• Home »
  • Article »
  • FAQ Tentang Motor Enduro 2-Stroke dengan Sistem Injeksi – KTM TPI

FAQ Tentang Motor Enduro 2-Stroke dengan Sistem Injeksi – KTM TPI




KTM akhirnya resmi menjadi pabrikan motor pertama di dunia yang mengeluarkan motor enduro 2-stroke dengan sistem pembakaran injeksi. Peluncuran itu dilakukan pada 15 Mei 2017 yang lalu dengan total tiga varian yang dikeluarkan, yaitu KTM 250 EXC TPI, KTM 300 EXC TPI, dan KTM 250 XC-W TPI. Penamaan TPI pada ketiga varian motor itu mengacu pada “Transfer Port Protocol”, sebuah sistem injeksi canggih yang dikembangkan oleh KTM bersama Synerject khusus untuk mesin 2-stroke.

KTM sendiri mengklaim bahwa penggunaan sistem injeksi pada motor enduro 2-stroke miliknya nggak membuat performa motor menjadi drop. Performanya masih sama seperti motor enduro 2-stroke dengan sistem pembakaran karburator. Malah pada motor yang menggunakan sistem injeksi memiliki berbagai keunggulan seperti konsumsi bahan bakar yang lebih hemat, emisi gas buang lebih rendah, tidak perlu melakukan premix bensin dan oli samping ketika melakukan pengisian bahan bakar, tidak perlu menekan tuas choke saat menghidupkan motor di pagi hari, performa nggak anjlok walaupun digunakan di dataran tinggi dengan berbagai kondisi suhu udara, dan masih banyak lagi keunggulan lainnya. Mungkin bro sekalian masih cukup banyak pertanyaan mengenai KTM TPI ini. Berikut ini Adventuriderz.com jabarkan berbagai pertanyaan yang paling sering ditanyakan (frequently ask question/FAQ) beserta dengan jawabannya mengenai KTM TPI!

BERAPA LAMA WAKTU YANG DIBUTUHKAN KTM DALAM MENGEMBANGKAN MESIN 2-STROKE INJEKSI?



  • KTM telah bekerja dan mengembangkan mesin 2-stroke dengan sistem pembakaran injeksi selama 10 tahun. Jadi pengembangan bukan dilakukan dalam waktu dua atau tiga tahun belakangan, melainkan sudah sangat lama.

MESIN 2-STROKE DIKENAL MUDAH DALAM HAL PERAWATAN. APAKAH PADA KTM TPI LEBIH SULIT SAAT MENGGANTI SILINDER ATAU PISTON?

  • Salah satu tantangan yang dihadapi oleh KTM dalam mengembangkan KTM TPI adalah mencari posisi yang tepat untuk injector, tetapi desain bagian dalam mesin secara umum nggak mengalami perubahan. Artinya, mesin KTM TPI tetap sederhana dan mudah dalam perawatan. Untuk mengganti piston misalnya, masih tetap mudah seperti pada versi karburator.

KENAPA KTM TIDAK MENGGUNAKAN SISTEM DIRECT INJECTION?

  • Pada awalnya KTM juga sempat melakukan riset menggunakan sistem direct injection. Akan tetapi sistem direct injection dianggap terlalu kompleks, menurunkan performa mesin secara signifikan dibandingkan dengan sistem karbu, dan membuat mesin kekurangan asupan oli samping. Oleh karena itu, KTM lebih fokus mengembangan sistem TPI, di mana pada sistem itu terpasang dua buah injector di dalam transfer port. Sistem ini dianggap paling baik karena karakter mesin nggak jauh berbeda dibandingkan dengan sistem karbu.

APAKAH ADA PERBEDAAN INTERVAL SERVIS ANTARA MESIN INJEKSI DAN KARBU?

  • Tidak… KTM memastikan tidak ada perbedaan interval servis antara motor enduro 2-stroke injeksi dan versi karbu. Masih sama persis!

BAGAIMANA MENGENAI RISIKO KERUSAKAN? DENGAN SISTEM TPI KEMUNGKINAN TERJADI KERUSAKAN SEMAKIN TINGGI?

  • KTM sangat menyadari dengan menggunakan sistem injeksi maka mesin akan lebih kompleks dan perlu pemasangan lebih banyak komponen, seperti pompa bahan bakar (fuel pump), pompa oli (oil pump), injector, sensor, dan berbagai komponen lain yang nggak diperlukan pada mesin karbu. Akan tetapi, KTM sudah melakukan pengetesan berbagai sistem ini pada kondisi yang paling ekstrem sekalipun dan nggak terjadi masalah. Menariknya, berbagai komponen yang terpasang pada KTM TPI itu sama dengan milik motor enduro 4-stroke KTM yang sudah sangat terbukti battle proven.

BISAKAH MESIN DI-MAPPING ULANG UNTUK MENAMBAH POWER? DAN BAGAIMANA MENGENAI TRACTION CONTROL? APAKAH TERSEDIA DI KTM TPI?

