• Home »
  • Article »
  • Video: Matt Phillips Geber Sherco 125 SE-R – Motor Kecil Super Brutal!

Video: Matt Phillips Geber Sherco 125 SE-R – Motor Kecil Super Brutal!




Bro sekalian… Belum lama ini Sherco Motorcycles secara resmi meluncurkan lineup motor enduro terbaru mereka model year 2018. Salah satu yang ada di deretan motor enduro model year 2018 itu adalah Sherco 125 SE-R Racing, motor enduro paling kecil yang dimiliki Sherco dengan mesin 125 cc 2-stroke. Yups, Sherco akhirnya ikut bertarung meramaikan market motor enduro 125 cc untuk memberikan perlawanan kepada KTM 125 XC-W dan Husqvarna TX 125. Target market utama Sherco 125 SE-R Racing tentunya dari kalangan learner atau rider yang masih pemula di segmen enduro.

Walaupun menggunakan kapasitas mesin yang mungil, nyatanya Sherco menggarap dengan serius Sherco 125 SE-R Racing. Dari segi kualitas dan komponen yang digunakan nggak jauh berbeda dengan motor-motor enduro yang mesinnya lebih besar. Sebut saja penggunaan frame backbone dari bahan chromium-molybdenum yang sangat ringan, suspensi buatan White Power (WP) Suspension, Selle Dalla Vale Luna Seat, rem Brembo, ban 18-21 inch bermerek Michelin Enduro Competition, karburator Keihin PWK 26, tersedia dua pilihan engine mapping, dan sudah dilengkapi dengan electric starter.

Lebih menarik lagi karena Sherco 125 SE-R Racing sudah comply dengan standar regulasi emisi Euro 4, membuat motor ini legal dipakai di jalan raya (street legal). Artinya, Sherco 125 SE-R Racing walaupun punya power yang besar, tapi tetap ramah terhadap lingkungan. KTM dan Husky mesti mengakui keunggulan Sherco 125 SE-R Racing nih… Soalnya dua produk bersaudara KTM 125 XC-W dan Husky TX 125 belum comply dengan standar regulasi emisi Euro 4 yang sudah berlaku di Eropa. Dua produk buatan Mattighofen – Austria baru lulus Euro 3 sehingga nggak bisa menjadi motor street legal di Benua Biru.

Nggak cuma itu aja bro… Sherco 125 SE-R Racing juga punya bobot yang sangat enteng, cuma sekitar 90-an kg dengan power mesin yang nggak bisa dianggap remeh? Sherco memang nggak mengumbar data power dan motor buatannya. Namun power Sherco 125 SE-R Racing diperkirakan tembus 38-40 HP. Secara hitung-hitungan matematis power-to-weight ratio Sherco 125 SE-R Racing tergolong besar. Bobot enteng, power gede… Klop deh! Nggak percaya? Monggo bro sekalian tengok video yang ada di atas. Di sana Matt Phillips, pembalap enduro Sherco di EnduroGP sekaligus jawara EnduroGP 2016, menunggangi Sherco 125 SE-R Racing. Hasilnya motor itu begitu mudah melibas track-track yang sulit, termasuk tanjakan yang terjal dan ekstra curam dengan mudah. Semoga saja Sherco 125 SE-R Racing ikut dijual di Indonesia oleh Sherco Indonesia ya! Walaupun kalau masuk ke sini harganya pasti nggak akan murah. Di atas Rp 100 juta untuk mesin 125 cc itu sih sudah jadi hal biasa!



Advertisements