Honda CRF450 RALLY Milik Joan Barreda Ikutan Mejeng di GIIAS 2017


Bro sekalian… Sejak hari pertama pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 yang dimulai pada 10 Agustus 2017, Astra Honda Motor (AHM) langsung memberikan kejutan dengan memamerkan motor trail yang diberi nama “Honda Fun Ride Off Road Concept“. Motor dengan desain super keren mirip motor balap motocross CRF250R dan CRF450R model year 2018 itu ditempatkan di bagian atas stage yang tidak bisa dijangkau oleh pengunjung pameran, cuma bisa dipandang tapi nggak bisa dipegang. AHM memang nggak banyak berkomentar mengenai motor trail Honda Fun Ride Off Road Concept. Namun diyakini barang ini adalah wujud konsep dari sosok CRF150 lokal yang digadang-gadang menjadi pesaing berat buat Kawasaki KLX150 BF di segmen motor trail entry level. Desain keren, spesifikasi sepertinya lebih mentereng, teknologi yang diusung selangkah lebih maju, dan performa bisa dipastikan lebih baik.

Nah… Selain memajang Honda Fun Ride Off Road Concept, rupanya AHM juga ikut memajang motor balap rally milik Joan Barreda, yaitu CRF450 RALLY. Buat para penggemar olahraga balap off road dan rally, pasti nggak asing lagi dengan nama Joan Barreda. Yups, dia adalah salah satu pembalap andalan Monster Energy Honda Team – Honda Racing Corporation (HRC) di ajang balap rally dunia. Salah satu yang paling mentereng sekaligus sangat legendaris tentunya Rally Dakar. Tentu saja motor yang dipakai oleh Joan Barreda dan teman-teman satu timnya seperti Michael Metge, Kevin Benavides, Paulo Goncalves, dan Ricky Brabec bukanlah motor sembarangan. CRF450 RALLY merupakan motor balap prototipe yang dikembangkan khusus untuk balap rally. Motor ini nggak diperjualbelikan secara bebas di pasaran. Jadi memang benar-benar motor yang dikembangkan buat balap rally bagi tim HRC (Monster Energy Honda Team). Kalau di balap aspal kasusnya mirip dengan RC213V di MotoGP yang dipakai oleh Marc Marquez, Dani Pedrosa, maupun Cal Crutchlow. Hanya sebatas motor prototipe untuk balap yang nggak dijual bebas.

Kabar baiknya nih bro… Walaupun itu adalah motor prototipe yang spesifik dipakai di ajang balap rally dunia, tapi bro bisa melihatnya secara langsung di GIIAS 2017. CRF450 RALLY dengan nomor start 6 terpajang dengan cantik di booth milik AHM. Motor tersebut berdampingan dengan Honda Fun Ride Off Road Concept yang terletak di bagian atas stage. Lagi-lagi motor cuma bisa dilihat dan nggak bisa dipegang. Paling nggak itu sudah cukup untuk menuntaskan rasa penasaran terhadap motor balap rally yang terkenal punya kecepatan tinggi di lintasan off road macam gurun pasir.

Sekedar informasi aja… CRF450 RALLY menggunakan mesin DOHC satu silinder dengan pendingin cairan berkapasitas 449,4 cc. Mesin itu dicangkokkan dengan transmisi manual 6-percepatan dan dilengkapi dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI khas Honda. HRC sebagai pihak yang mengembangkan motor CRF450 RALLY nggak menyebut secara pasti berapa besaran power motor tersebut. HRC cuma mengklaim CRF450 RALLY sanggup memuntahkan tenaga lebih dari 45 kW atau kalau dikonversikan di atas 60 HP. Sebagai motor balap prototipe, sejumlah perangkat istimewa dijejalkan pada motor ini, mulai dari frame aluminium twin spar, sub-frame carbon fiber, suspensi depan model upside down buatan Showa dengan diameter 51 mm, suspensi belakang mono shock 50 mm juga buat Showa, knalpot Termignoni, ban Michelin, oli spesial Motul 300V, hingga tangki bahan bakar berkapasitas 33,7 liter. Boleh dibilang HRC cuma membeberkan secuil perangkat luar yang kasat mata, sedangkan piranti-piranti canggih lain pastinya tidak dibeberkan sama sekali. Gimana, tertarik melihat CRF450 RALLY dari dekat? Langsung aja datang ke GIIAS 2017… Jangan sampai ketinggalan bro… Soalnya pameran akan berakhir pada 20 Agustus 2017 nanti. So, tinggal tersisa beberapa hari lagi!

Advertisements