• Home »
  • Article »
  • Suzuki RM-Z450 Model Year 2018 – Power Lebih Bengis, Bobot Diet Ketat

Suzuki RM-Z450 Model Year 2018 – Power Lebih Bengis, Bobot Diet Ketat


Selain mengeluarkan motor dual sport DR-Z400E model year 2018 untuk market Australia, Suzuki juga mengumumkan motor dengan genre motocross RM-Z450 model year 2018 yang menyasar pasar global. Boleh dibilang RM-Z450 model year 2018 ini memiliki perbedaan yang sangat signifikan ketimbang RM-Z450 generasi sebelumnya. RM-Z450 terbaru menggunakan frame yang benar-benar baru semuanya, suspensi belakang Showa ‘Balance Free’, mendapatkan update di sektor mesin ditambah peningkatan holeshot assist, ada traction management, dan penampilan yang fresh!

Ngomongin soal frame… Frame baru pada RM-Z450 model year 2018 punya bobot yang lebih ringan 700 gram daripada frame model sebelumnya. Kemudian swing arm baru memiliki bobot yang lebih ringan 100 gram, membuat handling secara keseluruhan menjadi lebih baik. Perbaikan rupanya nggak cuma itu saja bro… Soalnya RM-Z450 terbaru memakai sub-frame baru dengan struktur hexagonal lebih kuat. Implikasinya adalah desain motor menjadi lebih ringkas dan memudahkan pengguna dalam mengakses filter udara.

Selanjutnya, suspensi belakang RM-Z450 mengandalkan mono shock premium Showa Balance Free. Kenapa kok mono shock ini begitu istimewa? Karena menggunakan external damping circuit yang berfungsi untuk menghindari berbagai macam variasi keseimbangan tekanan, memperlancar aliran oli suspensi, mengontrol penyerapan getaran, dan meningkatan traksi ban. Di sisi lain suspensi depan masih mengandalkan suspensi upside down buatan Showa. Bedanya dengan versi terdahulu adalah pada RM-Z450 model year 2018 adalah kedua sisi suspensi upside down memakai coil spring menggantikan air forks yang cukup menjanjikan pada tahun-tahun sebelumnya. Diameter tabung suspensi depan ini pun menggelembung dari 58,5 mm menjadi 59,3 mm.

Nah, sepertinya Suzuki sengaja melakukan diet ketat pada RM-Z450 model year 2018. Selain mengurangi bobot pada frame dan swing arm, pengurangan bobot juga dilakukan di sektor tangki bahan bakar. Dulu tangki bahan bakar terbuat dari bahan aluminium, tapi sekarang terbuat dari bahan resin yang bobotnya berkurang 275 gram dengan kapasitas tangki mengalami peningkatan dari 6,2 liter menjadi 6,3 liter. Pengurangan bobot 70 gram didapatkan dari rim baru depan-belakang, 34 gram dari top yoke baru, 30 gram dengan chain guide baru, dan 246 gram yang berasal dari jok baru. Secara overall, RM-Z450 terbaru memang punya bobot yang lebih ringan!!

Beralih ke sektor mesin… Suzuki mengklaim bahwa RM-Z450 model year 2018 punya peak power yang lebih besar, torsi yang lebih besar pada rpm rendah sampai menengah, dan punya respon gas yang lebih baik ketimbang model sebelumnya. Tenaga yang lebih besar ini didapatkan dari pengaplikasian porting baru yang lebih smooth di bagian cylinder head dan penggunaan filter udara yang lebih besar 30 persen. Kemudian respon gas mengalami peningkatan berkat pemasangan fuel pump baru yang mampu meningkatkan tekanan bahan bakar hingga 17 persen dan membuat pencampuran udara dengan bahan bakar menjadi lebih efektif. Penggunaan injector baru dan throttle body baru juga berperan membuat respon gas menjadi lebih baik.

Sebagai motor balap motocross versi produksi massal, RM-Z450 terbaru sudah dilengkapi dengan sistem elektronik yang canggih. Nggak percaya? Motor ini sudah menggunakan sistem holeshot assist terbaru dari Suzuki yang menawarkan dua pilihan mode, tergantung dari kondisi track yang dilalui saat balapan. Mode-A biasanya dipakai untuk lintasan keras atau kondisi yang licin sehingga elektronik memerintahkan sistem pengapian untuk memberikan launch yang smooth, sedangkan Mode-B lebih condong digunakan di lintasan dengan grip yang bagus. Cara pengoperasiannya cukup mudah karena sudah ada tombol yang berada di handlebar untuk mengatur holeshot assist atau launch control ini. Sistem elektronik lain yang terpasang pada RM-Z450 model year 2018 adalah traction management system yang membuat traksi roda ke tanah menjadi lebih baik.

Kabarnya RM-Z450 model year 2018 baru akan tersedia di berbagai showroom Suzuki di pasar global menjelang akhir tahun 2017 nanti bro… Buat bro yang tertarik beli RM-Z450 terbaru untuk dipakai di ajang balap motocross, mendingan kontak importir umum terdekat deh. Pasalnya Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang menjadi ATPM Suzuki di Indonesia nggak menjual varian motor trail, termasuk RM-Z450. Mengenai harga jelas masih buram. Tapi bisa dipastikan berada di atas Rp 100 juta. Mungkin Rp 120-130 juta jadi harga yang cukup pantas dan ideal buat motor keren ini. Tertarik?

Advertisements