racing Team yang diperkuat oleh Toby Price, Sam Sunderland, Matthias Walkner, dan Antoine Meo, sedang tim kedua adalah KTM Rally Factory Racing Team yang diperkuat oleh pembalap wanita asal Spanyol, Laia Sanz. Terus bergabung dengan tim manakah Luciano Benavides?

Rencananya Luciano Benavides bergabung di KTM Rally Factory Racing Team menemani Laia Sanz. Rider asal Argentina itu bakal menjalani debut balap rally perdana dengan menggunakan motor KTM 450 Rally di kompetisi Desafio Ruta 40 pada bulan Agustus 2017 mendatang. Untuk tahap awal KTM memang nggak mematok target tinggi kepada Luciano Benavides. KTM hanya ingin melihat Luciano Benavides meningkatkan skill balap rally-nya menggunakan motor KTM. Ya boleh dibilang ini merupakan penjenjangan pembalap yang dilakukan oleh KTM di ajang balap rally.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, memang siapa sih Luciano Benavides itu? Okee… Luciano Benavides merupakan adik kandung Kevin Benavides, seorang pembalap rally papan atas yang sekarang bernaung di Monster Energy Honda Team. Walaupun usianya masih sangat muda, namun Luciano Benavides sudah menggenggam prestasi di sejumlah ajang balap off road nasional (Argentina) maupun di kancah internasional. Contohnya antara lain dia pernah dua kali menjadi juara Argentinean Enduro Champion, mewakili Argentina di ajang balap prestisius International Six Days Enduro (ISDE) lebih dari satu kali, dan pernah mendapatkan gelar juara kelas Open A di ajang Full Gas Sprint Enduro di Amerika Serikat.

Setelah mendapatkan sejumlah gelar di ajang balap enduro, Luciano Benavides mengikuti langkah kakaknya dengan banting stang ke ajang balap rally pada akhir tahun 2016. Ya, Luciano Benavides memang menjadikan kakaknya itu sebagai role model karena sejauh ini Kevin Benavides telah sukses menjadi pembalap rally papan atas dunia dan sudah terbukti memiliki prestasi yang mentereng di kancah balap rally, termasuk Rally Dakar. Pasca menjalani race Desafio Ruta 40 di bulan Agustus 2017 dan OiLibya Rally di bulan Oktober 2017, Luciano Benavides berharap dia bisa mendapatkan tempat di balap Rally Dakar 2018 mendatang.

“Aku sangat senang bisa bergabung dengan KTM Rally Factory Racing Team. Buatku, menjadi bagian dari tim yang sudah selama bertahun-tahun mendominasi balap rally internasional ini seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Aku membalap enduro selama beberapa tahun, memenangkan dua gelar juara di Argentina, dan pada akhir 2016 aku memutuskan pindah ke ajang balap rally,” ungkap Luciano Benavides, dikutip dari Enduro21.com.

“Berhasil finish di urutan keempat klasemen akhir pada Rally Dakar 2016, kakakku Kevin Benavides tentu menjadi role model buatku. Aku sekarang umur 21 tahun dan aku sangat yakin ini jadi waktu yang tepat untuk membangun karirku di balap rally. Menjadi bagian dari tim profesional membuatku sangat termotivasi untuk bekerja keras. Event balap rally pertama kami adalah Desafio Ruta 40 di Argentina dan kemudian kami bertolak ke Maroko untuk mengikuti OiLibya Rally di bulan Oktober. Target utamaku adalah bisa melakukan persiapan penuh dalam menghadapi Rally Dakar pertamaku di tahun 2018. Aku sangat berterima kasih kepada KTM yang memberikanku peluang untuk belajar dan meningkatkan kemampuan,” tuturnya.

Sementara itu Manajer KTM Rally Factory Racing Team Alex Doringer mengaku senang bisa merekrut pembalap muda seperti Luciano Benavides dengan kontrak sampai dengan akhir tahun 2020. Alex mengaku KTM akan memberikan waktu buat Luciano untuk belajar, berkembang, dan tumbuh menjadi atlet balap rally yang tangguh. Dia juga bilang KTM akan memberikan dukungan penuh kepada Luciano Benavides dan nggak akan memberikan tekanan kepadanya. Maklum aja bro, sebagai pembalap muda tentu Luciano Benavides masih butuh banyak belajar. Apalagi dia kini bernaung di KTM Factory Racing yang notabene penuh dengan pembalap top. Mendapatkan prestasi dalam waktu singkat pastinya nggak mudah buat Luciano. Satu hal yang pasti, Luciano dipersiapkan sebagai pembalap andalan KTM di masa depan!

“Aku gembira bisa menyambut Luciano di dalam KTM Rally Factory Racing Team. Penandatanganan kontrak pembalap muda seperti Luciano dalam jangka beberapa tahun akan memungkinkan dia memiliki waktu belajar, berkembang, dan tumbuh sebagai atlet, serta pada waktu yang sama bisa bekerja sangat dekat dengan Rider Manager kami Jordi Viladoms dan rider lainnya di dalam tim. Kami akan memberikan dukungan terbaik kepadanya, sehingga dia bisa kencang dengan aman, tanpa ada suasana tertekan. Dimulai dengan Desafio Ruta 40 di Argentina dan OiLibya Rally di Maroko, dia akan memulai langkah pertamanya di dunia rally bersama kami, dan kami harap dia nanti mampu bertarung di Dakar dan memulai langkah berikutnya dalam hal pengembangan dirinya bersama kami,” kata Alex.

Red Bull KTM Factory Racing Team

  • Toby Price (Australia) – KTM 450 Rally
  • Sam Sunderland (Inggris) – KTM 450 Rally
  • Matthias Walkner (Austria) – KTM 450 Rally
  • Antoine Meo (Perancis) – KTM 450 Rally

KTM Rally Factory Racing Team

  • Laia Sanz (Spanyol) – KTM 450 Rally
  • Luciano Benavides (Argentina) – KTM 450 Rally

Advertisements