  • Pada KTM TPI sudah ada dua pilihan engine mapping yang sudah terprogram di dalam motor. Artinya, pengguna nggak memungkinkan untuk melakukan mapping ulang pada mesin. Apalagi memasang custom engine mapping. Yang bisa dilakukan hanyalah memilih dua opsi engine mapping (softer & traction). Cara mengaktifkannya adalah dengan melakukan disconnecting kabel mapping yang berada di belakang headlight. Itu untuk KTM TPI standar ya… Kalau pada KTM TPI Six Days sudah ada tombol engine mapping selector. Part yang satu ini juga bisa dibeli secara terpisah di katalog KTM PowerParts dan bisa dipasang di KTM TPI standar. Kemudian mengenai traction control, dipastikan tidak tersedia di KTM TPI. Kemungkinan traction control pada motor enduro 2-stroke KTM baru tersedia tiga tahun mendatang.

MODEL APA SAJA YANG MENDAPATKAN TPI?

  • Cuma ada tiga varian, yaitu KTM 250 EXC TPI, KTM 300 EXC TPI, dan KTM 250 XC-W TPI. Khusus untuk KTM 250 XC-W TPI itu kabarnya dijual dalam jumlah terbatas dan lebih difokuskan untuk market Amerika Serikat.

APAKAH VERSI KARBU TETAP DIPRODUKSI?

  • Buat penggemar motor karbu nggak perlu khawatir karena KTM masih tetap memproduksinya dan dijual secara berdampingan dengan versi injeksi. Namun, varian karbu itu dijual untuk market negara-negara tertentu dalam jumlah yang terbatas.

APAKAH KTM 250 SX JUGA BAKAL DIPASANGI SISTEM TPI?

  • Sampai saat ini KTM hanya memasang sistem TPI untuk motor enduro 2-stroke, sedangkan pada motor motocross 2-stroke belum ada rencana dipasangi sistem yang sama. Pemasangan sistem TPI pada motor enduro 2-stroke bertujuan agar motor itu lolos regulasi emisi Euro 4 dan bisa diregistrasikan sebagai motor street legal. Bisa dipastikan KTM 250 SX yang notabene bergenre motocross tetap menggunakan sistem karbu.

MUNGKINKAH MESIN 2-STROKE INJEKSI KTM DIAPLIKASIKAN DI STREET BIKE DI MASA DEPAN?

  • Untuk street bike atau motor jalan raya, KTM sekarang masih tetap fokus dengan mesin 4-stroke injeksi. Belum ada rencana KTM memproduksi street bike menggunakan mesin 2-stroke injeksi, setidaknya dalam waktu dekat. Mesin KTM TPI hanya dikembangkan untuk tujuan off road. Mesin street bike tentu memiliki skenario yang berbeda.

APAKAH KTM TPI BISA DIHOMOLOGASIKAN SEBAGAI MOTOR STREET LEGAL?

  • Bisa… Tujuan KTM membangun sistem TPI pada motor enduro 2-stroke memang agar comply dengan regulasi emisi Euro 4. Ujung-ujungnya ya agar motor tetap bisa diregistrasikan sebagai kendaraan street legal dan bisa dipakai di jalan raya, baik itu di Eropa, Amerika Serikat, Asia, dan Australia.

BAGAIMANA BIAYA KTM TPI – DALAM HAL HARGA VS BOBOTNYA?

  • KTM TPI bisa dipastikan memiliki bobot yang lebih berat ketimbang versi karbu. Beda bobotnya bisa mencapai 2,5 kg sampai dengan 3 kg. Kenapa kok lebih berat? Soalnya KTM TPI menggendong komponen yang lebih banyak seperti fuel pump, oil pump, oil tank, dan berbagai sensor maupun sistem electric. Komponen yang lebih banyak ini nggak cuma membuat bobot KTM TPI lebih berat, tapi juga membuat harganya jadi lebih mahal. Kabarnya di Eropa KTM TPI dijual EUR 450-500 lebih mahal daripada versi karbu. Di negara lain, contohnya Australia, KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI harganya lebih mahal AUD 1.000 ketimbang KTM 250 EXC dan KTM 300 EXC (karbu). Kenaikan harganya nggak terlalu drastis sebenarnya. Kita tunggu saja harga KTM TPI di Indonesia saat sudah diluncurkan nanti.

BERAPA PENGHEMATAN BAHAN BAKAR PADA KTM TPI?

  • Tergantung dari riding style dan kondisi lintasan yang dilalui, umumnya KTM TPI memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih hemat 30-40 persen ketimbang varian karbu.

BERAPA RATIO PERBANDINGAN ANTARA BAHAN BAKAR DAN OLI PADA KTM TPI?

