• Home »
  • Article »
  • Motor Adventure Ducati Multistrada akan Diracik dengan Mesin Lebih Besar

Motor Adventure Ducati Multistrada akan Diracik dengan Mesin Lebih Besar




Kabar yang cukup menarik datang dari Negeri Pizza nih bro… Diberitakan oleh sejumlah media otomotif bahwa Ducati berencana meracik motor adventure Multistrada dengan kapasitas mesin lebih besar daripada yang ada sekarang. Saat ini Multistrada memiliki dua opsi mesin, yaitu 950 cc dan 1200 cc. Khusus untuk Multistrada 1200, kapasitas mesin bakal dibengkakkan dari 1.200 cc menjadi 1.262 cc. Memang kenaikan kapasitas yang diberikan tidak besar. Tapi ini sudah sangat cukup untuk membuat Multistrada 1200 menjadi lebih powerful!

Basis mesin yang dipakai pada Multistrada 1260 adalah milik XDiavel, karena kapasitas mesinnya persis sama 1.262 cc. Namun para engineer Ducati melakukan konfigurasi ulang mesin, lebih spesifik terkait dengan lokasi water pump. Water pump ini digeser menjadi berada di antara dua silinder yang ada pada mesin. Hal ini bisa dilakukan mengingat mesin Testastretta milik Ducati menggunakan konfigurasi V-twin 90 derajat atau biasa disebut pula dengan L-twin. Imbas dari ubahan ini mesin menjadi terlihat lebih simetris dan lebih clean.

Rencananya, Multistrada 1260 bakal memiliki bobot 10 kg lebih ringan dibandingkan dengan Multistrada 1200 yang ada saat ini. Belum diketahui secara pasti apa yang dilakukan oleh Ducati agar motor adventure terbarunya ini menjadi lebih ringan. Diyakini Ducati akan menggunakan material yang lebih ringan, terutama di bagian sasis dan swing arm. Ubahan desain pada sasis dan swing arm juga sangat mungkin dilakukan agar bobotnya menjadi ringan. Kalau sudah begitu, Multistrada 1260 bisa menjadi penantang berat bagi KTM 1290 Super Adventure yang sejak awal sudah menggunakan mesin lebih jumbo ketimbang Ducati. Kemungkinan ada beberapa varian yang ditawarkan pada Multistrada 1260, antara lain Multistrada 1260 (standar), Multistrada 1260 Pikes Peaks, Multistrada 1260 S, dan nggak menutup kemungkinan Multistrada 1260 Enduro.



Belum lama ini Ducati meluncurkan Multistrada 1200 Enduro Pro. Motor ini diklaim benar-benar siap adventure dan sangat berorientasi off road. Pada Multistrada 1200 Enduro Pro, terpasang ban Pirelli Scorpion Rally, bull bars buatan Touratech, lampu LED, windshield rendah, dan knalpot Termignoni yang tentunya comply dengan standar kebisingan dan emisi yang berlaku di Eropa (Euro 4). Tinggal nunggu aja Multistrada 1260 nongol nih bro… Kalau nongol ya dipastikan masuk ke Indonesia karena ada distributor resminya di sini. Soal harga jangan ditanya lagi, pasti muahaaaal… Multistrada 1200 Enduro yang sekarang aja nyaris Rp 1 milar, gimana Multistrada 1260 ya?

Advertisements