CBR250RR Dimodifikasi Ala Scrambler… Hasilnya Keren Maksimal!

Honda Dream Ride Project

Yang namanya custom modification biasanya merupakan imajinasi liar dari pemilik motor maupun sang modifikator. Makanya nggak mengherankan kalau motor tipe apapun bisa diubah menjadi tipe lain yang benar-benar beda total secara genre. Contohnya adalah modifikator Mas Budi Setiawan yang berhasil mengubah sport bike Honda CBR250RR menjadi motor dengan genre Neo Scrambler. Bagaimana sosoknya?

Rupa CBR250RR yang sangat sporty sebagai motor sport tulen langsung dipreteli dan penampilannya berubah sangat drastis. CBR250RR Neo Scrambler karya Mas Budi Setiawan pastinya nggak lagi menggunakan fairing khas port bike. Komponen yang satu itu dilengserkan, sehingga CBR250RR Neo Scrambler bisa memamerkan frame trellis asli milik CBR250RR yang dicat dengan warna silver dan mesin terpampang dengan bebas. Unsur scrambler begitu kentara khususnya di bagian roda, di mana karet bundar CBR250RR Neo Scrambler menggunakan model ban tahu yang nggak terlalu kasar. Sepertinya masih tergolong aman dan nyaman ketika dipakai di jalan aspal. Kemudian batok lampu depan, stang model fatbar yang tinggi, jok simple, dan warna body hitam legam semakin memperkuat unsur scrambler pada motor modifikasi Mas Budi Setiawan.

Honda CBR250RR Neo Scrambler – Budi Setiawan

Nah, selain Mas Budi Setiawan yang melakukan modifikasi CBR250RR dengan gaya Neo Scrambler, ada modifikator lain yang mendapatkan tugas melakukan custom modification pada motor besutan Honda tersebut. Dia adalah Mas Yuwono Djati yang mengubah CBR250RR dengan desain ala Neo Cafe Racer dan Mas Peterson Rivai mengusung gaya Future Sport Bike atau konsep masa depan yang modern. Semua hasil karya modifikator nasional itu bagus-bagus. CBR250RR bisa disulap menjadi motor yang sangat sulit dikenali namun tetap memegang unsur keamanan dan keselamatan. Nggak asal modif keren tapi membahayakan bagi keselamatan.

Oh iya bro… Ketiga modifikator itu merupakan pemenang Honda Modif Contest (HMC) 2016 yang mendapatkan tugas khusus dari Honda untuk melakukan custom modification pada CBR250RR dengan tajuk “Honda Dream Ride Project”. Nggak tanggung-tanggung, dalam menggarap modifikasi CBR250RR itu mereka didampingi oleh orang-orang yang sangat kompeten. Mas Budi Setiawan dengan konsep Neo Scrambler dibimbing oleh International Custom Builder Kaichiro Kurosu, Mas Yuwono Jati yang mengusung konsep Neo Cafe Race didampingi oleh mentor tim ahli dari Honda Motorcycle Research and Development Center yang didatangkan langsung dari Jepang bersama dengan tim Product Development PT Astra Honda Motor (AHM), dan Mas Peterson Rivai dengan konsep Future Sport Bike dibimbing oleh wartawan senior Tabloid Motorplus.

Honda CBR250RR Neo Cafe Racer – Yuwono Djati

“Desain para peserta sangat menarik dan mempertimbangkan unsur safety. Honda Dream Ride Project ini berperan sekali mempertajam kemampuan modifikasi para juara HMC dan menantang mereka untuk bekerja keras mewujudkan project sesuai impian mereka,” ungkap salah satu mentor yang notabene International Custom Builder, Kaichiro Kurosu.

Sementara itu, General Manager Marketing Planing and Analysis PT Astra Honda Motor Pak Indraputra mengatakan bahwa Honda Dream Ride Project merupakan upaya yang dilakukan oleh Honda dalam mengembangkan kreativitas anak muda dalam hal modifikasi motor. Satu hal yang paling penting menurut Pak Indraputra adalah mengarahkan para modifikator untuk melakukan modifikasi motor dengan tetap mempertahankan unsur keselamatan berkendara. Lantaran ketiga modifikator sukses membangun motor custom yang enak dipandang tanpa mengabaikan unsur keselamatan, mereka bertiga telah mendapatkan kesempatan touring dari Honda menggunakan motor hasil modifikasi itu selama dua hari di Jogja.

“Kami sangat bangga tentunya dengan para modifikator handal pemenang HMC 2016 yang menghasilkan karya modifikasi berkelas dari motor supersport All New Honda CBR250RR. Dengan semangat Satu Hati, AHM terus berusaha untuk melahirkan modifikator berbakat sekaligus menginspirasi modifikator lain dalam menuangkan kreativitasnya melalui modifikasi sepeda motor di Tanah Air,” ujar Pak Indraputra dalam siaran pers yang dikirimkan kepada Adventuriderz.com.

Honda CBR250RR Future Sport Bike – Peterson Rivai

Last… CBR250RR merupakan sport bike 250 cc dengan konfigurasi mesin dua silinder. Saat ini CBR250RR menjadi sport bike 250 cc paling powerful di antara para pesaingnya dan mengusung teknologi yang paling canggih. Walaupun lebih concern ke motor dual sport, adventure, dan dirt bike, Adventuriderz.com pernah mendapatkan pinjaman CBR250RR selama beberapa hari dari Honda. Saat mencobanya, motor ini memang memiliki performa yang jempolan. Maunya diajak kenceng terus. Lebih menarik lagi karena CBR250RR dilengkapi dengan electronic yang canggih. Sistem ride-by-wire (throttle-by-wire) dan tiga pilihan riding mode sudah ada di CBR250RR. Jadi motor ini sudah seperti moge 600 cc ke atas. Hasilnya, meskipun CBR250RR punya mesin yang powerful, tapi faktanya motor ini sangat mudah dikendarai. Cocok banget dengan slogan “TOTAL CONTROL” yang disematkan oleh Honda! Oh ya, dengan selesainya Honda Dream Ride Project ini sekaligus membuktikan kalau CBR250RR nggak cuma mudah dikendarai, namun juga mudah dimodifikasi!! Mau coba sendiri memodifikasi CBR250RR dengan gaya motor adventure bro? Sepertinya bakal menarik tuh… Tinggal contek konsepnya CB500X!


Advertisements