• Home »
  • Article »
  • Mengenal Konsep Honda 3 Layer Dealer… Konsumen Honda Wajib Baca Nih!

Mengenal Konsep Honda 3 Layer Dealer… Konsumen Honda Wajib Baca Nih!




Sabtu (15/7/2017) yang lalu Adventuriderz.com bersama dengan 54 blogger dan vlogger otomotif lainnya mendapatkan kesempatan emas berkunjung sekaligus melihat proses perakitan motor di pabrik milik PT Astra Honda Motor (AHM) yang berada di Karawang, Jawa Barat. Pabrik AHM di Karawang itu ada dua, yaitu Plant 4 dan Plant 5. Keduanya berada di lokasi yang sama dengan total luas wilayah 60 hektar. Para blogger dan vlogger otomotif dari berbagai penjuru nusantara diajak mengobok-obok dan melihat langsung proses produksi motor yang dilakukan di Plant 4 dan Plant 5 AHM ini!

Sebelum melakukan factory tour, kami para blogger dan vlogger otomotif mendapatkan penjelasan singkat mengenai company profile dari PT Astra Honda Motor. Salah satu yang ditekankan oleh AHM untuk disosialisasikan adalah mengenai konsep “Honda 3 Layer Dealer”. Mungkin bro sekalian juga penasaran nih, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Honda 3 Layer Dealer? Konsumen Honda dan calon konsumen Honda wajib baca artikel ini sampai habis biar nggak salah masuk dealer ketika ingin melakukan servis atau membeli motor Honda.

Menurut penjelasan dari Bu Istiyani Susriyati, General Manager Honda Customer Care Center (HC3) PT Astra Honda Motor, Honda memang sengaja membagi dealernya ke dalam tiga layer, antara lain Honda Big Wing Dealer, Honda Wing Dealer, dan Honda Regular Dealer. Langkah itu dilakukan agar Honda bisa memberikan pelayanan yang lebih baik dan lebih cocok kepada konsumennya sesuai dengan motor yang dibeli. Penjelasan lengkap mengenai Honda Big Wing Dealer, Honda Wing Dealer, dan Honda Regular Dealer bisa bro simak di bawah ini ya!



Honda Regular Dealer

Honda Regular Dealer merupakan dealer motor Honda yang paling basic dan jumlahnya ada lebih dari 3.000 showroom yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Honda Regular Dealer hanya menjual motor-motor biasa dengan harga yang masih terjangkau, mulai dari BeAT, Vario, Scoopy, Spacy, Revo, Verza, MegaPro, CB150R, CBR150R, Sonic 150R, dan lain-lain tersedia di Honda Regular Dealer. Pelayanan yang diberikan di Honda Regular Dealer tentu saja biasa saja, sesuai dengan motor yang dijual juga motor-motor biasa.

Honda Wing Dealer

Bisa dibilang Honda Wing Dealer adalah dealer motor Honda yang punya kasta lebih tinggi dibandingkan dengan Honda Regular Dealer. Kenapa? Karena Honda Wing Dealer menjual deretan motor premium yang bisa dipastikan tidak dijual oleh Honda Regular Dealer. Motor-motor premium yang tersedia di Honda Wing Dealer antara lain PCX150, SH150i, CBR250RR, dan CRF250RALLY. Kalau bro sekalian mau beli motor-motor premium dengan harga yang agak mahal itu, mending langsung ke Honda Wing Dealer ya, soalnya dipastikan nggak ada di dealer biasa. Penjualan dan layanan purna jual motor premium bakal dilayani secara premium pula di Honda Wing Dealer. Nah, selain menjual motor premium, Honda Wing Dealer juga jual motor-motor biasa kok. Jadi di Honda Wing Dealer menjual motor premium dan motor biasa sekaligus. Jumlah Honda Wing Dealer di Tanah Air sudah cukup banyak. Total ada 145 unit showroom yang tersebar dari ujung barat sampai ujung timur.

Honda Big Wing Dealer

Ini adalah showroom Honda dengan kasta paling tinggi. Sekarang baru ada 10 Honda Big Wing Dealer yang tersebar di Jakarta (dua showroom), Bandung, Semarang, Jogja, Surabaya, Denpasar, Makassar, Balikpapan, dan Medan. Biasanya Honda Big Wing Dealer dikelola oleh main dealer Honda di masing-masing wilayah dan dipastikan hanya tersedia di kota-kota besar. Honda Big Wing Dealer mendapatkan tugas untuk menjual big bike atau motor dengan kapasitas mesin 500 cc ke atas. Sebut saja CB500F, CB500X, CBR500R, CMX500 Rebel, CB650F, CBR650F, NM4 Vultus, CBR1000RR SP, hingga CRF1000L Africa Twin. Perlu diingat, deretan motor-motor itu cuma dijual di Honda Big Wing Dealer. Nggak ada di showroom lainnya. Konsumen Honda Big Bike dipastikan akan mendapatkan pelayanan yang sangat istimewa di Honda Big Wing Dealer, karena di sana ada ruang pamer khusus big bike, lounge khusus, dan pelayanan-pelayanan lain dengan standar sangat tinggi. Maklum motor mahal, pelayanan yang diberikan pun istimewa. Sekedar informasi saja, walaupun judulnya Honda Big Wing Dealer, namun showroom yang satu ini nggak cuma menjual motor premium aja. Soalnya dalam satu gedung showroom yang sama terdapat ruangan lain yang dipakai untuk transaksi penjualan dan pelayanan motor biasa/reguler (Honda Regular Dealer) dan motor premium (Honda Wing Dealer).

Kesimpulan

Honda Big Wing Dealer adalah dealer yang paling lengkap karena di dalamnya menyediakan layanan penjualan terhadap semua varian motor Honda, mulai dari motor regular, motor premium, sampai dengan big bike. Kemudian Honda Wing Dealer menyediakan layanan penjualan semua varian motor Honda, kecuali big bike (500 cc ke atas), sedangkan yang paling buncit adalah Honda Reguler Dealer yang cuma melayani penjualan dan pelayanan terhadap motor reguler. Semoga dengan diterbitkannya artikel ini bro sekalian nggak kesulitan saat akan membeli motor Honda. Mau beli big bike langsung ke showroom dengan logo Honda Big Wing Dealer, mau beli motor premium (CBR250RR, CRF250RALLY, PCX150, SH150i) bisa meluncur ke Honda Wing Dealer atau Honda Big Wing Dealer, dan kalau mau beli motor reguler (selain motor premium dan big bike) bisa di semua dealer Honda. Thanks…

Advertisements