• Home »
  • Article »
  • Walkner Terjun di Erzberg Rodeo Pakai KTM 450 Rally, Apa Motivasinya?

Walkner Terjun di Erzberg Rodeo Pakai KTM 450 Rally, Apa Motivasinya?




Salah satu kompetisi Hard Enduro paling seru di dunia, Erzberg Rodeo 2017 atau nama lainnya Red Bull Hare Scramble 2017, memang sudah berakhir dengan gelar juara pertama digondol oleh rider Red Bull KTM Factory Racing Team, Alfredo Gomez. Alfredo yang nunggang motor enduro 2-stroke KTM 300 EXC itu berhasil mengalahkan sejumlah rider-rider Hard Enduro top dunia seperti Graham Jarvis (Husqvarna) yang berada di urutan kedua, Cody Webb (KTM) ketiga, Wade Young (Sherco) keempat, dan Jonny Walker (KTM) kelima. Walaupun kompetisi sudah berakhir, namun masih ada cerita menarik dari Erzberg Rodeo 2017. Apa itu mas?

Rupanya pembalap rally ternama dunia, Matthias Walkner, yang kini bernaung di Red Bull KTM Factory Racing Team juga ikut serta dalam Erzberg Rodeo 2017. Menariknya, dia ikut berpartisipasi di Erzberg Rodeo 2017 tidak menggunakan motor enduro seperti 500 peserta lainnya, melainkan pakai motor KTM 450 Rally yang menjadi andalannya di semua balap rally dunia, termasuk Rally Dakar. Kenapa ini menarik? Karena motor rally seperti KTM 450 Rally itu adalah motor berkapasitas 450 cc 4-stroke dengan bobot yang tergolong berat, jauh lebih berat dibandingkan dengan motor-motor enduro yang dipakai oleh peserta lain. Terus penampilan motor ini kalau disandingkan dengan motor enduro juga terlihat aneh. KTM 450 Rally pakai fairing yang menutupi seluruh bagian mesin, front fender rendah, terpasang windshield, ada road book, dan punya kapasitas tangki bahan bakar super besar mencapai lebih dari 30 liter. Padahal track yang dihadapi di Erzberg Rodeo kebanyakan sangat technical dan bukan habitat bagi KTM 450 Rally.

Beruntungnya, sang juara kedua Rally Dakar 2017 ini hanya memeriahkan sesi prologue saja, nggak ikut di main race. Itupun cuma sesi prologue hari pertama (Iron Road Prologue) yang notabene penuh dengan track speed. Apa yang dilakukan oleh Matthias Walkner ini memang terasa aneh. Memang apa motivasi dia ikut prologue Erzberg Rodeo 2017 pakai KTM 450 Rally? Berdasarkan kutipan dari Red Bull, Matthias Walkner memang sejak lama ingin mencoba ikut prologue Erzberg Rodeo menggunakan motor rally. Menurutnya itu akan sangat keren, apalagi kalau mendengar raungan suara mesin KTM 450 Rally miliknya melengking saat digeber di tanjakan-tanjakan super tinggi.

“Aku ingin mencoba prologue dengan motor rally-ku sejak lama. Ini sangat keren, keren banget. Mendengar suara bising dari mesin yang menggema di dinding pertambangan adalah sangat menyenangkan,” kata Matthias Walkner.

Menurut Matthias, nunggang KTM 450 Rally di Erzberg Rodeo adalah sesuatu yang cukup gila. Soalnya di beberapa spot motor ini bisa sangat kencang dan bisa mengalahkan motor-motor enduro yang habitatnya memang di sini. Namun di beberapa titik, KTM 450 Rally terasa lamban lantaran bobotnya yang berat. Misalnya saja di track yang mestinya bisa “speeding”, KTM 450 Rally milik Matthias Walkner cuma bisa menembus kecepatan maksimal 138 km/jam, kalah dari motor-motor enduro yang dipakai peserta lain. Salah satu keunggulan KTM 450 Rally adalah ketika melintasi “high speed cornering”. Di sini Matthias bisa melakukan drifting dengan amat baik dan stabil menggunakan KTM 450 Rally sehingga catatan waktu yang diraih juga sangat cepat. Nggak heran deh walaupun dia boleh dibilang cuma main-main, Matthias Walkner berhasil nongkrong di urutan ketiga rider tercepat di Iron Road Prologue.

Seperti diinformasikan di atas, perjalanan Matthias Walkner di Erzberg Rodeo cuma sampai di Iron Road Prologue saja. Dia nggak ikut di main race. Alasan yang pertama, dia cuma pengen coba-coba ikutan prologue menggunakan KTM 450 Rally. Hal yang sudah dia damba-dambakan sejak lama. Itu adalah hal yang sangat langka dan jarang dilakukan oleh rider lain. Alasan kedua, Matthias Walkner amat sangat sadar motornya nggak akan bisa menaklukkan tanjakan-tanjakan gila dan track dengan tingkat kesulitan yang sangat tinggi khas Erzberg Rodeo. Ini zonanya motor enduro, bukan motor rally. Jadi apa yang dilakukan oleh Matthias Walkner sudah sangat tepat. Lain cerita kalau balapannya di gurun pasir. Motor enduro pasti nggak akan berdaya menghadapi KTM 450 Rally milik Matthias Walkner.

“Ini gila… Di beberapa titik (KTM 450 Rally) jauh lebih kencang, tapi di spot lain tidak. Faktanya di tempat yang benar-benar bisa digeber kecepatan sangat tinggi, motor ini lebih lambat daripada motor enduro. Body yang lebih berat membuat hambatan angin jadi besar. Aku cuma bisa mendapatkan 138 km/jam, tapi saat cornering kamu bisa melakukan drift sangat baik. Prologue adalah akhir perjalananku di Erzberg Rodeo. Aku tahu, aku hanya bisa menaklukkan beberapa tanjakan, sehingga aku memutuskan tidak ikut start (di main race),” kata Matthias Walkner.


Advertisements