AHM: Market Motor Trail Masih Signifikan, Eksis, dan Potensial




Well… Kawasaki KLX150 yang menjadi satu-satunya pemain motor trail entry level dari brand Jepang sepertinya harus siap-siap mendapatkan pesaing baru nih bro… Kenapa? Sebab Astra Honda Motor (AHM) yang notabene menjadi pabrikan motor nomor satu di Indonesia juga mengincar segmen ini. Sejumlah bocoran mengenai motor trail 150 cc lokal buatan AHM nongol secara bertahap melalui blogger otomotif maupun media otomotif nasional. Bahkan petinggi AHM pun sudah sering memberikan indikasi ke arah sana walaupun nggak benar-benar menjelaskan dengan tegas, melainkan hanya dalam bentuk kode-kode pernyataan.

Nah, yang terbaru Executive Vice President Direktur AHM Pak Johannes Loman memberikan indikasi bahwa AHM memang sedang mempersiapkan motor trail entry level dengan kapasitas mesin 150 cc. Sayangnya Pak Johannes Loman masih cukup irit berbicara mengenai motor trail 150 cc ini. Beliau hanya meminta untuk menunggu tanggal main dari Honda di segmen ini. Jika benar AHM sedang mempersiapkan motor trail 150 cc, maka motor itu akan menjadi rekan yang sempurna buat CRF1000L Africa Twin dan CRF250RALLY yang sudah diluncurkan sejak awal Februari 2017 yang lalu bro!

“Belum tahu kapannya, tunggu saja tanggal mainnya ya,” ungkap Pak Johannes Loman, dilansir oleh Dapurpacu.com (15/6/2017).

“Tunggu tanggal mainnya, saya susah ngomongnya. Kayaknya sudah tahu semua, nanti deh,” dalam pernyataan lain Pak Johannes Loman yang dilansir oleh detikOto (19/6/2017).



Walaupun Pak Johannes Loman sudah memberikan kode-kode keras mengenai motor trail 150 cc lokal buatan AHM, namun Direktur Pemasaran AHM Pak Thomas Wijaya enggan menanggapi pernyataan Pak Johannes Loman. Kayaknya sih Pak Thomas nggak mau keceplosan deh… Pak Thomas cuma menjawab secara diplomatis dengan bilang bahwa market motor trail masih ada, masih cukup signifikan, dan masih potensial untuk digarap. IMHO ini lagi-lagi kode keras dari AHM bro mengenai kehadiran motor trail 150 cc meskipun jawabannya memang masih mengambang.

“Kalau dilihat pasarnya sih masih cukup signifikan, eksis dan masih potensial ya,” ujar Pak Thomas, dikutip dari Dapurpacu.com (15/6/2017).

Para petinggi AHM boleh saja masih berusaha kucing-kucingan dengan para blogger dan media otomotif. Namun dari sejumlah bocoran yang muncul, indikasinya sangat kuat AHM benar-benar serius menggarap pasar motor trail 150 cc. Bocoran pertama, motor trail 150 cc buatan AHM memiliki kode project K84A. Kedua, motor ini menggunakan basis mesin MegaPro FI, namun settingan piston, kompresi, pengapian berbeda agar mendapatkan torsi yang lebih maksimal khas motor trail. Ketiga, motor trail 150 cc dari AHM bakal mengusung nama CRF150 dan desainnya mirip seperti CRF230. Keempat, trail ini menggunakan suspensip depan upside down dan suspensi belakang mono shock lengkap dengan mekanisme Pro-Link. Kelima, CRF150 lokal mengaplikasikan rim yang terbuat dari bahan aluminium dengan ring 18-21 inch lengkap dengan ban dual purpose. Keenam, motor tersebut menggunakan speedometer full digital yang identik dengan milik BeAT Street. Ketujuh, rem CRF150 lokal buatan AHM sudah menggunakan model cakram depan-belakang. Terakhir, CRF150 lokal sudah melewati fase Pra-Produksi 1 (PP1), Pra-Produksi 2 (PP2), dan kabar terakhir menyebutkan para vendor sudah mulai memproduksi komponen-komponen dalam jumlah yang masif! Bukan menjadi hal yang mustahil CRF150 diluncurkan dalam waktu dekat…

Advertisements