• Home »
  • Article »
  • Yamaha Perkenalkan 5 Lineup Motor Off Road YZ & WR Series Edisi 2018

Yamaha Perkenalkan 5 Lineup Motor Off Road YZ & WR Series Edisi 2018


Sejumlah pabrikan motor asal Eropa seperti KTM, Husqvarna, Beta, dan Gas Gas sudah resmi meluncurkan lineup motor enduro/off road model year 2018. Seolah nggak mau ketinggalan dengan pabrikan asal Eropa, pabrikan Jepang yang cukup identik dengan warna biru, Yamaha, juga telah merilis motor enduro/off road model year 2018, khususnya dari klan YZ series dan WR series. Total ada lima motor off road YZ series dan WR series yang dikeluarkan Yamaha pada model year 2018. Apa saja mereka?

Yamaha sepertinya masih sangat berkomitmen untuk terus mengeluarkan deretan motor off road nih bro… Dari lima motor yang dikeluarkan, tiga di antaranya merupakan motor enduro cross country yang biasanya dipakai di ajang balap enduro lintasan tertutup, sedangkan dua lainnya adalah motor enduro yang comply dengan regulasi emisi Environment Protection Agency (EPA) di Amerika Serikat. Untuk varian motor enduro cross country antara lain YZ450FX model year 2018, YZ250FX model year 2018, dan YZ250X model year 2018. Kemudian dua motor enduro yang comply dengan standar emisi EPA adalah WR450F model year 2018 dan WR250F model year 2018. Kita simak satu per satu yuk!

Yamaha YZ450FX Model Year 2018

  • YZ450FX menggunakan basis mesin yang identik dengan motocross YZ450F. Konstruksi mesin ini memang cukup unik karena memakai desain rearward-slanted-cylinder, di mana port exhaust berada di bagian belakang. Yamaha mengklaim YZ450FX memiliki power delivery yang mudah dikontrol, torsi yang sangat melimpah, dan mesinnya di-tuning khusus untuk balap cross country.
  • Menggunakan bilateral beam aluminium frame yang juga identik dengan motocross YZ450F. Frame ini menempatkan mesin, tangki bahan bakar, dan port exhaust dekat dengan pusat massa dari motor yang membuatnya memiliki karakter handling sangat ringan.
  • Memakai sistem electronic fuel injection (EFI) dari Keihin dengan throttle body 44 mm. Lagi-lagi EFI ini diambil dari basis YZ450F namun sudah di-tuning khusus untuk balap cross country dan menghasilkan respon throttle yang smooth.
  • Dilengkapi dengan suspensi depan Kayaba yang kedua sisinya menggunakan spring (per), sedangkan suspensi belakang mono shock dengan linkage. Suspensi ini dirancang khusus buat balap cross country walaupun masih turunan dari suspensi yang dipakai oleh YZ450F.
  • Yamaha mengklaim para rider cross country siap menempati podium ketika menggunakan YZ450FX lantaran motor ini sudah dilengkapi dengan tangki bahan bakar berukuran besar, rantai O-ring, dan velg 18-21 inch lengkap dengan ban khusus cross country. Siap balap dalam kondisi standar!
  • Sudah dilengkapi dengan electric starter yang membantu rider agar tidak kelelahan.

Yamaha YZ250FX Model Year 2018

  • YZ250FX menggunakan basis mesin yang identik dengan motocross YZ250F. Konstruksi mesin ini memang cukup unik karena memakai desain rearward-slanted-cylinder, di mana port exhaust berada di bagian belakang. Mesin empat langkah berpendingin cairan ini disandingkan dengan sistem transmisi manual 6-percepatan. Yamaha mengklaim YZ250FX model year 2018 memiliki peak power yang lebih baik, power delivery smooth, dan durability sangat baik, sehingga cocok dipakai untuk balap cross country Hare Scrambles/GNCC.
  • Gigi transmisi 6-percepatan memastikan YZ250FX menyediakan kepada rider gear yang cocok dalam menghadapi berbagai macam rintangan di ajang balap cross country.
  • Menggunakan bilateral beam aluminium frame yang sama dengan motocross YZ250F. Bobotnya dipastikan ringan dan memiliki handling yang lincah dalam menghadapi kondisi track sulit, serta stabil ketika digeber dalam kecepatan tinggi.
  • Dilengkapi dengan suspensi depan Kayaba yang kedua sisinya menggunakan spring (per), sedangkan suspensi belakang mono shock dengan linkage. Suspensi ini dirancang khusus buat balap cross country walaupun masih turunan dari suspensi yang dipakai oleh YZ250F.
  • Menggunakan sistem electric starter, tangki bahan bakar berkapasitas dua gallon, skid plate plastik, dan ban cross country 18-21 inch, sehingga siap terjun di ajang balap cross country.

