Sedaaaap… Mesin Yamaha T7 Tenere Bakal Diproduksi di Indonesia!!



Tanpa tedeng aling-aling dan nggak perlu malu-malu lagi… Ada konfirmasi resmi dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang menjadi ATPM motor Yamaha di Indonesia, bahwasannya mereka bakal mulai memproduksi mesin moge. Nggak tanggung-tanggung nih bro, produksi mesin moge Yamaha di Indonesia akan dimulai pada tahun 2017 ini juga!!

Dalam keterangan resminya, YIMM mengatakan bahwa pihaknya telah ditunjung oleh Yamaha Motor Company (YMC) untuk memproduksi mesin moge berkapasitas 700 cc dua silinder. Dengan clue itu, tentu saja arahnya langsung mengerucut kepada mesin milik motor naked sport MT-07, motor adventure-tourer MT-07 Tracer, dan calon motor adventure dengan gaya rally T7 Tenere atau oleh beberapa media disebut dengan nama MT-07 Tenere. Si motor adventure dengan gaya khas rally itu mesinnya dipastikan diproduksi di Tanah Air… Kenapa kok YIMM ditunjuk sebagai basis produksi mesin MT-07 series? Alasannya tentu karena Yamaha Jepang percaya dengan kemampuan dan kualitas hasil garapan YIMM. Itu sudah bisa dibuktikan dengan diterimanya motor-motor berkapasitas kecil yang diproduksi oleh YIMM di pasar global. Sebut saja YZF-R25, YZF-R3, MT-25, MT-03, NMAX, hingga XMAX yang bisa terjual dengan baik di pasar global, salah satunya Eropa.

“YIMM ditunjuk YMC (Yamaha Motor Company) Jepang untuk memproduksi mesin motor besar karena kualitasnya yang tinggi dan hasil produksinya yang sudah terpercaya, terbukti dari ekspor sepeda motor yang diterima dengan sangat baik di pasar global,” jelas M. Abidin, General Manager After Sales & Public Relation PT YIMM.

Sekedar informasi aja ya bro… Pada tahap awal YIMM baru sekedar memproduksi mesin moge MT-07 dan turunannya. Artinya apa? Yamaha Indonesia baru sebatas memproduksi mesin, bukan memproduksi unit moge secara lengkap. Belum ada dalam rencana Yamaha memproduksi moge di sini. Mesin itu nantinya akan diekspor ke Eropa yang menjadi market terbesar buat MT-07 series. Tapi bukan tidak mungkin ke depan Yamaha Indonesia berpeluang memproduksi mesin-mesin moge yang lain. Selain memproduksi mesin MT-07 series, YIMM juga dipercaya untuk memproduksi mesin ROV (Recreational Off-highway Vehicle) alias ATV dan sebangsanya. Cuma pada mesin ROV ini baru mulai diproduksi di Indonesia sekitar tahun 2019 dengan target ekspor adalah Amerika Serikat.

Langkah yang diambil oleh Yamaha Jepang dengan menunjuk Indonesia sebagai basis produksi mesin moge MT-07 series bisa dibilang sangat menguntungkan bagi Yamaha Indonesia. Dengan begitu Yamaha Indonesia bisa memiliki pengalaman dan teknologi mutakhir dalam memproduksi mesin yang canggih, sekelas mesin moge. Nantinya teknologi pada mesin moge Yamaha yang diproduksi di Indonesia bisa diterapkan ke motor-motor yang lebih kecil. Nggak cuma dari segi teknologi mesin, tapi juga dari segi perlakuan dalam memproduksi motor kecil yang masuk ke kelas semi premium. Adventuriderz.com sudah pernah masuk ke Plant 5 PT Astra Honda Motor (AHM) di Karawang, di sana merupakan basis produksi Honda CBR250RR. Buat motor sekelas 250 cc saja perlakuannya sangat khusus, sangat berbeda dengan motor yang lebih murah. Mulai dari man power, teknologi alat-alat robotic, sampai dengan ruangannya diperlakukan secara berbeda dan istimewa. Bagaimana perlakuan terhadap ruang produksi mesin moge seperti MT-07 ya? Mudah-mudahan ke depan bisa juga berkesempatan mampir melihat proses produksi di Yamaha Indonesia… Hehehe…

Terakhir ngomongin soal motor adventure rally T7 Tenere yang bakal menggunakan mesin produksi Indonesia… Konsep motor itu pertama kali dipamerkan di EICMA 2016. Belakangan spy shot motor yang sedang diuji coba di jalanan Eropa kerap nongol di media-media internasional. Wajar sih kalau calon pengganti XT660Z Tenere ini sering menampakkan diri di Eropa, karena basis pengembangannya memang berada di Eropa, tepatnya di Italia. Kalau nggak ada kendala, kemungkinan besar T7 Tenere alias MT-07 Tenere akan diluncurkan secara resmi di EICMA 2017 pada bulan November nanti. Nggak lama lagi kok!


Advertisements