• Home »
  • Article »
  • Melihat Fitur Viar Vortex 250 – Lumayan Komplit & Siap Menjelajah!

Melihat Fitur Viar Vortex 250 – Lumayan Komplit & Siap Menjelajah!




Di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2017, PT Triangle Motorindo selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Viar Motor Indonesia akhirnya mamamerkan kepada publik sosok motor adventure 250 cc versi produksi massal bernama Viar Vortex 250, berselang satu tahun dari perkenalan versi prototipe di JFK 2016. Asyiknya, walaupun produk belum benar-benar resmi diluncurkan, namun Viar sudah bisa menerima indent jika konsumen ingin meminang motor tersebut. Soalnya peluncuran secara resmi baru akan dilakukan pada Juli 2017. Viar menawarkan Vortex 250 dengan bandrol harga Rp 44.650.000 on the road Jakarta, tersedia dalam dua varian warna yaitu silver dan merah. Harga itu sudah termasuk sepasang panniers box dan top box standar yang terbuat dari bahan plastik. Kalau konsumen menginingkan sepasang panniers box dan top box dengan kualitas lebih bagus, branded, dan terbuat dari bahan aluminium, maka perlu menambah budget sekitar Rp 6-7 juta.

Meskipun sosoknya sudah diperkenalkan kepada publik, namun Viar belum membuka spesifikasi mesin Vortex 250 nih bro… Tapi berdasarkan sejumlah bocoran yang didapatkan oleh Adventuriderz.com dari sumber internal, Vortex 250 menggunakan basis mesin yang sama dengan motor trail Cross X 250 EC/ES. Mesin 249 cc, SOHC, 4-stroke, berpendingin cairan dan sistem pembakaran karburator itu diperkirakan bisa mengeluarkan tenaga sebesar 25 HP dan torsi 23 Nm. Tentu saja settingan mesin dibikin berbeda karena Vortex 250 adalah motor penjelajah yang umumnya dipakai untuk touring jarak jauh. Jadi gear ratio mestinya dibikin lebih longgar, nggak rapat-rapat layaknya motor trail off road tulen macam Cross X 250 EC/ES.

Terus gimana dengan fitur-fitur yang dimiliki oleh Vortex 250? Rupanya Viar cukup sadar kalau motor ini merupakan motor petualang yang biasa dipakai touring dan bisa sedikit bermain-main di medan adventure. Nggak heran kalau sejumlah fitur pendukung diberikan untuk memberikan rasa nyaman kepada rider ketika menggunakan motor untuk berpetualang. Berikut ini Adventuriderz.com jabarkan beberapa fitur yang dimiliki oleh Vortex 250 dari OTOMOTIFNET… Soalnya Adventuriderz.com memang belum bisa melihat langsung sosok Vortex 250 ini bro… Hehehe…

  • Mengusung desain khas motor adventure dengan headlight yang keren lengkap dengan windshield dan front fender paruh burung yang berada tepat di bawah headlight.
  • Suspensi depan upside down dan suspensi belakang mono shock dengan linkage.
  • Pakai velg jari-jari dengan ring 17 inch di roda belakang dan 18 inch di roda depan. Memang agak janggal dan nggak lazim ukuran ban seperti ini untuk motor adventure. Tapi setidaknya masih lebih baik ketimbang versi prototipe yang menggunakan velg ring 15-18 inch. Padahal bakal lebih baik kalau pakai velg 17-19 inch.
  • Headlight menggunakan lampu projector dan semua lampu sein pakai LED.
  • Ada fitur lampu hazard dan pass beam.
  • Socket power DC 12 volt – 5 ampere dan socket USB yang sangat berguna untuk melakukan charging gadget seperti HP/GPS dalam perjalanan. Nggak perlu lagi khawatir kehabisan baterai gadget ketika riding.
  • Speedometer digital dengan tachometer analog.
  • Bagian bawah mesin sudah dilindungi dengan bash plate.
  • Ada mud guard di roda belakang untuk melindungi rider dari cipratan air dan lumpur.
  • Terdapat crash bar untuk melindungi body motor maupun radiator ketika terjadi crash.
  • Dijual satu paket dengan box. Untuk box ini konsumen bisa memilih antara bahan plastik atau aluminium, tentu dengan harga yang berbeda.

Gimana bro, apakah fitur-fitur yang dimiliki Vortex 250 sudah cukup mewakili sebagai motor penjelajah?



Credit photo: Agus Salim/OTOMOTIFNET

Advertisements