Yamaha YZ250X Model Year 2018

  • Berbeda dengan YZ250FX yang menggunakan mesin 249 cc 4-stroke, YZ250X ini mengandalkan mesin 249 cc 2-stroke lengkap dengan sistem transmisi 5-percepatan wide ratio. Mesinnya sudah di-tuning agar cocok untuk balap cross country seperti Hare Scrambles/GNCC.
  • Basis frame berasal dari motocross YZ250 yang terbuat dari bahan aluminium, menawarkan keseimbangan yang sempurna antara tingkat kekakuan dan kelenturan.
  • Memakai suspensi depan upside down buatan Kayaba yang di dua sisinya menggunakan spring, sedangkan suspensi belakang mono shock dengan lingkage. Suspensi depan-belakang bersifat fully adjustable dan sangat cocok dipakai di balap cross country.
  • Memiliki desain yang agresif, cakram rem belakang ada protektor, handlebar terbuat dari bahan aluminium, footpegs khas YZ series, handlebar aluminium, jok dengan grip, dan ban off road buatan Dunlop.
  • Siap dipakai di ajang balap GNCC karena menggunakan ban belakang 18 inch, rantai O-ring, sistem transmisi wide ratio, ban yang fokus buat off road, dan settingan suspensi buat cross country.
  • Cakram rem depan berdiameter 270 mm yang memberikan performa pengereman optimal.

Yamaha WR450F Model Year 2018

  • Mengambil basis mesin DOHC 4-stroke dari motocross YZ450F, namun mesin ini di-tuning ulang agar karakternya cocok dipakai sebagai motor enduro. Asyiknya, WR450F sudah mendapatkan “Green Sticker” di Negara Bagian California sehingga emisi gas buang motor ini benar-benar bersih. Nggak masalah menggunakannya untuk off road/enduro maupun membuatnya sebagai motor off road street legal.
  • Menggunakan sistem electric starter yang mudah dioperasikan.
  • Mengandalkan bilateral beam aluminium frame yang mirip dengan YZ450X.
  • Dilengkapi dengan suspensi depan upside down buatan Kayaba yang kedua sisinya menggunakan spring, sedangkan suspensi belakang mono shock dengan mekanisme linkage juga buatan Kayaba.
  • Dengan transmisi 5-percepatan wide ratio (WR), WR450F sangat siap dipakai di ajang balap enduro. Apalagi WR450F dilengkapi dengan ban enduro 18-21 inch, kipas radiator dengan regulator suhu, sistem kopling yang dioptimalkan untuk enduro, rantai O-ring, ada skid plate, ada headlight yang terang, tail light LED, konsol speedometer full digital, dan standar samping.
  • Pakai disc brake depan 270 mm yang membuat rem sangat pakem.

Yamaha WR250F Model Year 2018

  • Mesin 249 cc satu silinder, DOHC, 4-valve, dan berpendingin cairan yang basisnya diambil dari motocross YZ250F. Mesin ini kemudian dioptimalkan agar karakternya cocok dipakai di medan enduro, seperti menggunakan sistem transmisi wide ratio 6-percepatan.
  • Sama seperti WR450F, motor enduro WR250F ini juga lolos uji emisi dari EPA.
  • Frame sama dengan YZ250F, terbuat dari bahan aluminium yang ringan dan membuat handling motor sangat lincah.
  • Sistem pembakaran injeksi dari Keihin dengan throttle body 44 mm. Sistem injeksi ini sudah dioptimalkan untuk kebutuhan enduro.
  • Menggunakan sistem electric starter yang mudah dioperasikan.
  • Dilengkapi dengan suspensi depan upside down buatan Kayaba yang kedua sisinya menggunakan spring, sedangkan suspensi belakang mono shock dengan mekanisme linkage juga buatan Kayaba. Suspensi ini sudah di-tuning untuk kebutuhan enduro.
  • Menggunakan kapasitas tangki bahan bakar dua gallon, speedometer full digital, ban enduro 18-21 inch, rantai O-ring, dan skid plate yang membuat motor ini siap dipakai di ajang balap enduro.

Karena baru saja dirilis untuk pasar global, maka masih belum jelas kapan motor-motor model year 2018 itu masuk ke Tanah Air. Namun kemungkinan besar nih bro, cuma ada tiga motor yang masuk ke Indonesia secara resmi lewat distributor Yamaha CBU Off Road Indonesia (PT El Rhino Global). Motor-motor itu adalah YZ450FX, YZ250FX, dan YZ250X. Bagaimana dengan WR450F dan WR250F. Sampai sekarang sepertinya Yamaha CBU Off Road Indonesia masih belum ada niatan menjual motor off road Yamaha dari klan WR series. Nggak tahu alasannya apa… Tapi sejauh ini jualan Yamaha CBU Off Road Indonesia untuk motocross dan off road YZ series tergolong laris manis. Mungkin karena harga yang ditawarkan paling murah di kelasnya. Gimana, tertarik memesan salah satunya?


Advertisements