AJP PR4 dan PR5 Resmi Dijual di Indonesia… Harganya Kok Menggiurkan Ya??

AJP PR4 240 Enduro

Setelah tertunda selama sekian lama, merek motor asal Portugal, AJP Motos, akhirnya jadi menginvasi Indonesia. AJP masuk ke Indonesia melalui Bruder Motorsport Internasional. Artinya AJP bakal menempati satu showroom yang sama dengan Beta Motorcycles. Lokasinya sih jelas di Bali karena markas Bruder Motorsport Internasional memang ada di sana. Mungkin sekarang bro sekalian jadi penasaran, motor AJP varian apa saja yang masuk ke Indonesia? Berapa pula harganya?

Sekarang kita bahas yuk… Setidaknya ada dua varian utama dari AJP yang dijual di Indonesia, yaitu AJP PR4 240 dan AJP PR5. Kemudian untuk PR4 240 dibagi menjadi dua sub-varian lagi, antara lain PR4 240 Enduro dan PR4 240 Supermoto. Sepertinya Bruder menargetkan konsumen dari dua kalangan sekaligus. Siapa lagi kalau bukan pecinta enduro dan supermoto yang sekarang memang sedang cukup booming. Sedangkan untuk PR5 kayaknya cuma tersedia dalam satu varian. Cuma enduro doang deh bro…

Sedikit mengulas mengenai PR4 240… Basis mesin yang dipakai adalah mesin buatan Zongshen berkapasitas 233 cc SOHC, 2-valve, dan berpendingin udara. Mesinnya memang cukup sederhana, masih menggunakan sistem pembakaran karburator, namun bisa mengeluarkan tenaga sekitar 20 HP. Kurang lebih mirip-mirip kayak CRF230F lah basis mesinnya. Frame-nya sendiri terbuat dari bahan komposit yang merupakan perpaduan antara aluminium dan steel. Maka nggak mengherankan kalau bobot PR4 240 boleh dibilang ringan, cuma 115 kg… Di bagian kaki-kaki, PR4 240 menggunakan suspensi upside down buatan Marzocchi di sektor depan dan suspensi mono shock buata Sachs pada bagian belakang. Spesifikasi antara PR4 240 Enduro dan PR4 240 Supermoto sendiri nggak berbeda. Bahkan sama persis. Perbedaan mencolok hanya terletak pada bagian ban, di mana versi enduro pakai ban off road tulen dengan ring 18-21 inch, sedangkan versi supermoto pakai ban tipe street dengan ring 17-17 inch.

Mesin AJP PR4 240 Enduro & AJP PR4 240 Supermoto

AJP PR4 240 Supermoto

Bagaimana dengan PR5? Mesin yang diusung oleh PR5 boleh dibilang lebih advance… Dia memakai basis mesin juga buatan Zongshen dengan kapasitas 249 cc, SOHC, 4-valve, dan berpendingin cairan. Asyiknya, mesin yang sudah menggunakan sistem pembakaran injeksi dari Delphi ini sanggup memuntahkan tenaga maksimal hingga 30 HP dan torsi 27 Nm. Angka yang tidak kecil dan lebih dari cukup untuk bersenang-senang di medan off road… Frame PR5 yang sangat unik dan nggak pasaran itu terbuat dari bahan komposit dengan kombinasi antara aluminium dan steel. Bobotnya nggak terlalu istimewa, yaitu 123 kg…

AJP PR5 Enduro

AJP PR5 Enduro

AJP PR5 Enduro

Nah, walaupun mesin PR4 240 dan PR5 adalah buatan pabrikan China, Zongshen, jadi jangan terlalu berharap produk AJP memiliki harga yang murah banget. Itu nggak akan terjadi bro… Kenapa? Karena produk AJP dilengkapi dengan part-part yang cukup mentereng. Misalnya saja suspensi menggunakan merek Sachs atau Marzocchi, sistem hidrolik rem dari BrakTec, brake rotors dari Galfer, handlebar buatan Reikon, ban pakai Michelin S12 XC, karburator Keihin/Deni PZ30 (AJP PR4 240), dan sistem injeksi Delphi 34 mm (AJP PR5 250). Informasi yang Adventuriderz.com dapatkan dari punggawa Bruder Motorsport Internasional, Bro Alberto Spadola, PR4 240 Enduro dan PR4 240 Supermoto rencananya dibandrol dengan harga Rp 70 juta off the road, sementara PR5 dijual dengan harga Rp 90 juta off the road. Harga yang sangat bersahabat untuk ukuran motor merek Eropa.

Kabar baiknya, PR4 Enduro, PR4 Supermoto, dan PR5 sekarang sedang dalam tahap uji tipe (homologasi). Jika proses homologasi sudah selesai, motor-motor itu bisa dibeli secara on the road. Coba deh perhatikan pada foto, berbagai kelengkapan jalan raya PR4 240 dan PR5 sudah ada, mulai dari konsol speedometer, headlight, tail light, turn light, hingga rear fender yang dilengkapi dengan plate holder. Wara-wiri di jalan raya pakai PR4 240 dan PR5 nggak perlu takut kena tilang polisi karena bisa dibeli dengan surat-surat. Tapi itu nanti ya, nunggu proses homologasi selesai dulu. Sekarang baru bisa dibeli off the road… Gimana, tertarik dengan produk AJP?

Advertisements