CRF450RX Versi Honda Jepang vs CRF450RX Enduro Ala Honda RedMoto


Belum lama ini Honda meluncurkan motor enduro terbaru mereka CRF450RX model year 2018. Motor ini sebenarnya lebih condong sebagai motor enduro untuk balap cross-country dan GNCC yang cukup populer di daratan Amerika Serikat. Cirinya bisa dilihat dengan absennya lampu-lampu pada motor, sehingga CRF450RX cenderung mirip seperti sosok motocross CRF450R model year 2018. Wajar juga kalau CRF450RX mirip atau malah identik dengan CRF450R karena keduanya dikembangkan dari basis mesin dan frame yang sama.

Menariknya nih bro… Honda RedMoto yang notabene sebagai distributor dirt bike Honda di Italia kemarin (5/9/2017) merilis motor bernama CRF450RX Enduro model year 2018. Penampilan fisik CRF450RX Enduro milik Honda RedMoto agak berbeda dibandingkan dengan CRF450RX yang dimiliki oleh Honda Jepang untuk pasar global. Terlihat CRF450RX Enduro ala Honda RedMoto dilengkapi dengan headlight, tail light, hand guard, hingga rear fender, membuatnya benar-benar mirip dengan motor enduro khas Eropa, bukan seperti motor enduro cross-country khas Amerika Serikat.

Secara umum spesifikasi mesin dan frame CRF450RX Enduro ala Honda RedMoto sama persis dengan CRF450RX yang dikeluarkan oleh Honda Jepang. Kenapa? Karena basis yang dipakai oleh CRF450RX Enduro adalah CRF450RX. Perbedaan jelas ada, tapi nggak terlalu banyak. Yang paling kelihatan ya di sektor lampu-lampu dan adanya rear fender itu tadi. CRF450RX Enduro pakai full lampu LED yang terang tapi hemat daya, sedangkan CRF450RX nggak pakai lampu-lampu. Kemudian warna grafis berbeda, dan knalpot juga beda. Ujung knalpot CRF450RX Enduro yang dijual oleh Honda RedMoto menggunakan bahan serat karbon yang ringan, sementara CRF450RX versi global nggak pakai serat karbon. Asli deh, paket motor CRF450RX Enduro yang ditawarkan oleh Honda RedMoto lebih menarik, lebih keren, dan lebih ganteng ketimbang CRF450RX standar keluaran Honda Jepang.

Oh ya… Pada CRF450RX Enduro ini Honda RedMoto sudah menghomologasikannya sebagai motor street legal. Dari segi emisi gas buang dan emisi suara sudah memenuhi Euro 4, lalu lampu sign, kaca spion, dan dudukan nomor polisi ikut disertakan dalam paket penjualan. Nggak cuma itu, Honda RedMoto juga menyediakan empat paket aksesoris untuk CRF450RX Enduro, yaitu kit tangki bahan bakar berkapasitas 8,5 liter (tangki bahan bakar standar 7,3 liter), sistem elektrik yang lebih sederhana, kit pelindung radiator, serta kit kipas radiator lengkap dengan pelindung radiator. Sayangnya harga jual CRF450RX Enduro masih belum diumumkan oleh Honda RedMoto. Kalau unitnya sendiri bakal tersedia di showroom Honda RedMoto pada awal tahun 2018.

Mungkin banyak dari bro sekalian penasaran, kok Honda RedMoto menjual CRF450RX Enduro yang berbeda dengan CRF450RX standar. Ya ini cuma asumsi liar aja… Kemungkinan besar Honda RedMoto ingin menyesuaikan keinginan dan minat konsumennya di Eropa/Italia. Seperti yang sudah dibahas di awal, karakter motor enduro khas Eropa ya punya headlight, tail light, hand guard, dan rear fender mungil. Sedangkan Honda Jepang sebagai prinsipal cuma mengeluarkan CRF450RX versi brondol ala motocross. Jenis ini laris-manis di Amerika Serikat, tapi nggak begitu diminati di Eropa. Biar jualan Honda RedMoto laku gimana? CRF450RX itu diberi tambahan aksesoris maupun komponen-komponen penunjang performa biar karakternya identik dengan motor enduro Eropa. Sekarang jadilah CRF450RX Enduro model year 2018 yang secara penampilan nggak kalah kelas sama motor-motor enduro Eropa keluaran KTM, Husqvarna, Beta, Sherco, atau Gas Gas!

Advertisements