• Home »
  • Article »
  • KMI Klaim Penjualan KLX150 Bagus Sehingga Tidak Perlu Promosi Berlebih

KMI Klaim Penjualan KLX150 Bagus Sehingga Tidak Perlu Promosi Berlebih



Photo credit: Nono Gutbaidy/PT Surapita Unitrans

Bro sekalian… Kawasaki Motor Indonesia (KMI) sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Kawasaki di Indonesia mengakui bahwa penjualan mereka pada tahun 2017 ini mengalami penyusutan, khususnya di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2017, dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun menurut KMI, ada salah satu produk yang penjualannya stabil sepanjang tahun 2017. Motor itu tidak lain dan tidak bukan adalah si trail entry level KLX150 series!

Nggak bisa dipungkiri, KLX150 series yang berduet dengan D-Tracker series memang nggak ada pesaing, terutama dari kalangan brand Jepang. Kalau dari brand non-Jepang memang ada beberapa pesaing, tapi itu nggak bisa menggoyahkan penjualan KLX150 series sama sekali. Melihat penjualan KLX150 series yang cukup tinggi, KMI menilai pihaknya nggak perlu melakukan promosi berlebih. Maklum aja sih bro, KLX150 series boleh dibilang sebagai first mover sekaligus market leader. Image motor ini benar-benar kuat. Bahkan nggak sedikit orang awam yang jika melihat sosok motor trail langsung ingat dengan KLX. Kasusnya sama persis kayak di motor sport full fairing. Apapun mereknya disebut dengan Ninja.

“Model ini (KLX150) sudah bagus sebelumnya, baik kualitas produknya maupun penjualannya,” ungkap Deputy Head Sales and Promotion PT KMI Pak Michael Chandra Tanadhi, sembari menjelaskan bahwa kapasitas produksi varian KLX150 di pabrik milik KMI sekarang sudah penuh, dikutip dari OTOMOTIFNET (12/7/2017).

Photo credit: Sekretariat Negara Republik Indonesia

Beberapa waktu yang lalu juga sempat viral foto mengenai Presiden Joko Widodo yang nunggang KLX150 BF SE di Jalan Trans Papua Wamena. Banyak yang beranggapan, ditungganginya KLX150 oleh Pak Jokowi bisa mendongkrak penjualan motor tersebut. Lantas bagaimana tanggapan Pak Michael Chandra mengenai hal ini? Rupanya menurut Pak Michael Chandra, kemungkinan besar ada peningkatan penjualan KLX150 setelah ramai dipakai oleh Presiden Jokowi. Namun nggak bisa diketahui peningkatannya sebesar apa. Diyakininya peningkatan itu nggak terlalu signfiikan.



“Harusnya sih ada. Tapi kami susah memprediksi peningkatannya. Tapi kalau pun ada kenaikan penjualan, itu tidak signifikan,” terang dia.

Saat ini KMI menawarkan beberapa varian KLX150, antara lain KLX150G, KLX150 BF, KLX150 BF SE, dan KLX150 BF SE Extreme. Semua motor tersebut dijual dalam bentuk on the road sehingga legal dipakai di jalan raya. Selain itu, KMI juga memasarkan New KLX atau yang di luar negeri disebut dengan KLX140G. Berbeda dengan KLX150 series, New KLX/KLX140G adalah motor trail khusus off road dan nggak legal dipakai di jalan raya. Walaupun sekarang KMI sedang menikmati sekali penjualan KLX150 series, tapi Geng Ijo tetap kudu waspada. Kenapa? Karena Astra Honda Motor (AHM) diyakini sedang mempersiapkan motor trail pesaing KLX150. Kemungkinan besar motor yang disebut-sebut mengusung nama CRF150 itu bakal nongol dalam waktu dekat!

Photo credit: Tri Setyo Wijanarko/Adventuriderz.com

Advertisements