Yamaha Luncurkan WR450F dan WR250F EnduroGP Replica


Bro sekalian… Yamaha baru saja meluncurkan lineup motor off road dari klan YZ series dan WR series model year 2018, termasuk WR450F dan WR250F model year 2018. Asyiknya, dalam waktu yang bersamaan pabrikan dengan logo garputala ini juga merilis WR450F dan WR250F EnduroGP Replica. Memang apa bedanya antara EnduroGP Replica dengan versi standar? Yuk simak pembahasannya ya!

Dikeluarkannya WR450F dan WR250F EnduroGP Replica adalah karena Yamaha mengambil inspirasi dari motor yang dipakai oleh dua pembalap Outsiders Yamaha Official Enduro Team, yaitu Loic Larrieu dan Jamie McCanney, di ajang kompetisi EnduroGP 2017. Maklum aja, performa Yamaha di ajang EnduroGP sedang cukup baik. Loic Larrieu sekarang berada di urutan ketiga klasemen sementara EnduroGP 2017, sempat menjadi juara EnduroGP 2017 seri Italia, dan pada tahun 2016 lalu dia berada di urutan ketiga klasemen akhir Enduro 2. Jadi mungkin Yamaha berpikiran bakal lebih baik kalau menyediakan motor enduro WR450F dan WR250F yang mirip dengan tunggangan Loic Larrieu dan Jamie McCanney!

Salah satu bagian yang membedakan antara WR450F dan WR250F EnduroGP Replica dan versi standar terletak di bagian knalpot. Versi EnduroGP Replica memiliki performa yang lebih tinggi karena dilengkapi dengan knalpot slip on dari bahan titanium dengan bobot sangat ringan buatan Akrapovic. Nggak heran kalau versi EnduroGP Replica punya tone suara yang lebih menarik, performa lebih oke, dan penampilan lebih stylist. Untuk mengimbangi penggatian knalpot buatan Akrapovic, Yamaha kemudian melakukan modifikasi di bagian engine mapping ECU. Di luar itu, Yamaha juga menyediakan Power Tuner yang memungkinkan rider melakukan tuning WR450F dan WR250F EnduroGP Replica dengan mudah. Namun, Power Tuner ini dijual secara terpisah.

Hal lain yang nggak kalah menarik dari WR450F dan WR250F EnduroGP Replica adalah dilengkapi dengan grafis yang mirip dengan motor Outsiders Yamaha Official Enduro Team, mulai dari bagian shroud, side panel, fender, front plate, swing arm, dan fork. Lebih asyik lagi karena grafis yang dipasang pada WR450F dan WR250F EnduroGP Replica dipasangi anti gores. Nggak masalah tersangkut ranting atau dahan pohon, body motor nggak akan tergores. Lalu untuk memberikan proteksi yang maksimal kepada rider, Yamaha memasang hand guard Acerbis Tri-fit.

Oh ya… Efek dari pemasang knalpot Akrapovic dan modifikasi pada mapping ECU, WR450F dan WR250F EnduroGP Replica cuma bisa dipakai buat off road, termasuk balap off road di lintasan tertutup maupun balap cross country. Kedua motor itu nggak lolos uji emisi yang dilakukan oleh Environment Protection Agency (EPA) di Amerika Serikat. Imbasnya ya motor ini nggak mendapatkan “Green Sticker” dan nggak bisa dipakai di jalan raya sebagai motor off road street legal. Lain ceritanya dengan WR450F dan WR250F versi standar yang sudah mendapatkan “Green Sticker” sehingga bisa dipakai sebagai motor off road street legal, bisa dipakai di jalan aspal di perkotaan. Menurut informasi dari Yamaha, WR450F dan WR250F EnduroGP Replica tersedia di showroom dan distributor Yamaha mulai Agustus 2017 dalam jumlah terbatas (limited edition). Tertarik?


Advertisements