• Home »
  • Article »
  • Kawasaki Sebut Motor Trail Off Road KLX140G Terjual 50 Unit Per Bulan

Kawasaki Sebut Motor Trail Off Road KLX140G Terjual 50 Unit Per Bulan




Selain memiliki motor trail dual sport KLX150G, KLX150 BF, dan KLX150 BF SE, Kawasaki Motor Indonesia (KMI) juga sudah mengeluarkan motor trail khusus off road yang diberi nama New KLX. Di pasar global seperti Amerika Serikat motor itu mengusung nama KLX140G. Pada dasarnya antara KLX150 series dan KLX140G menggunakan basis mesin dan frame yang sama. Namun perbedaan keduanya boleh dibilang sangat banyak, mulai dari bodywork yang beda, gear ratio beda, ban beda, swing arm beda, suspensi beda, knalpot beda, dan bahkan karburatornya pun beda. KLX140G adalah motor trail yang benar-benar khusus off road, dijual dalam bentuk off the road tanpa surat-surat, dan nggak bisa dipakai di jalan raya. Kenapa? Karena motor ini memang khusus dirancang buat off road. Coba aja perhatikan, KLX140G nggak punya kelengkapan jalan raya seperti lampu-lampu, rear fender & plate holder, kaca spion, konsol speedometer, dan menggunakan ban off road tulen yang pastinya kurang safety dipakai di jalan aspal.

Nah… Karena KLX140G nggak bisa dibeli secara on the road lengkap dengan surat-surat, maka KMI sangat memaklumi motor itu nggak bisa mendulang volume penjualan yang tinggi. Nggak ada pihak leasing yang mau memberikan pembiayaan, sebab nggak ada jaminannya, sehingga konsumen yang pengen beli KLX140G mesti menyiapkan duit cash. Pihak KMI menyebut KLX140G cuma bisa terdistribusi rata-rata sekitar 50 unit per bulan. Angka itu jelas jauh lebih kecil dibandingkan dengan KLX150 series yang bisa terdistribusi hingga 5.000-an unit per bulan. Meskipun demikian, KMI tetap terus menjual KLX40G di Tanah Air lantaran peminatnya tetap ada, terutama dari kalangan penghobi off road. Dengan membeli KLX140G, penggemar off road nggak perlu lagi banyak memodifikasi motornya seperti saat membeli KLX150G atau KLX150 BF series.

“Iya KLX140G itu beda sama KLX150 BF. Kita jual off the road, hanya faktur saja tanpa kelengkapan STNK dan BPKB. Oleh karena itu, leasing nggak ada yang mau cover pembiayaannya karena nggak ada jaminan. KLX140G ini rata-rata (terdistribusi) 50 unit per bulan,” ungkap Deputy Head Sales and Promotion PT KMI Michael Chandra Tanadhi, dikutip dari OTOMOTIFNET.

FYI aja bro… Sebagai motor trail khusus off road, bobot KLX140G itu sangat enteng. KLX140G bobotnya cuma 99 kg, jauh lebih enteng dibandingkan dengan KLX150 BF yang mencapai 118 kg. Bobot yang lebih enteng pastinya membuat KLX140G lebih enak buat main off road. Entengnya bobot KLX140G itu salah satunya berkat pengaplikasian swing arm aluminium yang juga membuat motor lebih stabil di lintasan off road. Kemudian KMI lebih memilih mencangkokkan suspensi depan teleskopik 33 mm buatan Showa yang diklaim lebih handal dan suspensi belakang mono shock dengan piggyback reservoir yang bisa disetel preload, compression, dan rebound damping-nya. Selain itu, velg KLX140G menggunakan bahan aluminium yang sudah dipasangi stopper/rim lock dan ban off road tulen, gear ratio yang lebih rapat, menggunakan gas spontan, dan karburator model skep Keihin PB20 sehingga tarikan motor menjadi lebih nampol. Motor yang didatangkan utuh dari Thailand ini dijual dengan harga Rp 35,9 juta off the road Jakarta.

“Di beberapa daerah banyak komunitas KLX yang mesti memodifikasi KLX150 untuk off road, seperti ganti suspensi, lengan ayun (swing arm), ban, gir, dan melepas lampu-lampu. Makanya Kawasaki meluncurkan KLX140G ini biar tinggal pakai. Belakang pakai lengan ayun aluminium biar enteng. Harga Rp 35,9 jutaan dan harus cash. Tapi untuk off road tinggal gas,” tutur Michael Chandra Tanadhi.


Advertisements