Empat Model Honda CRF Dipajang di GIIAS 2017, Pertanda Apa Ini??


Ntah kenapa Adventuriderz.com melihat Astra Honda Motor (AHM) begitu bergairah dalam mempromosikan varian motor adventure/trail. Nggak percaya? Coba deh bro perhatikan… Di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, total ada empat model Honda CRF yang dipajang. Mulai dari Honda Fun Ride Off Road Concept (Honda CRF150 Concept), Honda CRF250RALLY, Honda CRF450 RALLY, sampai dengan yang paling besar Honda CRF1000L Africa Twin nongkrong dengan sangat gagah di booth Honda.

Memang sih, dari total empat model CRF yang dipajang cuma ada dua model yang dijual resmi, yaitu CRF250RALLY dan CRF1000L Africa Twin, sedangkan CRF150 masih dalam bentuk konsep dan CRF450 RALLY sebagai motor prototipe balap rally dunia dipastikan nggak dijual bebas di manapun karena dibuat khusus buat balap bagi tim Honda Racing Corporation (Monster Energy Honda Team). Tapi di sini kita bisa melihat bahwa AHM berusaha menumbuhkan brand awareness di segmen motor adventure/trail. AHM pengen unjuk gigi kalau mereka punya lineup CRF series yang komplit dan tangguh ketika dipakai melibas berbagai kondisi medan. Terus main goal-nya apa mas?

Sudah ada selentingan kabar yang sangat kuat kalau AHM akan mengeluarkan motor trail entry level dengan mesin 150 cc dalam waktu dekat. Setidaknya sebelum tahun 2017 berakhir motor itu sudah diluncurkan. Sekarang si motor trail entry level itu masih dalam wujud konsep (Honda Fun Ride Off Road Concept alias CRF150 Concept). Walaupun motor belum dirilis, namun tim marketing sudah berjalan dengan memperkuat image Honda di segmen motor adventure/trail. Caranya dengan pamer CRF1000L Africa Twin, CRF450 RALLY, dan CRF250RALLY. Nggak ketinggalan CRF150 yang masih dalam wujud konsep ikut dipamerkan. Dengan demikian nanti ketika CRF150 resmi diluncurkan di Tanah Air, para calon konsumen nggak ragu lagi membeli produk tersebut lantaran image Honda CRF sudah mengakar kuat dibenak calon konsumen. Buntutnya cukup jelas… Penjualan CRF150 lokal moncer dan bisa mengalahkan Kawasaki KLX150 series yang sekarang menjadi penguasa segmen motor trail entry level. So, CRF1000L Africa Twin, CRF450 RALLY, dan CRF250RALLY tugasnya membangun brand image, kemudian CRF150 tugasnya jualan dalam volume besar!

Pertanyaannya, kapan CRF150 lokal diluncurkan di Indonesia? Selentingan kabar yang masuk menyebutkan bahwa CRF150 lokal bakal diluncurkan di bulan Oktober 2017, bertepatan dengan Honda Bikers Day Nasional di Gunungkidul. Itu baru sebatas selentingan kabar aja dan belum dikonfirmasi oleh pihak AHM. Semoga aja memang betul CRF150 lokal bisa meluncur tahun ini. Soalnya kalau melihat wujud konsepnya, CRF150 olahan AHM sangat ciamik dan keren. Bahkan garis desainnya sangat mirip dengan motor balap motocross CRF250R dan CRF450R model year 2018. Kita tunggu saja kehadirannya ya bro…

Advertisements