• Home »
  • Article »
  • Mau Beli Moge Honda Tapi Nggak Ada Dealernya di Daerah? Ini Solusinya!

Mau Beli Moge Honda Tapi Nggak Ada Dealernya di Daerah? Ini Solusinya!




Bro sekalian… Beberapa hari yang lalu Adventuriderz.com sudah membahas mengenai konsep “Honda 3 Layer Dealer“. Apa itu Honda 3 Layer Dealer? Oke, sedikit Adventuriderz.com ulang… Pada dasarnya Honda 3 Layer Dealer adalah sebuah konsep di mana PT Astra Honda Motor (AHM) membagi jaringan dealernya ke dalam tiga cluster, antara lain Honda Big Wing Dealer, Honda Wing Dealer, dan Honda Regular Dealer. Wah apa lagi tuh mas? Lanjut di bawah ya biar nggak terlalu panjang per paragraf.

Honda Big Wing Dealer merupakan dealer Honda yang punya kasta paling tinggi. Produk yang dijual di Honda Big Wing Dealer amat sangat lengkap. Mulai dari big bike (CB500F, CB500X, CBR500R, CMX500 Rebel, CB650F, CBR650F, CBR1000RR SP, NM4 Vultus, CRF1000L Africa Twin), motor premium (PCX150, SH150i, CBR250RR, CRF250RALLY), sampai dengan motor reguler berkapasitas kecil dengan harga murah semuanya tersedia di Honda Big Wing Dealer. Jadi bisa disimpulkan, dalam satu gedung showroom berlogo Honda Big Wing Dealer terdapat tiga macam pelayanan yang diberikan, yaitu penjualan/servis big bike dengan layanan ultra premium, penjualan/servis motor premium dengan standar pelayanan premium pula, dan penjualan/servis motor reguler dengan pelayanan yang biasa. Saat ini di Indonesia baru ada 10 Honda Big Wing Dealer yang semuanya dimiliki oleh main dealer. 10 Honda Big Wing Dealer ini tersebar di berbagai kota besar seperti Jakarta (dua showroom), Bandung, Semarang, Jogja, Surabaya, Denpasar, Makasar, Balikpapan, dan Medan.

Kemudian Honda Wing Dealer boleh dibilang sebuah dealer Honda dengan kasta menengah. Honda Wing Dealer mendapatkan penugasan untuk menjual motor premium (PCX150, SH150i, CBR250RR, CRF250RALLY) dan motor reguler sekaligus, namun dia nggak melayani penjualan big bike… Saat artikel ini dibuat, ada 135 Honda Wing Dealer yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia. Kalau ditambahkan dengan Honda Big Wing Dealer, maka jumlahnya mencapai 145 showroom. Sebab di showroom dengan  logo Honda Big Wing Dealer selain menjual big bike juga menjual motor premium layaknya Honda Wing Dealer, sehingga keduanya terjadi irisan di bagian motor premium.



Bagaimana dengan Honda Regular Dealer? Ini adalah dealer Honda dengan tingkatan paling rendah dan cuma diijinkan menjual dan memberikan layanan servis motor reguler seperti BeAT, Vario, Scoopy, Spacy, Revo, Verza, MegaPro, CB150R, CBR150R, dan lain-lain. Tapi jangan salah, jumlah Honda Regular Dealer ini justru yang paling banyak kalau dibandingkan dengan Honda Big Wing Dealer dan Honda Wing Dealer. Angkanya tembus lebih dari 3.500 dealer kalau nggak salah di seluruh nusantara. Bahkan yang merangsek sampai ke pelosok-pelosok Indonesia ya Honda Regular Dealer ini!.

