• Home »
  • Article »
  • 40 Rider Berpetualang dari Oslo ke Nordkapp dengan Honda Africa Twin

40 Rider Berpetualang dari Oslo ke Nordkapp dengan Honda Africa Twin




Bro sekalian… Sebanyak 40 rider yang terdiri dari blogger, jurnalis, dan internal perusahaan diajak oleh Honda mengikuti event petualang yang bernama Adventure Roads Nordkapp 2017. Mereka ini melakukan perjalanan dari Oslo menuju Nordkapp (North Cape) – Norwegia menggunakan motor adventure Honda CRF1000L Africa Twin. Boleh dibilang event ini digelar untuk merayakan kelahiran kembali Africa Twin yang sudah dilakukan oleh Honda sejak tahun 2015/2016 lalu. Apalagi New Africa Twin yang sekarang mengusung mesin 998 cc parallel-twin penjualannya sangat sukses di Eropa.

Perjalanan 40 rider menjelajah Oslo sampai Nordkapp rencananya berlangsung dari 26 Juni 2017 hingga 3 Juli 2017 dengan jarak sekitar 3.500 km. Indonesia kayaknya kebagian satu perwakilan yang ikut dalam event ini. Kalau nggak salah Mas Aan, jurnalis OTOMOTIF. FYI aja nih bro, Nordkapp disebut-sebut sebagai titik paling utara di Benua Eropa dengan pemandangan yang luar biasa keren. Walaupun kabarnya julukan itu nggak sepenuhnya benar. Soalnya titik paling utara di Mainland Eropa yang sebenarnya adalah Cape Nordkinn (Kinnarodden). Tapi nggak masalah deh… Pegunungan yang diselimuti oleh salju bakal menjadi pemandangan spektakuler yang bisa dilihat oleh para rider yang ikut dalam event Adventure Roads Nordkapp. Buat para rider yang sudah terbisa tinggal di negara empat musim mungkin bukan menjadi hambatan. Namun, buat rider yang biasa hidup di negara dua musim jelas menjadi tantangan berat menaklukkan Nordkapp. Kenapa? Karena suhu udara di sana umumnya berkisar 6°C!! Riding menggunakan motor dengan udara sedingin itu tentunya bukan perkara mudah!!

Dalam event Adventure Roads Nordkapp 2017 itu Honda juga menghadirkan tamu spesial yang notabene rider Honda Racing Corporation (HRC), yaitu Paulo Goncalves (Juara Cross-Country World Rallies Championship 2013) dan Kevin Benavides (Runner-Up Rally Dakar 2015). Yups… Kedua pembalap rally yang terbiasa nunggang Honda CRF450 Rally di ajang balap itu bakal menemani rombongan rider selama delapan hari yang terbagi dalam delapan stage. Pastinya itu jadi pengalaman yang sangat sulit dilupakan buat peserta karena bisa riding di tempat yang nggak biasa dengan jagoan-jagoan rally HRC… Wuaaah… Jossss!! Mengenai info lengkap tentang Adventure Roads Nordkapp 2017 bisa bro lihat di official web page di sini.



Info aja nih bro… Dulu Honda punya motor adventure bernama XRV750 Africa Twin yang dijual pada tahun 1989-2003. Motor adventure yang menggunakan mesin v-twin itu memiliki kemampuan off road yang sangat baik, terutama ketika dipakai di gurun pasir. Kemudian setelah lebih dari 10 tahun berselang, pada tahun 2015/2016 Honda kembali menghidupkan Africa Twin. Menariknya, Honda tidak lagi menggunakan mesin v-twin pada Africa Twin terbaru, melainkan menggunakan mesin dengan konfigurasi parallel-twin. Kapasitas mesin pun melonjak menjadi 998 cc. Tapi nggak perlu khawatir bro… Soalnya mesin Africa Twin terbaru yang mampu mengeluarkan tenaga 94 HP/7.500 rpm dan torsi 98 Nm/6.000 rpm itu juga ganas ketika dipakai di medan off road. Apalagi motor ini menggabungkan gearbox 6-percepatan dengan sistem DCT (Dual Clutch Transmission) yang memungkinkan pengoperasian gigi dilakukan secara otomatis dan sangat pintar oleh sistem.

Beruntungnya lagi, CRF1000L Africa Twin sudah dijual secara resmi di Indonesia sejak Februari 2017. Ada dua varian CRF1000L Africa Twin yang dimasukkan oleh Astra Honda Motor (AHM) ke Tanah Air. Pertama adalah CRF1000L Africa Twin Manual ABS dengan bandrol harga Rp 464.125.000 on the road, sedangkan varian yang kedua adalah CRF1000L Africa Twin DCT ABS yang dijual dengan harga Rp 499.125.000 on the road. CRF1000L Africa Twin bisa dibeli melalui jaringan dealer Honda Big Wing yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Untuk bro yang berada di wilayah Jawa Timur bisa membelinya lewat dealer Honda Big Wing MPM Simpang Dukuh yang berada di Jalan Simpang Dukuh No. 42-44, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Photo credit: Honda Adventure Roads Nordkapp 2017

Advertisements