Yamaha XT250 & TW200 Versi 2018 Dirilis Tanpa Ada Perubahan


Bro sekalian… Di pertengahan tahun 2017 ini Yamaha mulai meluncurkan berbagai lineup motor untuk model year 2018. Mulai dari varian motocross sampai dengan tipe enduro sudah diperkenalkan kepada publik. Kali ini kita membahas mengenai motor dual sport Yamaha model year 2018 yang baru saja dirilis, yaitu Yamaha XT250 dan Yamaha TW200. Apa saja yang berubah pada kedua motor dual sport Yamaha ini?

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tidak ada perubahan signifikan yang terjadi pada XT250. Bahkan kalau boleh dibilang malah nggak ada perubahan sama sekali. XT250 terbaru alias model year 2018 masih tetap identik dengan XT250 lawas. Motor ini datang dengan mesin 249 cc satu silinder, SOHC, 4-stroke, dan berpendingin udara namun sudah menggunakan sistem pembakaran injeksi. Kalau dilihat dengan jeli basis mesinnya identik dengan Scorpio 225 yang pernah dijual oleh Yamaha di Indonesia. Mesin ini kayaknya nggak mendapatkan update. Secara desain juga masih tetap seperti dulu, nggak ada perubahan sama sekali. XT250 tetap terlihat old school dengan mengusung gaya classic seperti pengaplikasian lampu depan bulan, lampu belakang kotak, dan suspensi depan model teleskopik. Salah satu keunggulan motor ini adalah mesinnya sangat sederhana, bandel, dan irit serta memiliki bobot yang ringan dan jok rendah.

Mengikuti jejak XT250, motor dual sport dengan body mungil namun memiliki ban super lebar, TW200 model year 2018, juga nggak mengalami perubahan dibandingkan dengan TW200 model sebelumnya. Dari segi desain nggak perubah bro… Motor ini masih mengandalkan desain jadulnya, lengkap dengan mesin sederhana berkapasitas 196 cc, SOHC, 4-stroke, dan berpendingin udara. Beruntungnya, TW200 memiliki konsumsi bahan bakar yang lumayan irit. Yamaha mengklaim TW200 mampu menempuh jarak sekitar 33 km untuk satu liter bahan bakar. Dan satu hal lagi yang nggak kalah menarik, meskipun punya body mungil, tapi TW200 punya kemampuan off road yang cukup baik serta bisa digunakan secara legal di jalan raya (street legal).

Sayangnya sih keduanya nggak dijual di Indonesia tuh bro… Padahal motor-motor dual sport ini cukup menarik, terutama XT250, yang kalau dipasarkan di Tanah Air kemungkinan besar bisa dijual dengan harga murah. Apalagi diproduksi secara lokal. Pasti harganya bisa membuat motor dual sport seperempat liter jadi idola baru para konsumen di sini. Kenapa? Karena XT250 menggunakan mesin yang sangat sederhana. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pernah memproduksi Scorpio 225 yang mesinnya identik. Bahkan kabarnya YIMM sampai sekarang masih memproduksi mesin ini, baik 225 cc maupun 250 cc, untuk dikirimkan ke berbagai pabrik Yamaha di luar negeri yang masih memproduksi motor-motor seperti XT250, XTZ250, XTZ250 Lander, XTX250 Tenere, Serow, dan lain-lain. Oh ya, di Amerika Serikat XT250 dijual dengan harga US$ 5.199 atau setara dengan Rp 69 jutaan, sedangkan TW200 dibandrol US$ 4.599 atau setara dengan Rp 61 jutaan. Ada yang tertarik beli motor ini viar importir umum? Pasti spare parts-nya nggak ribet deh karena banyak kesamaan dengan Scorpio 225. Tapi ya mesti ditebus dengan harga mahal!

Advertisements