• Home »
  • Article »
  • Wow… Motor Enduro 2-Stroke Injeksi KTM TPI Sudah Masuk ke Indonesia!

Wow… Motor Enduro 2-Stroke Injeksi KTM TPI Sudah Masuk ke Indonesia!




KTM TPI yang terdiri dari KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI model year 2018 boleh dibilang sebagai motor enduro/off road yang paling menyedot perhatian pada tahun 2017 ini. Kenapa kok motor ini begitu menyedot perhatian? Karena KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI model year 2018 merupakan motor enduro/off road 2-stroke pertama di dunia yang menerapkan sistem pembakaran injeksi. Belum ada pabrikan lain yang menggunakan teknologi serupa sebelum KTM. Hal ini sekaligus menandai era baru bagi motor enduro 2-stroke. Mesin 2-stroke yang diramalkan segera tewas termakan regulasi emisi, ternyata bisa lolos, dan KTM 250/300 EXC TPI itu comply dengan standar regulasi emisi Euro 4. Keuntungan penggunaan sistem injeksi TPI (Transfer Port Protocol) pada mesin 2-stroke ini macem-macem. Mulai dari bahan bakar yang lebih hemat 30-40 persen dibanding versi karbu, performa nggak drop meskipun dipakai di ketinggian jelajah atau suhu yang ekstrem, nggak sulit menghidupkan mesin di pagi hari, nggak perlu repot melakukan premix bahan bakar dengan oli karena dua bahan ini dicampur secara otomatis oleh sistem, hingga yang paling penting emisi gas buangnya ramah lingkungan.

Kabar bagus buat para penggemar motor enduro dan penggemar KTM, rupanya produk motor enduro 2-stroke injeksi dari KTM ini sudah masuk ke Indonesia. Seperti yang sudah pernah Adventuriderz.com tuliskan di artikel terdahulu, KTM TPI yang masuk ke Tanah Air adalah versi Six Days, dalam hal ini KTM 250 EXC TPI Six Days dan KTM 300 EXC TPI Six Days. Salah satu dealer resmi dirt bike dan big bike KTM di Indonesia, 2Wheelies, dalam akun Instagram-nya sudah memajang foto sosok KTM TPI Six Days France dengan corak orange khas KTM yang dikombinasikan dengan warna biru, putih, dan merah sesuai dengan bendera Perancis yang tahun ini menjadi tuan rumah International Six Days Enduro (ISDE) 2017.

Memang belum ada informasi apakah peminat KTM TPI kudu indent atau barangnya ready stock. Tapi yang pasti batch awal KTM TPI sudah masuk ke Indonesia. Bahkan sudah didistribusikan ke jaringan dealer. Mungkin dalam waktu dekat bakal dikirimkan buat para pemesan perdana. Dan sekedar informasi aja buat yang tertarik dengan KTM TPI, setidaknya bro perlu menyiapkan dana lumayan gede. Maklum aja ini motor enduro Eropa yang udah jelas performanya mengerikan, durabilitas sangat battle proven, dan bobotnya terkenal ringan. KTM 250 EXC TPI Six Days model year 2018 di Indonesia dijual dengan harga Rp 149 juta off the road, sedangkan KTM 300 EXC TPI Six Days model year 2018 harganya tembus 163,6 juta off the road. Duit segitu mesti dibayar kontan karena KTM nggak menyediakan jasa leasing. Motor KTM dijual secara off the road (no paper), sehingga nggak ada pihak leasing yang mau memberikan pembiayaan. Nggak ada jaminan BPKB-nya bro! Gimana, tertarik meminang KTM TPI? Coba deh cek di dealer resmi dirt bike & big bike KTM Indonesia. Kali aja ready stock. Kalau nggak ready stock yang kudu indent. Hehehe… Satu hal yang pasti, unit KTM 250/300 EXC TPI Six Days confirmed sudah masuk ke Indonesia!!



Advertisements