Ketika Adventuriderz.com bersama dengan lebih dari 50 orang rekan blogger dan vlogger otomotif berkunjung ke Plant 4 & 5 AHM di Karawang, ada pertanyaan yang cukup menarik mengenai konsep Honda 3 Layer Dealer ini. Misal ada konsumen di daerah yang ingin membeli big bike namun di sana nggak ada showroom Honda Big Wing Dealer, lalu gimana cara belinya? Padahal se-Indonesia cuma ada 10 Honda Big Wing Dealer yang semuanya terletak di kota-kota besar, sedangkan potensi konsumen yang beli bisa saja datang mana saja, dari pelosok Papua, pelosok Sulawesi, pelosok Sumatera, atau pelosok Kalimantan. Hal yang sama juga berlaku saat konsumen ingin membeli motor premium seperti CBR250RR dan CRF250RALLY. Apakah bisa memesan di Honda Regular Dealer? Kasus lain misalnya konsumen yang udah punya big bike/premium bike melakukan touring ke pelosok Indonesia, terus motor mengalami trouble, bisakah memperbaiki motor di Honda Regular Dealer yang jaringannya begitu luas? Masa iya sih beli CRF1000L Africa Twin, CB500X, atau CRF250RALLY cuma mau dipakai di kota aja? Pasti buat berpetualang kan?

Beruntung sekali Adventuriderz.com dan teman-teman blogger lain mendapatkan pencerahan dari General Manager Honda Customer Care Center (HC3) PT Astra Honda Motor Bu Istiyani Susriyati mengenai permasalahan tersebut. Menurut Bu Isti, jika konsumen ingin membeli big bike atau premium bike namun di wilayahnya nggak ada Honda Big Wing Dealer atau Honda Wing Dealer, pihak AHM tetap akan mengusahakan semaksimal mungkin. Karena konsumen nggak bisa memesan motor itu di jaringan Honda Regular Dealer, maka yang perlu dilakukan oleh konsumen hanyalah menghubungi Contact Center Honda, baik itu lewat telepon, SMS, Facebook, Twitter, atau surat elektronik (email). Tinggal pilih salah satu aja bro… Nanti Honda akan memberikan solusi terbaik agar konsumen mendapatkan big bike atau premium bike idamannya meskipun nggak ada jaringan Honda Big Wing Dealer atau Honda Wing Dealer di wilayah tersebut.

Selain itu, Honda juga sangat menyadari konsumen yang membeli big bike atau premium bike biasanya nggak cuma menggunakan motor di kota-kota besar. Nggak jarang mereka melakukan touring jarak jauh hingga ke pelosok yang tidak tersedia jaringan Honda Big Wing Dealer dan Honda Wing Dealer. Terus kalau terjadi kerusakan di daerah seperti ini gimana? Bu Isti meminta pemilik motor untuk tidak langsung membawanya ke Honda Regular Dealer yang jumlah jaringannya lebih banyak. Kenapa? Karena Honda Regular Dealer pun belum tentu capable menangani permasalahan pada big bike dan premium bike. Namun langkah pertama yang mesti dilakukan adalah dengan menghubungi Contact Center Honda untuk mengomunikasikan permasalahan yang ada agar bisa mendapatkan solusi terbaik dan tepat tanpa menghilangkan garansi motor. Maklum bro, dalam aturannya big bike ya cuma bisa diservis atau diperbaiki di Honda Big Wing Dealer, sedangkan premium bike cuma bisa ditangani Honda Big Wing Dealer atau Honda Wing Dealer. Nekat memperbaiki motor di luar ketentuan tanpa sepengetahuan Honda, walaupun dalam kondisi terpaksa, berpotensi menghanguskan garansi. So, jika ada permalahan pada big bike atau premium bike tapi jauh dari lokasi Honda Big Wing Dealer atau Honda Wing Dealer, pastikan untuk selalu menghubungi Contact Center Honda terlebih dahulu. Bro komunikasikan dulu deh itu permasalahannya ke bagian Contact Center Honda. Apalagi Contact Center Honda itu aktif selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Bahkan saat Lebaran pun Contact Center Honda selalu aktif melayani konsumen. Semoga mencerahkan ya dan monggo dicatat Contact Center Honda di bawah ini!

Contact Center Honda

  • Telepon – 1-500-989
  • SMS – 0811-9-500-989
  • Facebook – Astra Honda Care
  • Twitter – @astrahondacare
  • Email – customercare@astra-honda.com
Advertisements