Dua Rider Honda Dominasi Podium Balap Rally Baja Aragon 2017




Salah satu kompetisi balap rally yang cukup legendaris di Eropa, Baja Aragon 2017, telah berlalu nih bro… Hasilnya, dua orang rider yang bernaung di Monster Energy Honda Team berhasil menguasai podium Baja Aragon 2017. Yups, Joan Barreda lagi-lagi menjadi juara Baja Aragon yang berarti ini adalah kemenangannya yang keempat di kompetisi ini. Di Baja Aragon 2017, Joan Barreda berhasil mengukuhkan waktu paling cepat dibandingkan dengan lawan-lawannya, yaitu 6 jam 50 menit 12 detik. Satu hal yang cukup mencengangkan, Joan Barreda seperti tidak tersentuh di Baja Aragon 2017 karena unggul di semua sesi, dari awal sampai dengan akhir. Uniknya lagi, Joan Barreda membalap di Baja Aragon 2017 nggak menggunakan motor Honda CRF450 RALLY yang biasa dia pakai di Rally Dakar, melainkan menggunakan motor yang lebih ringan Honda CRF450RX dengan sejumlah modifikasi.

Sementara itu, podium kedua diisi oleh rider Sherco TVS Rally Factory Joan Pedrero. Berbeda dengan Joan Barreda yang lebih memilih menggunakan motor ringan, Joan Pedrero terjun di Baja Aragon 2017 dengan mengandalkan motor rally full spec, Sherco RTR 450 Rally. Walaupun pakai motor yang lebih berat, nyatanya Joan Pedrero mampu menempel ketat Joan Barreda dengan catatan waktu lebih lambat 6 menit 17 detik. Selanjutnya podium ketiga diisi oleh rekan Joan Barreda di Monster Energy Honda Team Michael Metge. Sama seperti Joan Pedrero, Michael Metge lebih memilih pakai motor rally andalannya. Apa lagi kalau bukan Honda CRF450 RALLY. Pada kompetisi ini Honda CRF450 RALLY yang dipakai oleh Michael Metge hanya lebih lambat 7 menit 43 detik dari Honda CRF450RX milik Joan Barreda. Di belakang Michalet Metge ada nama pembalap Pont Group Yamaha David Adria yang menggunakan motor Yamaha WR450F.

Last… Buat pembalap-pembalap rally top dunia yang bernaung di tim-tim besar seperti Joan Barreda, Michael Metge, dan Joan Pedrero, kompetisi seperti Baja Aragon 2017 dipakai sebagai ajang latihan sekaligus mengisi waktu luang sebelum mereka bertarung di kompetisi yang amat sangat bergengsi Rally Dakar pada Januari 2018. Memang betul selama tahun 2017 ini juga ada FIM Cross-Country Rallies World Championship. Cuma jarak antara satu seri ke seri berikutnya pada FIM Cross-Country Rallies World Championship ini jedanya cukup panjang. Jadi nggak sedikit rider yang memanfaatkan waktu luang mereka dengan berlatih menggunakan motor motocross, motor enduro, maupun ikut kompetisi seperti Baja Aragon. Nah, buat bro yang pengen nunggang motor rally kayak punya Joan Barreda atau Michael Metge, di Indonesia udah ada ekstraknya tuh CRF250RALLY. Motor itu dijual resmi oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Secara performa, CRF250RALLY memang beda jauh dengan CRF450 RALLY. Tapi penampilan keduanya cukup mirip kok!



Advertisements