Tentang Trail 150 cc, Petinggi AHM: Kayaknya Sudah Tahu Semua…


Walaupun wujudnya belum pernah terlihat sama sekali, namun diyakini Astra Honda Motor (AHM) sedang mengembangkan motor trail 150 cc yang bakal menjadi pesaing bagi Kawasaki KLX150 di segmen motor trail entry level. Hal itu diperkuat oleh sejumlah bocoran yang muncul melalui sejumlah media otomotif ternama di Indonesia maupun blogger otomotif. Sebut saja motor trail 150 cc yang sedang dalam tahap pengembangan itu memiliki kode project Honda K84A, kemungkinan bernama CRF150, desain mirip seperti CRF230, mesin mirip MegaPro FI yang sudah di-tuning ulang agar karakternya cocok sebagai mesin trail, memakai suspensi depan upside down, suspensi belakang mono shock dengan mekanisme Pro-Link khas Honda, velg aluminium ring 18-21 inch lengkap dengan ban dual purpose, dan speedometer full digital yang identik dengan milik Honda BeAT Street!

Selama ini AHM masih saja malu-malu ketika ditanya mengenai project motor trail 150 cc yang bakal menjadi rekan tandem CRF250RALLY. AHM nggak pernah membantah, tapi juga nggak pernah secara gamblang mengiyakan. Dalam setiap kesempatan, petinggi-petinggi AHM kerap memberikan jawaban yang mengambang penuh dengan kode keras. Sekarang kabarnya motor trail 150 cc dari AHM bakal segera diluncurkan dalam waktu dekat. Malah ada selentingan info yang menyebutkan kemungkinan besar pesaing Kawasaki KLX150 itu akan diluncurkan pasca Lebaran 2017 karena motor ini sudah melewati fase Pra-Produksi 1 (PP1) di bulan Mei 2017, dilanjutkan ke Pra-Produksi 2 (PP2) pada Juni 2017. Malah yang terbaru, vendor-vendor yang menyuplai berbagai komponen motor trail 150 cc lokal buatan AHM ini sudah mulai memproduksi komponen dalam jumlah yang sangat banyak. Artinya produksi massal komponen sudah dimulai lantaran jumlah yang diproduksi nggak cuma puluhan, melainkan ratusan hingga ribuan unit per part. Terus bagaimana tanggapan AHM mengenai berbagai informasi yang bocor ke media?

Salah satu petinggi AHM yang ditodong untuk memberikan penjelasan mengenai motor trail 150 cc itu adalah Pak Johannes Loman yang sekarang menjabat sebagai Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor. Sayangnya ketika ditanya Pak Johannes Loman masih berusaha berkelit, namun juga memberikan kode keras bahwa motor trail 150 cc dari AHM itu memang benar-benar ada. Kenapa? Karena Pak Johannes Loman meminta untuk menunggu “tanggal main” peluncuran motor tersebut. Wajar kok para petinggi sekalipun masih pada bungkam. Soalnya AHM dikenal sangat rapat menyimpan rahasia produk baru. Apalagi kalau produk itu adalah produk lokal yang pada tahap awal didedikasikan untuk market Indonesia.

“Tunggu tanggal mainnya, saya susah ngomongnya. Kayaknya sudah tahu semua, nanti deh,” ungkap Pak Johannes Loman kepada awak media, dikutip dari detikOto (19/6/2017).

Kalau Adventuriderz.com boleh mengambil kesimpulan, mengenai motor trail 150 cc lokal buatan AHM ini bukan isu atau rumor semata. Tapi bakal benar-benar ada. Sejumlah petinggi AHM yang Adventuriderz.com tanya langsung maupun yang komentarnya dikutip dari media-media lain selalu memberikan kode keras akan hadirnya produk itu. Maklum bro… Bulan Februari 2017 lalu AHM meluncurkan CRF1000L Africa Twin dan CRF250RALLY yang mengisi segmen motor adventure. Sudah menjadi rahasia umum, AHM sering menggunakan strategi top-down. Motor high end dipakai untuk membangun brand image sehingga diharapkan penjualan versi low end jadi laris-manis lantaran brand image di segmen tertentu sudah kuat. Gimana, masih sabar nunggu CRF150??


Advertisements