  • Pada KTM TPI, oli disuplai oleh oil pump yang menyemburkan oli sesuai dengan kebutuhan mesin. Rata-rata KTM TPI memiliki ratio 80:1 yang berarti 1 liter oli bisa dipakai untuk mencampurkan 80 liter bahan bakar. Pada versi karbu ratio-nya adalah 60:1, plus pengguna harus melakukan pencampuran oli dan bahan bakar secara manual.

BERAPA KAPASITAS TANGKI OLI SAMPING KTM TPI?

  • KTM TPI memiliki tangki oli (oil tank) dengan kapasitas 700 ml. KTM mengklaim oil tank yang diisi penuh bakal habis saat motor sudah melakukan pengisian bahan bakar sebanyak lima kali.

APAKAH KTM TPI BUTUH OLI DENGAN SPESIFIKASI KHUSUS?

  • Tidak… KTM bermitra dengan MOTOREX sebagai KTM Genuine Oil. Oli yang dipakai pada KTM TPI masih sama seperti versi karbu, menggunakan oli khusus mesin 2-stroke. Orang Indonesia biasa menyebutnya dengan oli samping. Direkomendasikan pakai¬†MOTOREX Cross Power 2T.

APAKAH KTM TPI BISA BEROPERASI JIKA PENGGUNA MENGISI BAHAN BAKAR DENGAN SISTEM PREMIX SEPERTI VERSI KARBU?

  • Tidak bisa!! Pengguna KTM TPI wajib mengisi bensin pada fuel tank dan mengisi oli pada oil tank secara terpisah. Nekat melakukan premix dengan mencampurkan bensin dan oli secara langsung justru bisa membuat mesin rusak akibat bearing crankshaft tidak terlumasi dengan sempurna.

APAKAH ASAP YANG KELUAR DARI KTM TPI LEBIH SEDIKIT DARIPADA VERSI KARBU?

  • Jelas iya… Selain mengurangi konsumsi bahan bakar, sistem TPI membuat motor lebih bersahabat terhadap lingkungan. KTM mengklaim asap yang dikeluarkan oleh KTM TPI lebih rendah 50 persen ketimbang versi karbu.

BERAPA KAPASITAS TANGKI BAHAN BAKAR KTM TPI?

  • Kapasitas tangki bahan bakar KTM TPI berkurang jadi hanya 9 liter. Namun karena motor ini lebih hemat bahan bakar, jadi jarak tempuh yang bisa didapatkan justru lebih jauh ketimbang versi karbu.

KAPAN FACTORY TEAM KTM MEMBALAP DENGAN KTM TPI?

  • Saat launching KTM TPI bulan Mei 2017 yang lalu pabrikan motor asal Austria ini mengatakan bahwa KTM Factory Racing bakal berkompetisi di ajang hard enduro menggunakan KTM TPI tidak lama setelah peluncuran. Sayangnya saat ada kompetisi Red Bull Hare Scramble (Erzberg Rodeo) 2017 di Austria kemarin masih belum ada pembalap KTM Factory Racing yang menggunakan KTM TPI. Alfredo Gomez, Cody Webb, dan Jonny Walker masih menggunakan KTM 300 EXC versi karbu, bukan KTM 300 EXC TPI. Terpantau Travis Teasdale yang sudah menggunakan KTM TPI di Erzberg Rodeo 2017. Tapi dia bukan pembalap factory KTM.

SIAPA YANG BERPERAN DALAM PENGEMBANGAN KTM TPI?

  • Pembalap yang berperan dalam pengembangan KTM TPI bukanlah Alfredo Gomez, Jonny Walker, atau Cody Webb yang kerap mengisi podium bahkan juara di kompetisi hard enduro. Justru yang lebih banyak berperan adalah Lars Enockl dan Andreas Lettenbichler. Keduanya adalah test rider utama KTM TPI dan pernah terjun di kompetisi Roof of Africa 2016 dalam rangka pengetesan KTM TPI. Alasan mengetes KTM TPI di Roof of Africa 2016 karena wilayah itu boleh dibilang sangat ekstrem dan menantang dalam hal perubahan ketinggian dan suhu udara.

APAKAH KTM 125 XC-W DAN KTM 150 XC-W BAKAL DIPASANGI SISTEM TPI DI MASA DEPAN?

  • Untuk motor enduro 2-stroke, selain punya KTM 250 EXC dan KTM 300 EXC, KTM juga punya varian yang lebih kecil, yaitu KTM 125 XC-W dan KTM 150 XC-W. Sayangnya sampai sekarang KTM belum bisa memberikan konfirmasi apakah KTM 125 XC-W dan KTM 150 XC-W juga akan dipasangi sistem TPI atau tidak. Yang jelas untuk sementara waktu baru versi 250 dan 300 yang mendapatkan sistem TPI.

KAPAN KTM TPI TERSEDIA DI PASARAN?

  • Di wilayah Eropa, KTM TPI tersedia di dealer-dealer KTM mulai bulan Juli 2017. Kemungkinan produk itu baru nongol di Indonesia menjelang akhir tahun 2017 atau malah di awal tahun 2018.

Advertisements