• Home »
  • Article »
  • Rider Honda Barreda & Brabec Kuasai Balap Rally “Vegas to Reno 2017”

Rider Honda Barreda & Brabec Kuasai Balap Rally “Vegas to Reno 2017”


Bro sekalian… Rider Monster Energy Honda Team kembali menorehkan prestasi yang apik di ajang balap rally. Pada akhir Juli 2017 Joan Barreda dan Michael Metge mendominasi balap rally Baja Aragon 2017, kemudian minggu lalu Kevin Benavides dan Paulo Goncalves berhasil menguasai podium Atacama Rally 2017 yang merupakan seri ketiga dari FIM Cross-Country Rallies World Championship 2017, kini giliran Ricky Brabec bersama dengan Joan Bareeda yang mengukir prestasi. Mereka berdua berhasil meraih gelar juara “Vegas to Reno”, sebuah ajang balap rally yang sangat prestisius di Amerika Serikat.

Berbeda dengan balap rally pada umumnya, Vegas to Reno ini tergolong sebagai ajang balapan yang cukup unik karena tergolong sebagai sprint race, dilakukan dalam waktu satu hari dengan menempuh jarak sejauh 864 kilometer. Para rider tidak membalap seorang diri, melainkan tandem berdua dengan rekan satu tim. Tentunya Joan Barreda tandem dengan Ricky Brabec. Mereka menggeber motor Honda CRF450 RALLY secara bergantian untuk menempuh jarak yang sudah ditetapkan oleh panitia lomba. Dalam balapan Vegas to Reno, Joan Barreda dan Ricky Brabec mendapatkan dukungan dari Johnny Campbell dengan asistensi dari JCR-Honda.

Penampilan duet Joan Barreda dan Ricky Brabec di Vegas to Reno benar-benar impresif. Rider Monster Energy Honda Team ini langsung menggeber Honda CRF450 RALLY dengan sangat maksimal. Hasilnya, mereka berdua langsung unggul jauh meninggalkan lawan-lawannya. Di akhir perlombaan, duet Joan Barreda dan Ricky Brabec berhasil finish dengan catatan waktu paling kencang 8 jam 56 menit 22,892 detik. Duet penunggang motor Husqvarna Argubright dan Shirey sukses menguntit di urutan kedua dengan catatan waktu 9 jam 12 menit 13,810 detik, disusul oleh penunggang motor Honda lainnya Cooper dan Pearson dengan raihan waktu 9 jam 43 menit 11,649 detik.

“Kami sangat senang bisa menang di Vegas to Reno. Ini adalah kedua kalinya di musim ini aku berhasil mendapatkan gelar juara, sehingga misi itu telah terselesaikan. Aku ingin mengucapkan terima kasih kepada Johnny Campbell dan timnya yang telah memberikan support, tidak cuma di race ini, tapi untuk seluruh fasilitas yang kami dapatkan sepanjang tahun. Sekarang aku fokus pada balapan selanjutnya, (Desafio) Ruta 40, yang sangat berbeda dengan banyaknya navigasi. Sejauh ini kami lebih memprioritaskan sprint race untuk membentuk kecepatan (kami), dan mulai sekarang akan memulai race dengan navigasi,” ungkap Joan Barreda.

Yups… Tujuan utama para pembalap rally yang bernaung di Monster Energy Honda Team seperti Joan Barreda, Kevin Benavides, Paulo Goncalves, Ricky Brabec, dan Michael Metge maupun pembalap-pembalap rally yang bernaung di tim lain adalah memenangkan kejuaraan Rally Dakar. Hal itu memang nggak mengherankan karena Rally Dakar yang digelar setiap tahun merupakan ajang balap rally paling fenomenal, paling prestisius, paling bergengsi, dan paling kejam di dunia. Kenapa? Karena di Rally Dakar mereka perlu menempuh perjalanan hingga lebih dari 8.000 km selama hampir dua minggu. Track yang dilewati pun sangat beragam, mulai dari track full speed, technical, hingga penuh dengan skill navigasi. Oleh karena itu, sebelum terjun di Rally Dakar 2018 nanti para pembalap-pembalap rally mengasal skill mereka dengan mengikuti berbagai ajang balap rally di sejumlah negara sebagai ajang untuk latihan. Ntah itu latihan speed ataupun latihan navigasi, biar benar-benar siap menghadapi Rally Dakar. So, kadang mereka nggak begitu mempersoalkan menang atau kalah. Menang adalah bonus, karena pertarungan sesungguhnya adalah di Rally Dakar.

Advertisements