• Home »
  • Article »
  • Bad News… Crash Hingga Cidera, Chris Birch Gagal Tampil di Romaniacs!

Bad News… Crash Hingga Cidera, Chris Birch Gagal Tampil di Romaniacs!


Bro sekalian… Kabar buruk menerpa salah satu rider yang sangat berpengalaman di dunia hard enduro asal Selandia Baru, yaitu Chris Birch. Rencananya mulai hari (25/7/2017) ini hingga akhir pekan (29/7/2017) nanti Chris Birch bakal mengikuti event hard enduro Red Bull Romaniacs 2017 yang digelar di Sibiu, Romania. Berbeda dengan rider-rider lain yang menggunakan motor enduro, Chris Birch memilih nunggang motor adventure berukuran jumbo KTM 1090 Adventure R. Alih-alih bisa finish di Red Bull Romaniacs 2017, pada sesi latihan kemarin (24/7/2017) dia justru mengalami crash dan membuat tangannya mengalami cidera. Hal itu membuat dia nggak memungkinkan lagi nunggang motor lantaran mesti menjalani fase recovery.

Dari kronologis yang diungkapkan oleh Chris Birch di akun Instagram, dalam sesi latihan kemarin dia baru riding sekitar 200 meter masuk ke dalam track untuk mencari spot foto yang bagus. Namun, dia nggak melihat kalau di depan ada batu sehingga dia langsung menerjang batu tersebut dengan KTM 1090 Adventure R hingga mengalami crash berat. Imbas dari crash itu memang cukup buruk karena Birch mengalami retak tulang tangan kiri. Hari ini Birch sudah terbang dari Sibiu menuju Munich, Jerman, untuk menjalani operasi tangan kirinya yang cidera. Semoga lekas sembuh ya Birch!!

FYI saja ya bro, Chris Birch merupakan salah satu rider yang pernah menjadi juara Red Bull Romaniacs. Tapi sejak beberapa tahun terakhir dia sudah gantung stang dari kompetisi hard enduro. Birch lebih banyak bersenang-senang dengan motor besar KTM Adventure lantaran dia didaulat menjadi brand ambassador KTM Adventure. Jadi jangan heran kalau melihat berbagai video Birch melakukan aksi-aksi keren di medan off road menggunakan motor KTM 1090 Adventure R, KTM 1190 Adventure R, maupun KTM 1290 Super Adventure R. Selain itu, kalau nggak salah dia juga membuka kelas pelatihan bagi para rider yang ingin meningkatkan skill riding motor trail, enduro, hingga motor adventure.

Dalam Red Bull Romaniacs 2017 ini Chris Birch memang hanya turun di Iron Class yang notabene bukan kelas bergengsi. Kelas paling bergengsi di Red Bull Romaniacs adalah Gold Class. Cuma langkah Birch memboyong KTM 1090 Adventure R di Sibiu yang menjadi sorotan banyak media. Maklum lah bro, track di Red Bull Romaniacs itu sangat mengerikan sulitnya. Terjun dengan motor enduro tulen dengan mesin 250/300 2-stroke atau 450 4-stroke saja belum tentu bisa finish kalau nggak ditunjang dengan skill yang benar-benar mumpuni. Nah, ini Birch mau nekat pakai KTM 1090 Adventure R. Jika berhasil finish tentu saja bakal jadi berita yang cukup menggemparkan sekaligus menaikkan pamor KTM 1090 Adventure R.

Tapi tenang aja, Birch nggak sendiri memboyong motor besar di Red Bull Romaniacs 2017. Setelah keluarnya Birch dari kompetisi, di sana masih ada Quinn Cody yang nunggang motor sama KTM 1090 Adventure R. Quinn Cody adalah rider asal Amerika Serikat yang bersama-sama dengan Chris Birch menjadi brand ambassador KTM Adventure. Pengalaman Quinn Cody nggak bisa dianggap sebelah mata. Dia pernah menang empat kali di kompetisi Baja 1000, berpengalaman menjadi peserta di Rally Dakar, dan kini sekaligus berperan sebagai tim R&D KTM USA. Ada lagi yang lainnya? Ada!! Dia adalah Gerhard Foster yang mengandalkan motor BMW R9X. Motor BMW R9X sendiri merupakan motor custom yang dibangun oleh Touratech dari basis mesin BMW R NineT. Kita tunggu saja update beberapa hari ke depan. Siapa yang bakal menang antara Quinn Cody – KTM 1090 Adventure R dengan Gerhard Foster – BMW R9X di kelas motor besar. Finish saja rasanya udah jadi kebanggaan buat mereka berdua.

Advertisements