• Home »
  • Article »
  • Yamaha YZ450F Model Year 2018 Banyak Perubahan dan Berani Tampil Beda

Yamaha YZ450F Model Year 2018 Banyak Perubahan dan Berani Tampil Beda




Memasuki pertengahan tahun 2017 ini memang banyak banget pabrikan motor yang mulai mengeluarkan produk-produk baru model year 2018, nggak terkecuali pabrikan motor asal Jepang, Yamaha… Belum lama ini Yamaha mengumumkan lineup motor enduro/off road model year 2018. Rupanya pabrikan dengan logo garputala ini juga mengeluarkan motocross YZ450F model year 2018. Konon kabarnya banyak banget ubahan yang dilakukan oleh Yamaha pada YZ450F model year 2018 dibandingkan dengan model sebelumnya. Apa saja ubahannya?

Salah satu hal yang menarik pada YZ450F model year 2018 adalah Yamaha mengeluarkan dua varian warna. Kalau biasanya Yamaha cuma mngeluarkan warna biru, sekarang ada tambahan warna baru, yaitu putih dengan aksen biru muda dan hitam. Warnanya memang agak nggak lazim, tapi paling nggak ini bisa jadi pilihan konsumen yang menginginkan warna YZ450F selain dari biru tua khas Yamaha. Keren yang mana? Itu cuma masalah selera aja sih… Soalnya kebanyakan yang beli motor kayak gini langsung diganti decal-nya sesuai dengan keinginan konsumen itu sendiri.

Kalau melihat sekilas, mungkin banyak yang bakal bilang YZ450F model year 2018 nggak ada bedanya dengan YZ450F model year 2017. Paling-paling beda di bodywork dan model year 2018 sudah menggunakan sistem electric starter. Tapi jika diteliti lebih dalam ternyata bedanya banyak banget. Bahkan hampir seluruh bagian dari komponen motor berbeda. Bagian pertama yang mendapatkan sentuhan dari Yamaha adalah mesin. Mesinnya boleh dibilang baru dengan desain sistem electric starter yang lebih ringkas. Otomatis kick starter yang dulu tersedia pada YZ450F model year 2017 kini menghilang pada YZ450F model year 2018. Nggak ada lagi ruang/tempat untuk kick starter meskipun konsumen ingin memasangnya sendiri. Kemudian mesin ini dilengkapi dengan throttle body buatan Mikuni. Mungkin Yamaha merupakan satu-satunya pabrikan motor motocross ternama yang menggunakan throttle body dari Mikuni, sedangkan pabrikan-pabrikan lainnya lebih memilih menggunakan buatan Keihin. Rasio kompresi mesin pun naik dari 12,5: 1 menjadi 12,7:1 berkat penggunaan piston baru yang lebih tipis 2,3 mm.



Bagian lain yang mendapatkan ubahan adalah frame. Pada dasarnya frame tetap menggunakan model bilateral beam aluminium frame. Tapi pada model year 2018 bentuknya berbeda dibandingkan dengan model year 2017 karena frame yang sekarang lebih sempit yang membuat shroud motor lebih ringkas 16 mm, jok lebih sempit 18 mm, serta radiator baru dan tangki bahan bakar yang lagi-lagi dibuat lebih ringkas. Kalau YZ450F model lawas tangki bahan bakarnya berkapasitas 7,2 liter (paling besar di antara motocross 450 cc), sekarang kapasitas tangki bahan bakar menyusut jadi 6 liter (sama dengan motocross 450 cc lain).

Sayangnya, berbagai ubahan yang dilakukan oleh Yamaha tidak membuat YZ450F model year 2018 bobotnya lebih ringan dibandingkan dengan motor-motor kompetitor. Malah YZ450F model year 2018 adalah motocross 450 cc paling berat. Tanpa bahan bakar, bobot YZ450F itu 108 kg, sama dengan Suzuki RM-Z450, sedangkan bobot Honda CRF450R 106,6 kg, Kawasaki KX450F 104,8 kg, Husqvarna FC 450 102 kg, dan KTM 450 SX-F 101,6 kg. Apakah motor ini bakal masuk Indonesia? Masih belum ada konfirmasi resmi sih bro… Nanti kalau seandainya masuk ke Indonesia ya dipastikan lewat Yamaha CBU Off Road Indonesia (PT El Rhino Global) yang sekarang menjadi distributor resmi motor off road dan motocross Yamaha YZ series.

Advertisements