Honda Terjunkan Lima Pembalap Sekaligus Hadapi Desafio Ruta 40


Selain Rally Dakar, biasanya Monster Energy Honda Team tidak menerjunkan seluruh pembalapnya dalam sebuah kompetisi balap rally. Misalnya saja di FIM Cross-Country Rallies World Championship 2017, Monster Energy Honda Team mendelegasikan balapan kepada Kevin Benavides dan Paulo Goncalves, kemudian di Baja Aragon 2017 diwakili oleh Joan Barreda dan Michael Metge, sedangkan di balap Vegas to Reno 2017 beberapa waktu lalu yang mendapatkan tugas adalah Joan Barreda dan Ricky Brabec. Tapi hal itu nggak akan berlaku buat balap rally Desafio Ruta 40 yang berlangsung di Argentina akhir bulan Agustus 2017 ini bro. Kenapa? Karena Monster Energy Honda Team bakal full team menerjunkan lima orang pembalap sekaligus!!

Desafio Ruta 40 boleh dibilang masuk ke dalam kalender FIM Cross-Country Rallies World Championship 2017 seri yang keempat setelah Abu Dhabi Dessert Challenge, Qatar Cross-Country Rally, dan Atacama Rally. Sepertinya Monster Energy Honda Team pengen serius mendapatkan prestasi sekaligus melatih para pembalapnya sebelum terjun di Rally Dakar 2018 mendatang. Nggak heran kalau seluruh pembalap diturunkan, meliputi Joan Barreda, Kevin Benavides, Paulo Goncalves, Michael Metge, dan Ricky Brabec. Mereka semua akan dipersenjatai dengan motor CRF450 RALLY dengan setup yang sama dengan motor untuk Rally Dakar 2018.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, kenapa Honda begitu all out di Desafio Ruta 40? Alasan utamanya adalah untuk mempertahankan gelar. Dalam dua tahun terakhir Honda selalu mendapatkan gelar juara. Pada tahun 2015, Paulo Goncalves menjadi jawara, sedangkan pada tahun 2016 giliran Kevin Benavides menggenggam podium pertama. Apalagi pada tahun 2016 itu Honda sangat mendominasi podium Desafio Ruta 40. Kevin Benavides, Joan Barreda, dan Paulo Goncalves mengisi podium pertama sampai dengan ketiga, ditambah dengan Michael Metge yang mampu menempati urutan kelima. Sudah sangat jelas Honda ingin mengulang kesuksesan itu pada tahun 2017 ini. Alasan berikutnya, agar kelima orang pembalap rally Honda tersebut bisa berlatih dalam kompetisi yang sesungguhnya dalam menghadapi Rally Dakar pada Januari 2018.

“Desafio Ruta 40 akan menjadi balapan ketiga dari total empat balapan yang akan aku jalani tahun ini sebelum Rally Dakar 2018, dan aku datang dengan motivasi tinggi karena aku selalu mendapatkan hasil bagus di balap rally ini, meskipun nggak pernah memenangkannya. Balapan ini sangat penting karena kami terjun full team di sana, sebelum Dakar, dan ini sangat fundamental sebelum menghadapi balapan besar (Rally Dakar 2018) untuk memastikan semuanya berjalan sesuai rencana, siap untuk start pada bulan Januari 2018 di Lima dengan jarak lebih dari 9.000 kilometer,” ungkap Joan Barreda.

“Seperti tes di FIM Cross-Country Rally World Championship, Desafio Ruta 40 adalah balapan utama bagi kami. Bulan ini Agustus, September, dan Oktober akan menjadi sangat intens buat tim dengan banyaknya balapan. Tanpa keraguan, itu akan menjadi pengalaman yang sangat bagus bagi Monster Energy Honda Team, dan secara personal aku berharap balapan berlangsung positif dan aku bisa mengulang kemenangan di tahun 2015,” kata Paulo Goncalves.

“Buatku, sangat penting untuk mempertahankan gelar juara yang aku dapatkan di Desafio Ruta tahun lalu. Ini balapan yang sangat penting dalam karirku. Aku memulai balapan tahun ini di Timur Tengah, di mana aku mendapatkan kembali kecepatanku setelah cidera yang membuatku keluar dari Dakar 2017. Sehingga pada Ruta 40 tahun ini aku merasa jauh lebih baik dan lebih kuat secara fisik,” ujar Kevin Benavides.

Advertisements