• Home »
  • Article »
  • Perjalanan Panjang Mesin 2-Stroke Husky Hingga Pakai Sistem Injeksi

Perjalanan Panjang Mesin 2-Stroke Husky Hingga Pakai Sistem Injeksi




Terhitung mulai pertengahan Mei 2017, KTM menjadi pabrikan motor pertama di dunia yang menggunakan sistem pembakaran injeksi pada motor enduro 2-stroke. Sistem injeksi pada mesin 2-stroke KTM itu dikembangkan bersama dengan Synerject dan kemudian diberi nama Transfer Port Injection (TPI). Sebagai bagian dari KTM Group, Husqvarna Motorcycles, juga ikut meluncurkan motor enduro 2-stroke, yaitu Husky TE 250i dan Husky TE 300i. Kedua motor ini menggunakan sistem injeksi yang sama dengan milik KTM. Peluncuran Husky TE 250i dan Husky TE 300i dilakukan pada 30 Mei 2017 atau tepat dua minggu setelah peluncuran KTM 250/300 TPI. Artinya, Husky menjadi pabrikan motor kedua di dunia yang menggunakan sistem injeksi pada motor enduro 2-stroke.

Salah satu alasan KTM Group, termasuk Husky, mengembangkan sistem pembakaran injeksi pada mesin motor enduro 2-stroke adalah agar motor comply dengan standar regulasi emisi Euro 4 yang sudah diterapkan di Eropa sejak awal tahun 2017. Walaupun motor lebih banyak digunakan bermain di medan off road, namun dengan comply Euro 4 maka motor enduro 2-stroke juga bisa dipakai di jalan raya menjadi motor street legal off road. Jelas banyak banget keunggulan menggunakan sistem injeksi. Selain emisi gas buang yang lebih bersih, penggunaan sistem pembakaran injeksi pada mesin 2-stroke membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat 30-40 persen, rider nggak perlu lagi melakukan premix bensin dan oli samping ketika melakukan pengisian bahan bakar karena pencampuran bensin dan oli samping dilakukan secara otomatis, performa mesin injeksi masih sama ganasnya dengan mesin karbu, motor mudah dihidupkan tanpa perlu menekan tuas choke di pagi hari saat kondisi udara dingin, dan masih banyak lagi keunggulan lain.



Nah… Boleh dibilang Husky merupakan salah satu pabrikan motor yang punya sejarah panjang dengan mesin 2-stroke. Malah era mesin 2-stroke Husky sudah dimulai sejak awal 1930-an. Saat itu mesin 2-stroke Husky memang cuma dipasang pada sepeda. Namun karena menyadari potensi mesin 2-stroke, Husky kemudian mengembangkan mesin yang kapasitasnya lebih besar untuk dipasang pada sepeda motor. Maklum bro, mesin 2-stroke dikenal punya bobot yang sangat ringan, lebih ringan ketimbang mesin 4-stroke, dan power mesin 2-stroke itu gede! Dalam perjalanannya, Husky terus aktif mengembangkan motor trail 2-stroke, termasuk motor enduro 2-stroke 250 cc hingga 396 cc. Ternyata langkah ini menuai sukses besar. Husky kerap menjuarai kompetisi enduro dan motocross yang digelar masa lalu.

Berganti kepemilikan beberapa kali tidak membuat Husky menghentikan produksi motor bermesin 2-stroke. Saat berada di bawah kepemilikan BMW, Husky tetap memproduksi motor enduro 2-stroke dari klan WR series. Lalu Husky berpindah kepemilikan ke KTM Group pada tahun 2013 sampai dengan sekarang. Mengikuti induknya, markas Husky pindah ke Matthigofen, Austria. Motor enduro 2-stroke pun masih tetap diproduksi dan dikembangkan jauh lebih advance ketimbang era lama. Namanya aja yang berubah jadi TE series. Di era KTM Group ini eksistensi Husky makin kuat. Dengan dukungan penuh dari KTM, baik dari sisi teknologi, pengembangan produk, jaringan penjualan, dan finansial, penjualan motor Husky bisa melesat sangat tajam dari tahun ke tahun. Malah terhitung mulai tahun 2017 ini Husky sudah memiliki motor enduro 2-stroke injeksi – Husky TE 250i dan Husky TE 300i, menandai era baru bagi motor enduro 2-stroke. Penasaran dengan sejarah panjang motor 2-stroke Husky? Bro bisa simak video berikut ini deh!


Advertisements