Motor Trail 150 cc Buatan AHM Dikabarkan Mengusung Nama CRF150F


Holaaa broo… Mohon maaf dalam waktu beberapa hari terakhir ini Adventuriderz.com nggak melakukan update blog… Sekarang mulai update lagi deh… Dan kali ini kita bakal bahas mengenai motor trail 150 cc buatan PT Astra Honda Motor (AHM). Tentu bakal seru banget kan membahas motor yang satu ini? Apalagi AHM memang mempersiapkan motor trail 150 cc dengan kode project Honda K84A itu untuk menggebuk dominasi Kawasaki KLX150 series. Memang ada kabar baru apa tentang trail 150 cc dari AHM yang hingga kini belum juga diluncurkan?

Nah… Sekedar informasi aja nih bro, ada kabar dari salah satu media otomotif ternama di Tanah Air, Motorplus Online, bahwasannya sekarang ini AHM sedang melakukan pengetesan secara internal sosok prototipe motor trail 150 cc. Masih dari sumber yang sama, bocoran dari Motorplus Online menyebutkan bahwa motor trail 150 cc lokal buatan AHM rencananya akan mengusung nama CRF150F. Jika kabar ini benar, maka nama motor trail lokal ini bakal sama dengan motor trail off road tulen yang menjadi produk global, CRF150F. Walaupun mengusung nama yang sama, kemungkinan antara CRF150F lokal dan CRF150F global mengusung genre yang berbeda tuh bro… CRF150F lokal diindikasikan sebagai motor trail dual sport yang legal dipakai di jalan raya. Sebaliknya, CRF150F global adalah motor off road tulen yang nggak legal dipakai di jalan raya.

Bagaimana soal mesin? Sepertinya masih sama dengan bocoran yang ada sebelumnya… CRF150F lokal akan menggunakan basis mesin MegaPro FI dengan ukuran diameter piston 57,3 mm dan ukuran stroke piston 57,8 mm. Jadi boleh dibilang ukuran bore dan stroke CRF150F lokal pun sama persis dengan CRF150F global yang notabene motor off road tulen. Perbedaan paling kentara di bagian mesin ini terletak pada sistem pengabutan bahan bakar. CRF150F lokal dipastikan pakai sistem pembakaran injeksi, sedangkan CRF150F global masih pakai sistem pembakaran konvensional karburator.

“Pokoknya mirip dengan Honda CRF150F yang di luar negeri. Bedanya untuk di Indonesia pakai lampu depan dan belakang. Biar bisa dipakai di jalan raya. Pokoknya tenaganya besar. Cocok banget buat adventure,” ungkap salah seorang sumber internal AHM seperti yang dilansir oleh Motorplus Online (18/7/2017).

Sebagai pabrikan motor terbesar di Indonesia, AHM memang sangat ketat dalam menjaga informasi mengenai produk baru. Bocoran-bocoran saja sangat sulit didapatkan, apalagi foto. Adventuriderz.com Sabtu (15/7/2017) kemarin sudah berkunjung langsung ke Plant 4 & 5 milik AHM di Karawang. Penjagaan di sana memang sangat ketat. Karyawan sangat diharamkan memotret di dalam area pabrik. Bahkan kamera apapun yang masuk ke area pabrik mesti di segel (ditutup dengan stiker pada bagian lensa), baik itu kamera beneran maupun kamera HP. Kemudian perangkat elektronik tersebut disimpan ke dalam loker. Gimana kalau nekat motret? Risikonya nggak tanggung-tanggung, bisa kena SP3!! Pengunjung yang datang ke pabrik pun sama, nggak bisa melakukan pemotretan. Aturan yang sama juga berlaku di Plant 1 Sunter, Plant 2 Pegangsaan (Kelapa Gading), dan Plant 3 Cikarang. Masih belum cukup jelas CRF150F lokal diproduksi di mana. Kemungkinan besar sih Plant 2 Pegangsaan. So, kalau bro pengen tahu sosok CRF150F lokal atau apapun namanya itu, mending tunggu sampai launching nanti ya! Yakin nggak lama lagi kok motor ini keluar!

Advertisements