• Home »
  • Article »
  • 55 Blogger Lihat Langsung Proses Perakitan Motor di Plant 4 & 5 AHM!!

55 Blogger Lihat Langsung Proses Perakitan Motor di Plant 4 & 5 AHM!!


Bro sekalian… Tanggal 15 Juli 2017 yang lalu menjadi hari yang sangat bersejarah buat blogger otomotif (dan vlogger) bersama dengan PT Astra Honda Motor (AHM). Kenapa? Karena untuk pertama kalinya AHM mengundang 55 blogger dan vlogger otomotif dari berbagai wilayah di Indonesia untuk menyaksikan proses perakitan motor di pabrik mereka. Memang ini bukan pertama kalinya AHM mengundang blogger ke pabrik melihat proses perakitan motor. Malah sudah kesekian kalinya. Tapi yang menjadi rekor adalah blogger yang diundang kali ini jumlahnya paling banyak. Total 55 orang blogger dan vlogger! Ada perwakilan dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, hingga Kepulauan Riau. Pokoknya pabrik AHM diserbu oleh blogger dan vlogger otomotif dari berbagai kota di Indonesia!!

Sekedar informasi aja, AHM total punya lima pabrik (plant). Plant 1 berada di Sunter (Jakarta), Plant 2 di Pegangsaan – Kelapa Gading (Jakarta), Plant 3 di Cikarang – Bekasi (Jawa Barat), serta Plant 4 dan Plant 5 berada di Karawang (Jawa Barat). Dari seluruh pabrik itu mampu menghasilkan kapasitas produksi sebanyak 5,8 juta unit motor per tahun. Luar biasaaaa!! Terus pabrik mana yang dikunjungi? Untuk kunjungan kali ini blogger dan vlogger diajak meluncur ke Plant 4 dan Plant 5 AHM yang berada di Karawang. Plant Karawang milik AHM memiliki luas sekitar 60 hektar dan bisa dikatakan ini adalah plant yang paling muda, paling baru, dan punya teknologi paling canggih. Tapi sebelum masuk lebih jauh melihat proses produksi motor, para blogger dan vlogger diberi penjelasan singkat mengenai profile PT Astra Honda Motor…

Nah… Pabrik pertama yang dikunjungi oleh blogger adalah Plant 4. Secara umum Plant 4 AHM merupakan pabrik untuk memproduksi motor matic, khususnya BeAT series dan Vario 150. Di sini kami para blogger dan vlogger bisa melihat langsung proses produksi kedua motor tersebut yang kebanyakan sudah dilakukan secara otomatis menggunakan robot. Mulai dari proses pencetakan crankcase, welding frame, pencetakan plastik-plastik body motor, hingga pengecatan dilakukan sendiri oleh AHM di pabrik ini. Jadi pabrik AHM ini nggak cuma merakit (assembly), tapi juga sekaligus memproduksi (manufacture) berbagai komponen motor. Paling-paling hanya beberapa komponen saja yang produksinya diserahkan kepada vendor. Dalam perhitungan waktu yang dilakukan ketika kunjungan, ada satu unit BeAT yang selesai diproduksi setiap 22 detik. Itu cuma dari satu line di pabrik ini doang… Mantaap nggak tuh??

Setelah cukup puas berada di Plant 4, kami bergeser ke Plant 5. Keduanya memang masih dalam satu kawasan pabrik dengan jarak yang cukup berdekatan. Berbeda dengan Plant 4 yang digunakan untuk memproduksi motor matic, Plant 5 milik AHM di Karawang difokuskan untuk memproduksi motor-motor sport. Beberapa motor yang diproduksi di Plant 5 antara lain CB150R, CBR150R, Sonic 150R, dan yang paling premium tentu saja CBR250RR. Khusus untuk line CBR250RR diberi perlakukan yang sangat khusus. Misalnya saja line perakitan CBR250RR ini berada di dalam ruangan ber-AC dengan tekanan udara di dalam ruangan lebih tinggi ketimbang tekanan di luar. Imbasnya, kotoran yang berasal dari luar sangat sulit masuk ketika para karyawan keluar masuk melewati pintu. Kemudian karyawan yang bertugas di dalam line CBR250RR juga perlu mengganti sepatunya dengan sepatu khusus. So, dari segi ruangan saja line CBR250RR ini benar-benar steril. Itu belum termasuk berbagai peralatan yang digunakan untuk memproduksi komponen dan merakit CBR250RR benar-benar canggih karena semua hal terpantau melalui komputer yang membuatnya amat sangat presisi. Keren abis deh! Untuk produksi CBR250RR ini rata-rata keluar satu unit motor setiap empat menit. Kalau dibandingkan dengan produksi BeAT memang sangat jauh bedanya, karena CBR250RR menggunakan komponen yang lebih banyak, butuh perlakuan lebih spesial, dan permintaannya pun nggak sebanyak BeAT series.

Last… Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya Adventuriderz.com tujukan kepada PT Astra Honda Motor (AHM) dan PT Mitra Pinasthika Mulia (main dealer motor Honda di Jawa Timur) yang sudah memberikan kesempatan melihat secara langsung proses perakitan motor di Plant 4 dan Plant 5 AHM, Karawang. Nggak cuma itu aja sih bro… Soalnya kemarin itu sekaligus menjadi gathering akbar blogger dan vlogger otomotif se-Indonesia. Blogger-blogger yang sebelumnya cuma kenal di dunia maya seperti saling komenter di blog, kenal di Facebook, atau yang cuma sering ngobrol di WhatsApp, bisa ketemu secara langsung. Kok nggak ada foto di dalam pabriknya mas? Mohon maaf, area perakitan motor di pabrik AHM amat sangat terlarang buat kamera. Jadi memang nggak ada yang mengabadikan proses perakitan motor, baik itu via foto maupun video. Semoga bro sekalian bisa memaklumi ya…

Advertisements