• Home »
  • Article »
  • Dites di Mesin Dyno, Power Vortex 250 Tembus 27,6 HP & Torsi 24,7 Nm!

Dites di Mesin Dyno, Power Vortex 250 Tembus 27,6 HP & Torsi 24,7 Nm!


Bro sekalian… Motor adventure seperempat liter Viar Vortex 250 sudah sampai di Jawa Timur, tepatnya di showroom Viar SR Motor Magersari – Sidoarjo. Nggak perlu menunggu lama, para pentolan Viar SR Motor bersama dengan Viar Motor Indonesia Jawa Timur langsung menggelandang Vortex 250 ke atas mesin dynamometer (dyno) agar bisa diketahui power dan torsi mesin secara real di ban. Kenapa? Karena sudah sangat lazim pabrikan motor mengukur power dan torsi mesin di crank, sehingga ada loss power ketika mencapai ban. Namun dalam pengetesan Vortex 250 yang dilakukan oleh Viar SR Motor ini mendapatkan hasil yang cukup mengejutkan. Memang gimana mas?

Berdasarkan spesifikasi yang Adventuriderz.com dapatkan, Vortex 250 diklaim oleh Viar mampu mengeluarkan power sebesar 18,5 kW atau setara dengan 24,8 HP di putaran mesin 9.000 rpm, sedangkan torsi maksimal besar spesifikasi adalah sebesar 22,5 Nm di putaran mesin 7.000 rpm. Satu hal yang cukup mengejutkan, ketika motor diboyong di atas mesin dyno, rupanya power dan torsi yang didapatkan malah lebih tinggi dibandingkan dengan angka klaim dari pabrikan. Mantap bener nih!!!

Beruntung Adventuriderz.com mendapatkan kiriman hasil tes dyno Vortex 250 dari Viar SR Motor. Dari grafik yang dikirimkan ke newsroom Adventuriderz.com, terlihat Vortex 250 di atas mesin dyno mampu memuntahkan tenaga maksimal 27,6 HP di putaran mesin 9.399 rpm. Power Vortex 250 di atas mesin dyno lebih tinggi 2,8 HP dibandingkan dengan angka di spesifikasi. Namun perlu dilihat juga, power yang lebih tinggi itu didapatkan di rpm mesin yang lebih tinggi pula. Kemudian torsi Vortex 250 di atas mesin dyno tembus 24,7 Nm di putaran mesin 6.908 rpm atau lebih tinggi 2,2 Nm daripada angka di brosur. Kecepatan maksimal Vortex 250 di atas mesin dyno sendiri bisa mencapai 133,4 km/jam. Tentu semua pengetesan itu dalam kondisi yang ideal. Misalnya aja suhu udara 35 derajat Celsius dan tingkat kelembaban udara 85 persen. Nggak lupa motor ini diberi minum bahan bakar Pertamax Turbo. Hasil berbeda sangat mungkin terjadi jika dites di atas mesin dyno yang lain dengan temperatur berbeda, tingkat kelembaban udara berbeda, dan bahan bakar yang berbeda. Jadi nggak sabar nih pengen ngetes Vortex 250 buat touring dan adventure beneran… Hehehe…

Advertisements