BMW R9X Ikut Terjun di Kompetisi Extreme Enduro Red Bull Romaniacs




Buat yang demen touring dan adventure pasti nggak asing lagi dengan brand yang namanya Touratech (Touring Rally Racing Technology). Yups, perusahaan asal Jerman yang dibangun sejak tahun 1999 ini memang penyedia berbagai perlengkapan adventure dan aksesoris motor adventure, mulai dari jaket, helm, soft luggage, panniers box, suspensi, hingga jok yang lebih nyaman buat adventure. Belakangan Touratech juga berperan sebagai custom builder motor adventure. Salah satu hasil kreasi Touratech adalah Touratech Racing BMW R9X yang rencananya akan dipakai untuk mengikuti balap Hard Enduro, Red Bull Romaniacs 2017. Seperti apa sosoknya?

Touratech Racing BMW R9X ini merupakan motor yang dibangun dari basis BMW R NineT. Secara penampilan, motor itu sudah sangat berubah drastis. Kalau BMW R NineT cenderung memiliki penampilan kalem dan berwujud classic, kini Touratech Racing BMW R9X penampilannya lebih cadas dengan aura off road yang sangat kental. Itu bisa dilihat dari ground clearance motor yang begitu tinggi khas motor off road, knalpot yang menjulang tinggi, suspensi menggunakan Touratech Suspension dan TT-3D, dipasangi engine guard, ada hand guard, front fender tinggi, serta bodywork yang sangat minimalis. Nggak ketinggalan, Touratech Racing BMW R9X juga pakai ban off road tulen, membuat motor ini benar-benar siap dipakai bermain off road! Meskipun demikian, unsur classic pada BMW R NineT tetap ada di motor ini. Contohnya ada di bagian tangki bahan bakar yang masih pakai standar BMW R NineT!! Kemudian engine juga pakai punya BMW R NineT, berupa mesin boxer  1.200 cc dua silinder. Kurang lebih mesin ini juga mirip dengan yang dipakai oleh motor adventure BMW R 1200 GS Adventure.

Menurut informasi dari Touratech nih bro… Motor Touratech Racing BMW R9X bakal mengikuti ajang balap Hard Enduro – Red Bull Romaniacs 2017 – yang berlangsung pada bulan Juli 2017. Rider yang nunggang motor ini di ajang kompetisi itu adalah Gerhard Foster. Touratech Racing BMW R9X bakal bersaing ketat dengan KTM 1090 Adventure yang ditunggangi oleh rider kaya pengalaman asal Australia, Chris Birch. Kelas yang diikuti oleh motor-motor gambot ini memang bukan kelas bergengsi (Gold Class), melainkan Iron Class. Namun akan tetap menarik melihat motor-motor adventure 1.100-1.200 cc dua silinder berkompetisi di ajang Hard Enduro yang track-nya dipastikan luar biasa sulit. Umumnya yang ikut di kompetisi ini adalah motor-motor enduro dengan kapasitas mesin 250-500 cc satu silinder yang bobotnya pun sangat enteng. Kita tunggu saja kiprah Touratech Racing BMW R9X dan KTM 1090 Adventure R di Red Bull Romaniacs 2017 ya…


Advertisements