• Home »
  • Article »
  • Membandingkan Motor Enduro “Six Days” Keluaran KTM, Gas Gas, & Honda

Membandingkan Motor Enduro “Six Days” Keluaran KTM, Gas Gas, & Honda



Pada tahun 2017 ini sudah ada tiga pabrikan motor yang mengeluarkan motor enduro dengan edisi spesial “Six Days” untuk menyambut atau menyemarakkan gelaran olimpiade balap enduro dunia International Six Days Enduro (ISDE) yang dihelat di Kota Brive – Perancis. Ketiga pabrikan itu adalah KTM, Gas Gas, dan Honda. Boleh dibilang KTM merupakan pabrikan yang paling rutin mengelurkan varian Six Days ketimbang pabrikan lainnya. Gas Gas dulu rutin, sempat vakum nggak mengelurkan varian Six Days dan pernah pailit, tapi sekarang varian Six Days dari Gas Gas keluar lagi. Bagaimana dengan Honda? Honda memang punya lineup motor enduro 250 cc dan 450 cc. Sayangnya pabrikan Jepang seperti kurang serius menggarap segmen enduro. Bahkan ketika baru-baru ini Honda mengeluarkan motor enduro CRF450RX Six Days, itupun garapan Honda RedMoto (distributor resmi dirt bike Honda di Italia), bukan dari prinsipal Honda Jepang. Sekarang kita bandingkan yuk, apa saja perbedaan varian Six Days milik KTM, Gas Gas, dan Honda!

Sebagai pabrikan motor enduro terbesar di dunia, KTM punya varian Six Days paling lengkap. Mulai dari KTM 250 EXC TPI Six Days, KTM 300 EXC TPI Six Days, KTM 250 EXC-F Six Days, KTM 350 EXC-F Six Days, KTM 450 EXC-F Six Days, hingga KTM 500 EXC-F Six Days semuanya tersedia dengan komplit! Untuk KTM Six Days France 2017, motor itu dilabur dengan warna dominan biru mulai dari body tengah sampai dengan belakang, bagaian tengah motor khususnya tangki berwarna putih, dan warna orange khas KTM tampil mencolok di bagian shroud, frame, headlight, triple clamps, front fender, dan fork guard. Di bagian body samping terlihat mencolok tulisan “6DAYS FRANCE ISDE”.

Secara umum basis yang dipakai oleh KTM Six Days sama persis dengan varian standar. Hanya saja KTM Six Days punya fitur yang lebih banyak dan tertempel banyak komponen ciamik yang berasal dari KTM PowerParts, sebut saja jok khusus yang lebih nyaman, pakai handlebar buatan NEKEN, triple clamps yang dibuat menggunakan mesin CNC, terpasang frame guard, ada engine guard, dilengkapi pelindung leher knalpot dari bahan karbon khusus varian 2-stroke, pakai sprocket dengan merek Supersprox Stealth 2, dan terpasang tombol engine mapping di handlebar. Berbagai komponen keren itu nggak tersedia di varian standar, tapi bisa dibeli melalui KTM PowerParts. Karena saking banyaknya komponen dari KTM PowerParts yang terpasang di KTM Six Days, bobot motor edisi spesial ini rata-rata lebih berat 0,5 kg dibandingkan dengan vesi standar. Mau beli KTM Six Days France 2017? Guaaampaaang bro! Soalnya KTM Six Days France 2017 tidak tersedia dalam jumlah terbatas. KTM tidak membatasi produksi motor tersebut. Artinya, KTM Six Days France 2017 hanyalah produk “Special Edition”, bukan “Limited Edition”. Bahkan motor enduro KTM model year 2018 yang masuk ke Indonesia kebanyakan adalah KTM Six Days France 2017.

KTM 250/350/450/500 EXC-F Model Year 2018

KTM 250/350/450/500 EXC-F Six Days Model Year 2018

Beralih ke Gas Gas… Pabrikan asal Spanyol yang eksis kembali setelah gulung tikar ini juga baru saja mengeluarkan motor enduro edisi spesial Six Days, yaitu Gas Gas EC 250 Six Days dan Gas Gas EC 300 Six Days. Varian Six Days France 2017 dari Gas Gas dipastikan menggunakan basis motor Gas Gas EC 250 Racing dan Gas Gas EC 300 Racing model year 2018. Motor Gas Gas EC 250/300 Six Days memiliki ciri utama perpaduan warna merah, putih, dan biru. Jelas ini sangat mencolok dibandingkan dengan varian standar yang punya warna dominan merah, membuat varian Six Days menjadi lebih berwarna. Sayangnya nih bro, perbedaan mendasar antara varian standar dengan varian Six Days dari Gas Gas cuma pada warna grafisnya aja. Selebihnya sama persis! Dan berbeda dengan KTM yang mengeluarkan KTM Six Days dalam jumlah tidak terbatas, Gas Gas lebih memilih memproduksi dan menjual edisi Six Days dalam jumlah terbatas (limited edition).

Gas Gas EC 250/300 Racing Model Year 2018

Gas Gas EC 250/300 Racing Six Days Model Year 2018

Selain KTM dan Gas Gas, pabrikan lain yang terpantau mengeluarkan motor enduro edisi spesial Six Days adalah Honda. Menariknya, bukan Honda Jepang langsung yang turun tangan mengeluarkan edisi spesial Six Days, melainkan Honda RedMoto yang selama ini menjadi distributor resmi dirt bike Honda di Italia. Varian yang dikeluarkan oleh Honda RedMoto inipun terbatas pada CRF450RX Six Days. Jadi pasti yang dipakai sebagai basis pengembangan adalah CRF450RX model year 2017. Tapi kerennya, Honda RedMoto melakukan kustomisasi yang cukup radikal pada CRF450RX Six Days. Nggak cuma warna grafisnya yang beda… Sejumlah komponen ciamik dan brand ternama dipasang, seperti handlebar Domino, kopling buatan Rekluse, kopling tidak lagi menggunakan kabel melainkan pakai pompa hidrolis MAGURA Hymec, bearing dan seal pakai merek SKF, ban berbeda dengan versi standar, velg diganti dengan warna hitam/gold, dan masih banyak lagi komponen premium buatan Innteck yang terpasang di CRF450RX Six Days. Kabar buruknya adalah CRF450RX Six Days cuma dijual oleh Honda RedMoto di Italia saja alias nggak dijual di pasar global.

Honda CRF450RX

Honda RedMoto CRF450RX Six Days

Nah… Dari tiga pabrikan yang mengeluarkan edisi spesial Six Days France 2017 tersebut, bro mau pilih yang mana? KTM Six Days, Gas Gas Six Days, atau malah Honda Six Days? Paling gampang tentunya ambil punya KTM karena ada distributor/dealer resminya di sini dan variannya sangat lengkap, sedangkan Gas Gas nggak punya distributor/dealer di Tanah Air. Tapi bisa saja bro mendapatkannya dengan membeli via importir umum tanpa ada jaminan garansi maupun ketersediaan spare parts. Paling sulit lagi mendapatkan Honda CRF450RX Six Days lantaran diproduksi secara eksklusif oleh Honda RedMoto yang berbasis di Italia dan khusus dijual di Italia. Sama seperti punya Gas Gas, Honda CRF450RX Six Days bisa saja dibeli melalui importir umum dengan harga yang lebih mahal dari pasaran serta tanpa jaminan garansi dan ketersediaan spare parts. Alternatif lainnya ada nggak mas? Tunggu aja varian Six Days France 2017 dari Sherco. Mungkin aja nanti Sherco juga bikin!


Advertisements