• Home »
  • Article »
  • Alta Motors Mulai Produksi Supermoto Bermesin Electric – Redshift SM

Alta Motors Mulai Produksi Supermoto Bermesin Electric – Redshift SM




Produsen motor listrik asal San Francisco – Amerika Serikat, Alta Motors, akhirnya secara resmi memulai produksi motor listrik dengan genre supermoto. Motor itu diberi nama Redshift SM yang merupakan produk kedua dari Alta Motors setelah Redshift MX dengan genre motocross. Mantaaap nih bro… Bisa bergaya dan riding ala supermoto menggunakan motor bermesin electric!!

Redshift SM tentu saja dikembangkan dari basis motocross Redshift MX. Desain keduanya boleh dibilang sama persis, keren, dan gagah. Baik Redshift MX maupun Redshift SM sama-sama menggunakan suspensi depan upside down buatan WP Suspension. Bedanya, Redshift SM menggunakan ban tipe street dengan ring 17 inch depan-belakang, lengkap dengan spoke wheels tapak lebar yang membuat penampilan motor semakin macho. Kemudian Redshift SM sudah dipasangi lampu-lampu, kaca spion, speedometer, rear fender, plate holder, hingga mata kucing karena motor ini bersifat street legal alias bisa dipakai di jalan raya. Kabarnya nih bro, motor street legal pertama dari Alta Motors ini bakal dijual dengan harga US$ 15.495 di Amerika Serikat dan akan tersedia di showroom Alta Motors dalam waktu dekat. Harga itu kalau dikonversikan menjadi sekitar Rp 206,75 jutaan. Lumayan mahal ya…

Di pasaran, Redshift SM bakal bersaing ketat dengan produk buatan Zero Motorcycles dan KTM. Apalagi baru-baru ini KTM secara resmi mengumumkan bakal memasukkan KTM Freeride E-XC dan KTM Freeride E-SM dengan harga yang sangat agresif. Rencananya, KTM bakal membandrol KTM Freeride E-XC seharga US$ 8.300 atau setara dengan Rp 100,75 jutaan. Selisih yang diberikan sangat jauh dibandingkan dengan Alta Motors Redshift SM, mencapai separuhnya. Walaupun nggak bisa dipungkiri, produk motor listrik buatan KTM punya power yang lebih rendah dan kapasitas baterainya jauh lebih kecil. Tapi harga yang ditawarkan KTM agak bikin kepincut juga.



Apakah produk buatan Alta Motors bakal masuk ke Indonesia? Sejauh ini belum ada distributor Alta Motors di Tanah Air. Tapi kalau memang potensinya ada, bukan nggak mungkin ke depan ada perusahaan yang mau jadi distributor Alta Motors. Terlebih kalau varian produk yang ditawarkan semakin lengkap. Sayangnya, kendala yang harus dihadapi oleh motor listrik eksotis buatan Amerika Serikat adalah harga. Di Amerika Serikat saja produk buatan Alta Motors tembus Rp 200 jutaan. Bagaimana ketika sampai di Indonesia? Pasti jauh lebih mahal lagi. Kita boleh berkaca kepada produk buatan Zero Motorcycles yang udah dijual resmi oleh Garansindo di Indonesia. Rata-rata harganya mencapai Rp 200 jutaan. Masih banyak mindset orang Indonesia yang bilang mending beli moge daripada beli motor listrik ratusan juta. Gimana dengan kamu bro? Tertarik beli motor listrik di atas Rp 200 juta?

Advertisements